Preloader
5 Macam Strategi Content Marketing yang Ampuh untuk Tahun 2023

5 Macam Strategi Content Marketing yang Ampuh untuk Tahun 2023

Saat ini, sudah banyak pelaku bisnis yang paham bahwa content marketing adalah sebuah aspek pemasaran yang sangat penting. Tidak mungkin sebuah bisnis akan melewatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan 2,9 miliar pengguna aktif Facebook atau 1 miliar pengguna aktif Tiktok. Sayangnya, kesadaran ini belum dibarengi dengan pemahaman tentang bagaimana caranya menyusun strategi content marketing secara proper

Di saat persaingan antar-brand semakin ketat pada tahun 2023 ini, pemahaman mengenai content marketing diperlukan agar bisnis bisa berkembang. Nah, artikel ini akan membahas dasar-dasar dari content marketing yang harus Anda ketahui sebelum mulai mengimplementasikan strategi content marketing yang efektif.

Tahap Menyusun Strategi Content Marketing Bisnis

Pastinya dalam membuat strategi, ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan. Jika melewati salah satu dari tahap ini, bisa jadi hasil strategi yang keluar kurang efektif atau bahkan justru merugikan bisnis. Berikut adalah tahap menyusun strategi content marketing digital.

1. Tentukan tujuan dari implementasi content marketing

Dalam membuat strategi pemasaran konten, menentukan tujuan konten tersebut adalah pondasi bagi keseluruhan strategi. Sebagai gambaran, beberapa tujuan yang bisa Anda canangkan pada konten yang dibuat adalah meningkatkan brand awareness, meningkatkan sales, hingga menjaga retensi customer.

2. Kenali target audiens secara mendalam

Setelah mengetahui tujuan, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target. Kepada siapa Anda ingin mengenalkan bisnis ini? Nah, untuk mempermudahnya, Anda bisa membuat buyer persona. Singkatnya, buyer persona adalah karakter fiktif yang dibuat sedetail mungkin untuk menggambarkan target pasar Anda.

3. Tentukan jenis konten yang sesuai

Jika kedua hal tadi sudah ditemukan, barulah Anda bisa menentukan jenis konten seperti apa dan media mana yang harus anda gunakan; apakah anda harus menulis artikel di blog, membuat video pendek di Tiktok, atau lainnya.

4. Menerapkan content management system

Content management system adalah sebuah sistem untuk mengelola berbagai hal seputar konten yang akan atau sedang Anda produksi. Dengan begitu, plan akan tertata rapi dan semua orang bisa memahami rencana tersebut.

5. Evaluasi sesuai tujuan awal

Setelah sebuah konten atau campaign selesai, perhatikan performa konten tersebut. Performa yang dinilai tentu saja berdasarkan pada tujuan awal yang tadinya sudah dicanangkan sebelum strategi ini dijalankan.

Strategi Content Marketing 2023 yang Efektif untuk Bisnis

Setelah mempelajari apa saja tahap-tahap dari strategi content marketing bisnis Anda, sekarang saatnya mencari tahu jenis strategi seperti apa yang masih ramai digunakan pada tahun 2023. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Konten video semakin marak

Menurut data dari Statista, jumlah konsumen konten berupa video diproyeksikan mendekati angka 3,5 miliar pengguna internet. Pastinya, jumlah tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika bisnis Anda belum mulai membuat konten video, baik berupa Instagram Reels, Tiktok, maupun video YouTube, inilah saatnya Anda mempertimbangkannya.

2. SEO masih relevan!

Saat ini, semakin banyak bisnis yang menganggap bahwa SEO sudah mati. Namun, Matthew Woodward, seorang ahli SEO, tidak berpendapat demikian. Menurutnya, SEO tidak mati, hanya saja memiliki cara kerja yang berubah. Jadi, Anda harus terus update mengenai bagaimana mesin telusur bekerja, kemudian membangun strategi content marketing sesuai cara kerja yang baru tersebut.

3. Konten untuk e-commerce

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia menjadi negara dengan persentase pengguna e-commerce tertinggi secara global, dengan total 88,1% dari seluruh pengguna internet di Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan membuat konten untuk e-commerce bisnis. Misalnya saja dengan menggunakan fitur live shopping atau menjalankan berbagai promosi berupa diskon atau cashback.

4. User-generated content

User-generated content adalah konten yang dibuat oleh customer anda sendiri. Konten ini umumnya bertujuan untuk mengapresiasi konten customer yang menyangkut bisnis anda, sehingga customer tersebut bisa menjadi customer loyal. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness karena akan semakin banyak customer yang membuat konten tentang bisnis Anda, hanya karena ingin konten mereka di-repost.

5. Podcast

Terakhir, Anda bisa merambah ke dunia podcast. Podcast adalah sebuah media yang berbentuk audio on-demand sehingga bisa didengarkan kapan saja. Saat ini, industri podcast sedang mengalami lonjakan pendengar, yang salah satunya diakibatkan oleh adanya masa pandemi kemarin.

Ya, itulah beberapa dasar dari pembuatan strategi content marketing yang harus Anda ketahui sebagai pelaku bisnis. Sudah tahu bagaimana strategi bisnis Anda ke depannya? Kalau belum, serahkan saja tugas tersebut kepada penyedia jasa content marketing tepercaya, seperti IDEOWORKS. Kami akan memberikan pelayanan terbaik mengenai pembuatan strategi konten, mulai dari tahap perencanaan hingga optimasi. Ingin tahu lebih lanjut tentang IDEOWORKS? Klik di sini, ya!

Let’s talk about your brand