Articles

22 June 2020

5 Langkah Agar Campaign Pemasaran Berjalan Sukses

Membuat campaign pemasaran online harus terencana dan terorganisir lewat berbagai situs yang memang ditargetkan. Kedengarannya sulit dan rumit. Perlu diketahui bahwa strategi campaign pemasaran digital melibatkan lebih dari sekadar menempatkan iklan untuk bisnis atau brand Anda di media sosial dan situs web lainnya.

Campaign pemasaran sekian juta yang Anda jalankan mungkin bisa membuat 20% penjualan pendek. Namun, bukankah menyenangkan jika mengetahui prospek panjang lainnya, seperti brand awareness yang meningkat sebesar 8%, persepsi positif meningkat sebesar 12%, juga kemungkinan untuk mempertimbangkan pembelian meningkat sebesar 23%.

Dibutuhkan sedikit riset dan pengetahuan yang kuat tentang target pelanggan Anda jika ingin campaign pemasaran yang sukses, tetapi Anda dapat merencanakan dan mengimplementasikan rencana pemasaran online sederhana.

Berikut ini adalah lima langkah strategi campaign pemasaran online yang sukses. Dengan melakukan tindakan yang mengikuti setiap langkah, Anda akan dengan cepat membuat campaign pemasaran online bisa segera diimplementasikan dan mulai menuai keberhasilan penjualan.

Langkah 1 - Tentukan tujuan

Ada sejumlah pilihan yang perlu Anda buat saat menyusun campaign pemasaran bersama. Misalnya, apakah Anda akan mengukur kesuksesan Anda dengan melihat seberapa besar tingkat konversi Anda meningkat? Atau apakah Anda malah mencari tempat yang lebih tinggi dalam peringkat hasil pencarian? Tentu saja, Anda mungkin mengejar kedua tujuan, tapi semua akan tergantung pada spesifikasi bisnis Anda.

Brand awareness: Tingkat brand awareness ini, di mana nama bisnis digunakan sebagai kata kerja dalam bahasa umum, dan ini menjadi sesuatu yang dicita-citakan oleh semua bisnis, tetapi sangat sulit untuk dicapai. Ada beberapa cara untuk mengukur brand awareness, tetapi salah satu cara paling sederhana adalah dengan memanfaatkan Google Trends untuk melihat berapa banyak orang yang mencari bisnis Anda.

Follower media sosial: Layak untuk melacak jumlah pengikut yang Anda miliki dan mengukur tingkat kenaikan, bukan hanya melihat angka mentah. Banyak dari kita tidak pernah berhenti mem-follow akun/halaman yang sebenarnya tidak menarik bagi kita di media sosial, jadi tidak semua pengikut Anda akan secara aktif tertarik dengan bisnis Anda.

SEO: Ada sejumlah faktor berbeda yang mempengaruhi skor SEO bisnis. Salah satunya adalah jumlah backlink yang diterima situs web Anda dari situs web lain yang memiliki reputasi baik. Meningkatkan SEO adalah bagian dari sebagian besar campaign pemasaran digital. Oleh karena itu, melacak pertumbuhan skor SEO Anda merupakan indikator yang kuat tentang seberapa baik kemajuan campaign pemasaran Anda.

Langkah 2 - Pilih target

Upaya terkoordinasi di beberapa situs dan tempat yang sering dikunjungi oleh pelanggan Anda adalah campaign pemasaran yang paling efektif. Jika Anda terlihat di beberapa tempat visibilitas Anda, maka pesan yang disimpan jauh lebih kuat.

Situs pelengkap yang dapat membantu Anda melakukan cross promotion akan memberikan penguatan yang sangat baik terhadap pesan Anda. Situs khusus liburan yang dipromosikan dengan baik adalah area yang sangat baik untuk dipertimbangkan.

Iklan Pay-Per-Click (PPC) adalah pertimbangan lain untuk campaign pemasaran Anda. Jika Anda baru menggunakan PPC, patuhi tempat-tempat yang memungkinkan Anda menetapkan batas pengeluaran harian. Google AdWords adalah contoh yang bagus.

Saat mempertimbangkan situs web, jaringan media sosial, atau artikel untuk iklan Anda, lihat faktor-faktor seperti traffic, penempatan mesin pencari, tautan eksternal, kualitas iklan saat ini dan jenis pesan yang disajikan dalam iklan saat ini.

Langkah 3 - Definisikan persona

Persona ini merupakan deskripsi terperinci dari pelanggan ideal Anda. Menentukan pelanggan Anda sama pentingnya dengan memilih atau menciptakan produk. Ini termasuk informasi seperti usia mereka, pekerjaan mereka, kekayaan dan status kelas mereka, situasi keluarga mereka, dan variabel lain apapun yang akan menentukan bagaimana mereka akan menghabiskan uang mereka.

Sedangkan demografi target Anda cukup luas, persona Anda harus didefinisikan sedetail mungkin. Hal ini termasuk informasi tentang hobi, minat, dan kehidupan pribadi mereka. Informasi seperti ini sering dihilangkan ketika mempertimbangkan demografi sasaran luas.

Langkah 4 – Budget realistis

Menetapkan anggaran realistis untuk diri sendiri penting karena sejumlah alasan. Pertama dan terpenting, anggaran Anda akan berfungsi sebagai batasan utama pada apa yang dapat Anda lakukan dengan campaign pemasaran dan juga menentukan bagaimana Anda mengalokasikan sumber daya Anda.

Berita baiknya adalah bahwa pemasaran digital lebih murah daripada pemasaran konvensional, yang berarti bahwa sumber daya yang sama akan lebih jauh ketika Anda menggunakannya di ruang digital.

Sekarang buka daftar itu dan prioritaskan iklan di mana Anda akan mendapatkan paparan dan hasil yang paling sesuai dengan anggaran Anda. Pindahkan yang lain ke dalam daftar holding. Ingat, ketika iklan mulai menarik hasil, Anda selalu dapat kembali dan memperluas campaign Anda dari daftar holding itu.

Jika Anda terlibat dalam iklan bayar per klik, check in setiap hari selama kurang lebih minggu pertama dan pantau hasil Anda untuk memastikan bahwa Anda meraih hasilnya.

Langkah 5 – Manfaatkan sosial media

Keberhasilan atau kegagalan campaign pemasaran digital Anda mungkin pada akhirnya bergantung pada seberapa efektif Anda dalam memanfaatkan sosial media. Tidak hanya menjadi platform pemasaran yang sangat penting, media sosial juga berfungsi sebagai dukungan untuk banyak aspek pemasaran digital lainnya. Misalnya, SEO dan pemasaran media sosial berjalan beriringan satu sama lain.

Lewat sosial media, Anda akan mendapat wawasan dan data berharga yang dapat digunakan untuk lebih meningkatkan skor SEO Anda. Menyimpan pesan yang konsisten di berbagai komponen pemasaran Anda sangat penting untuk memastikan sinergi maksimum di antara mereka.

Jika sudah berada pada jalur yang tepat dalam membuat perencanaan, maka implementasinya pun harus sesuai agar campaign pemasaran bisa mencapai tujuan yang ditetapkan. Pada tiap poin langkah itu, butuh banyak pembelajaran, advertising agency IDEOWORKS bisa menjadi rekan dalam menjalankan implementasi yang sesuai jalur demi menghasilkan campign pemasaran yang sukses untuk bisnis/perusahaan Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150