Preloader
5 - medium-shot-people-sitting-table

5 Hal Wajib CMO Saat Memilih Agensi untuk Pertumbuhan Regional di Asia Tenggara

Bagi sebuah brand, memilih digital marketing agency tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Agensi yang dipilih akan menjadi mitra strategis yang berperan penting dalam membentuk persepsi merek, memastikan keselarasan lintas wilayah, serta mengeksekusi strategi dengan presisi dan relevansi tinggi. Dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berkembang, termasuk perubahan perilaku consumer dan 2025 trends dalam dunia digital, seorang CMO tidak hanya membutuhkan vendor, tetapi mitra yang mampu bertumbuh bersama.. 

Untuk memastikan keputusan yang tepat, terdapat lima kriteria mendasar yang dapat membantu perusahaan dalam memilih digital marketing agency yang memiliki kapabilitas dan kredibilitas tinggi. Apa saja kriteria tersebut?

Kriteria Memilih Digital Marketing Agency yang Tepat

Agar tidak salah langkah dalam memilih, berikut lima kriteria utama yang perlu menjadi acuan saat Anda menyeleksi digital marketing agency yang tepat untuk brand Anda.

1. Kefasihan Budaya

Digital marketing tidak hanya tentang penjualan atau pencapaian ROI saja. Brand juga harus membangun kedekatan emosional dengan consumer atau audiens, salah satunya melalui pendekatan budaya. Di sinilah peranan agensi digital sangat berpengaruh. Pilihlah agensi yang mampu menerjemahkan pesan Anda ke dalam berbagai bentuk sarana promosi yang sesuai dengan nilai dan preferensi masyarakat. Kemampuan agensi dalam melokalisasi brand tanpa menghilangkan identitas inti dari merek tersebut juga menjadi faktor yang sangat penting.

2. Pola Pikir Berbasis Strategi

Agensi digital yang baik tidak hanya berperan sebagai eksekutor. Mereka juga harus memiliki pola pikir berbasis strategi dan proaktif. Kemampuan dalam data analytic menjadi nilai tambah penting, karena agensi yang andal mampu menganalisis tujuan bisnis, mengidentifikasi tantangan yang ada, serta menyusun brief yang lebih komprehensif untuk hasil yang maksimal. Melalui agensi ini, Anda juga akan mendapatkan insight bermanfaat seperti wawasan tentang pasar, maupun strategi inovatif yang mungkin belum pernah CMO atau CEO pertimbangkan sebelumnya.

3. Kreativitas Lintas Platform

Digital marketing agency yang baik juga harus memiliki pemahaman mendalam sekaligus kreativitas tingkat tinggi untuk menunjang pemasaran di lintas platform. Mereka harus memiliki pemahaman mengenai karakteristik unik dari masing-masing platform social media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Dari insight yang didapat, agensi tersebut juga harus bisa menyusun strategi content marketing yang dioptimasi pada masing-masing platform sambil tetap menjaga identitas inti dari brand tersebut.

4. Pelaporan & Analitik Terintegrasi

Agensi digital yang berintegritas juga akan melakukan pelaporan dan analitik terintegrasi secara berkala. Dengan dukungan kemampuan data analytic, mereka mampu mengolah data secara menyeluruh dan memberikan penjelasan yang jelas kepada brand mengenai strategi yang berjalan efektif maupun yang kurang optimal. Selain itu, mereka juga dapat memberikan rekomendasi penyesuaian strategi berbasis data untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.

5. Model Kolaborasi Fleksibel

Pergerakan dunia digital marketing memang sangat dinamis dan seringkali mengalami perubahan yang tidak terduga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih digital marketing agency yang menawarkan model kolaborasi kerja yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran brand. Model kerjasama ini menunjukkan bahwa agensi memiliki tingkat kemampuan adaptasi yang sangat baik, sehingga mereka bisa menjadi partner bisnis yang tangguh untuk brand Anda.

Memahami kriteria dalam memilih digital marketing agency yang tepat adalah fondasi utama dalam membangun kemitraan strategis. Namun, penting juga untuk mewaspadai sejumlah kesalahan umum yang kerap terjadi dalam proses pemilihan agensi. Kesalahan-kesalahan ini dapat menghambat efektivitas campaign dan kolaborasi jangka panjang. Berikut beberapa hal yang perlu dihindari agar proses seleksi agensi digital berjalan lebih tepat sasaran.

Waspadai Kesalahan Ini Saat Memilih Agensi Digital

Selain memperhatikan 5 kriteria penting di atas, Anda juga perlu mewaspadai 2 kesalahan paling umum yang dilakukan brand saat mencari agensi digital yang sesuai untuk strategi pemasaran:

1. Terlalu Fokus terhadap Reputasi Umum dan Tidak Memperhatikan Kesesuaian Regional

Memilih creative agency bereputasi baik memang menjadi salah satu hal yang sangat baik. Tetapi, hal tersebut bisa menjadi faktor yang fatal apabila Anda terlalu fokus dan mengabaikan aspek penting lainnya. 

Misalnya, sebuah agensi yang memiliki portofolio yang mengagumkan dengan prestasi dan penghargaan global belum tentu bisa merumuskan strategi yang sesuai dengan target pemasaran lokal Anda. Apalagi, jika Anda memiliki target pasar di kawasan Asia Tenggara. Sebaiknya, lakukanlah riset yang lebih mendalam mengenai agensi tersebut, salah satunya adalah apakah ia pernah menerapkan strategi pemasaran di daerah atau negara yang memiliki kemiripan dengan negara target brand Anda. 

2. Kurangnya Lokalisasi

Poin ini berkaitan erat dengan poin pertama. Agensi digital yang diakui secara global belum tentu memiliki pemahaman mendalam mengenai lokalisasi di daerah target Anda. Kebanyakan agensi masih menerapkan strategi “one-size-fits-all” yang sebenarnya bisa menjadi bumerang, terutama dalam hal penyusunan content marketing maupun penayangan digital ads karena tidak semua negara memiliki bahasa, budaya, serta pola penggunaan social media yang sama. Oleh karena itu, sebelum memilihh agensi digital, pastikan mereka memiliki pemahaman mendalam mengenai kebudayaan lokal dan mampu melokalisasi brand Anda dengan baik.

Mengapa Ideoworks menjadi Partner Terbaik untuk Strategi Regional Anda

IDEOWORKS bukan digital agency Jakarta biasa, melainkan partner digital marketing strategis bagi brand yang ingin memasuki pasar Asia Tenggara. IDEOWORKS memiliki pengalaman mendalam dan luas mengenai Pan-SEA, terutama dalam sektor FMCG, gaya hidup, dan teknologi. Untuk mendukung eksekusi strategi pemasaran regional yang efektif, IDEOWORKS mengintegrasikan pendekatan berbasis marketing technology dalam kerangka kerja internal yang telah teruji, yaitu: Strategy Lab, Regional Rollout Toolkit, dan SEA Content Engine. Hubungi IDEOWORKS sekarang untuk memulai kerja sama yang dapat membantu brand Anda tumbuh secara berkelanjutan.

Tags

Further Reading: