Campaign Influencer yang Kreatif

5 Contoh Campaign Influencer yang Kreatif

Contoh campaign influencer yang sukses dapat meningkatkan brand awareness Anda. Bahkan, 94% marketers setuju bahwa influencer marketing adalah strategi campaign yang efektif. Melalui kemampuan membangun koneksi dengan pengikutnya yang loyal, influencer dapat menjadi aset berharga untuk meningkatkan engagement dan konversi bisnis.

Key Points:

  • Berkat kemampuan membangun koneksi dengan pengikutnya yang loyal, influencer dapat menjadi aset berharga untuk meningkatkan engagement dan konversi bisnis.
  • Beberapa contoh campaign influencer yang cukup efektif: user-generated review, tantangan lifehack, sesi Q&A spesial, giveaway bersama influencer, dan konten behind-the scenes.

Ada banyak contoh campaign influencer yang sukses meningkatkan brand awareness. Bahkan, 94% marketers setuju bahwa influencer marketing adalah strategi campaign yang efektif. Melalui kemampuan membangun koneksi dengan pengikutnya yang loyal, influencer dapat menjadi aset berharga untuk meningkatkan engagement dan konversi bisnis.

Terlebih, ada banyak ide kreatif yang bisa Anda eksplor untuk menjalankan campaign influencer. Dengan ide-ide ini, Anda pun bisa menarik perhatian pelanggan potensial.

Campaign Influencer yang Kreatif

Contoh Influencer Campaign Ideas

Dari berbagai ide yang ada, berikut beberapa contoh campaign influencer yang mampu memberikan hasil efektif bagi bisnis Anda:

  • User-generated review

User-generated review termasuk salah satu jenis user-generated content (UGC). UGC sendiri adalah konten tentang produk atau layanan yang dibuat oleh pengguna. Target pelanggan biasanya lebih percaya terhadap review dari pengguna daripada konten buatan brand

Untuk mengoptimalkan user-generated review, Anda bisa melakukan micro influencer campaigns. Mereka adalah influencer yang umumnya memiliki 1.000-10.000 orang pengikut, tapi dengan engagement yang tinggi. Sehingga, mereka dapat membuat konten yang relatable dengan audiens.

  • Tantangan lifehack 

Buatlah tantangan kreatif yang terkait dengan produk Anda. Lalu, ajak beberapa influencer untuk ikut berpartisipasi. Mintalah mereka menunjukkan bagaimana produk Anda dapat mendukung aktivitas sehari-hari. 

Contohnya, sebuah brand makeup baru saja meluncurkan produk 3-in-1 yang bisa digunakan sebagai lip makeup, blush on, dan eye-shadow. Anda bisa meminta influencer untuk membuat konten lifehack yang menonjolkan kelebihan produk 3-in-1 tersebut. 

Kemudian, mereka bisa membagikan konten di berbagai platform. Dengan begitu, konten tantangan lifehack bisa sekaligus membantu Anda memperkuat influencer campaign Instagram, TikTok, maupun platform lain.

  • Sesi tanya jawab khusus

Tak kalah menarik, Anda juga bisa membuat sesi Q&A sebagai influencer campaign ideas. Jadwalkan sesi tanya-jawab bersama influencer tertentu. Pilihlah influencer yang niche-nya masih berhubungan dengan industri bisnis Anda.

Kemudian, manfaatkan fitur live streaming di media sosial untuk melakukan sesi Q&A. Sebab, konten live videos dapat mendatangkan engagement 6 kali lebih tinggi daripada video biasa. 

Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan engagement audiens secara real-time. Di sisi lain, mereka juga akan mendapat info menarik dari influencer yang Anda undang.

  • Giveaway bersama influencer

Contoh campaign influencer yang berikutnya adalah giveaway. Anda bisa berkolaborasi dengan influencer untuk mengadakan giveaway, dengan produk Anda sebagai hadiahnya. Campaign seperti ini mampu menciptakan excitement sekaligus engagement di kalangan audiens.

Bahkan menurut Small Biz Trends, campaign giveaway dapat meningkatkan konversi bisnis hingga 34%. Ia juga dapat menjadi influencer campaign Instagram yang cukup efektif. Sebab, akun Instagram Anda bisa 70% berkembang lebih cepat dengan konten giveaway.

  • Behind-the-scenes brand trip

Ajaklah influencer untuk mengunjungi kantor, pabrik, atau headquarter bisnis Anda. Dengan memberikan konten behind-the-scenes, audiens bisa lebih mengenal identitas dan proses bisnis. Hal ini dapat membuat mereka merasa lebih terkoneksi dengan bisnis Anda.

Supaya hasilnya optimal, fokuskan konten behind-the-scenes pada aspek storytelling dan authenticity. Anda bisa menunjukkan proses pembuatan produk, sharing tentang cerita di balik event, atau memperkenalkan anggota tim.

Rekomendasi Jasa Influencer Campaign Management Profesional 

Influencer campaign ideas memberikan banyak opsi kreatif untuk mendukung strategi digital marketing. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa membuat dan menjalankan campaign influencer yang sukses membutuhkan waktu, usaha, dan keahlian. Padahal, Anda juga masih harus menjalankan aspek-aspek penting lain dalam bisnis.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bekerja sama dengan agensi influencer campaign management profesional seperti IDEOWORKS. Tim profesional IDEOWORKS akan membantu Anda merancang strategi campaign influencer yang sesuai dengan tujuan dan target audiens Anda. 

Tak hanya itu, IDEOWORKS juga akan mengelola semua aspek campaign Anda, mulai dari pemilihan influencer hingga pelaporan hasil. Dengan begitu, Anda pun bisa mencapai hasil optimal melalui campaign influencer yang tepat sasaran.

 

Dari berbagai contoh campaign influencer di atas, kira-kira mana yang paling menarik perhatian Anda? Apa pun pilihannya, konsultasikan kebutuhan tersebut bersama tim profesional dan berpengalaman dari IDEOWORKS. Hubungi kontak IDEOWORKS untuk mulai merancang campaign influencer secara efektif!

Let’s talk about your brand