Sudahkah Anda menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk website Anda namun tidak menghasilkan sales? Tujuan dari memiliki website bagi banyak individu dan bisnis adalah untuk mendapatkan penghasilan pasif dari website mereka. Jika website Anda tidak menghasilkan penjualan, ada kemungkinan bahwa website Anda membuat kesalahan konten tertentu yang membuat website Anda tidak memenuhi potensi penjualannya.
Anda bisa mengubahnya dengan menggunakan strategi content marketing yang efektif. Ini akan membantu website Anda menghasilkan lebih banyak sales. Content marketing itu sendiri merupakan sebuah strategi marketing dalam memproduksi dan menyebarkan konten yang relevan, konsisten, dan berharga untuk menarik perhatian audiens yang Anda tuju.
Content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat antara Anda dengan audiens Anda dalam jangka waktu lama. Karena itu, konten yang Anda buat harus relevan agar tercipta perasaan “butuh” dari audiens yang Anda tuju, dan akhirnya memiliki kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.
Anda dapat menggunakan jasa digital agency untuk menjalankan content marketing bisnis Anda. Digital agency memiliki tim ahli dalam content marketing untuk memaksimalkan potensi penjualan dari website bisnis Anda.
[nextpage title=” “]
5 Tips Content Marketing untuk Website Anda
Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat menarik perhatian audiens dan membangun kedekatan emosi dengan audiens Anda? Berikut 5 tips yang dapat Anda ikuti:
Fokus Membangun Kepercayaan
Saat orang membeli dari sebuah website, akan selalu ada potensi resiko yang nyata, seperti kehilangan uang mereka, menemukan konten yang berbahaya, atau data mereka disalahgunakan. Google dapat mendeteksi hal-hal seperti ini dan dapat memberikan penalti kepada website yang menggunakan taktik spam seperti keyword stuffing. Anda perlu membangun kepercayaan untuk audiens dan search engine dengan membuat konten yang menunjukkan keaslian Anda. Gunakan blog SEO dan writing checklist untuk membantu Anda membuat konten yang relevan.
Buat Proses Checkout Lebih Mudah
Tips ini mungkin lebih berhubungan dengan web design, namun content marketing juga memiliki peran dalam membuat pembelian online semakin mudah. Anda dapat memberi tombol yang lebih deskriptif, seperti “complete your purchase” dibandingkan hanya “checkout”. Gunakan juga bahasa yang simpel saat memberikan informasi pengiriman, ongkos kirim, dan sebagainya di dalam halaman yang sama.
Anda juga dapat memberikan pop up dialogue yang berisi terima kasih dari Anda kepada pelanggan karena sudah membeli produk Anda. Hal-hal seperti ini dapat membangun kepercayaan setelah pelanggan Anda melakukan pembelian.
Fokus untuk Memberikan Solusi
Mungkin Anda pernah berpikir bahwa untuk menghasilkan lebih banyak penjualan, content marketing Anda harus fokus untuk membuat pelanggan membeli apa yang Anda tawarkan. Namun, push strategy seperti ini sering membuat orang antipasti dengan membeli produk yang Anda tawarkan. Hal ini dapat Anda hindari dengan mengubahnya menjadi push strategy. Buatlah blog post yang dapat membantu orang tanpa Anda meminta langsung kepada mereka untuk membeli.
[nextpage title=” “]
Educate Your Audience
Salah satu alasan mengapa orang mungkin tidak membeli dari website Anda adalah karena mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan produk dan layanan Anda. Audiens Anda tidak memahami manfaat yang diciptakan oleh produk atau layanan yang Anda berikan. Ketika pelanggan Anda tahu bagaimana cara menggunakan produk atau layanan Anda dengan baik, mereka akan melihat hasil positif dan menjadi loyal dengan produk atau layanan Anda.
Anda dapat mengajarkan pelanggan Anda cara mencapai tujuan mereka bersama produk Anda dengan membuat konten pendidikan, seperti video di media sosial, artikel dalam website Anda, bahkan dapat membuat kursus online yang dapat diikuti orang.
Tawarkan Free Trial
Orang-orang beresiko memasukkan uang ke dalam produk yang mungkin tidak cocok untuk mereka ketika mereka membeli sesuatu. Faktor resiko ini dapat membuat mereka ragu untuk mencoba sebuah produk. Anda dapat mengatasi ini dengan memberikan free trial. Durasi free trial ini dapat Anda sesuaikan dengan produk yang Anda tawarkan. Pada umumnya, jangka waktu free trial beragam mulai dari 1 minggu hingga 30 hari. Cara lain adalah Anda dapat memberikan jaminan 30 hari uang kembali jika mereka tidak puas dengan produk yang Anda tawarkan. Langkah-langkah tersebut dapat mengurangi resiko dan pelanggan akan merasa lebih nyaman untuk menyelesaikan pembelian mereka di website Anda.
Pada dasarnya, semua website memiliki potensi untuk menaikkan sales dan memberikan income. Namun, Anda perlu mengikuti cara-cara terbaik dalam content marketing untuk mewujudkannya. IDEOWORKS.id sebagai sebuah digital agency hadir untuk membantu Anda dalam saat seperti ini. IDEOWORKS.id memiliki tim yang ahli dalam content marketing, dan kami siap mengakomodasi semua kebutuhan content marketing Anda.