Trik optimalisasi video marketing dalam bisnis memiliki peluang besar dalam menggaet interaksi maupun engagement seseorang atau calon customer. Salah satu platform social media yang telah mendominasi abad 21 adalah YouTube. Adanya YouTube Iklan membawa sejumlah keuntungan bagi bisnis Anda. Iklan yang diaktifkan sebelum, setelah, atau di saat penayangan konten video dapat menghubungkan produk dengan audiens YouTube dengan jumlah yang sangat besar. Selain itu, dengan pemasangan YouTube Iklan memungkinkan Anda menjangkau audiens segmentasi pasar. Kelebihan tersebut karena YouTube Iklan dapat diatur kepada siapa ditayangkan, berdasarkan topik, kata kunci, hingga demografi.
Dilansir HootSuite, YouTube merupakan mesin pencari terbesar kedua setelah Google yang memiliki pengguna aktif sekitar 1,9 miliar pengguna di seluruh dunia. Sebanyak 50 juta pengguna aktif telah membuat konten di YouTube dan mengunggah sebanyak 576.000 jam video setiap hari.
Data tersebut sangat cukup untuk brand bisnis Anda atau jasa pasang YouTube Iklan melakukan aktivitas promosi supaya dapat mengoptimalkan traffic produk bisnis.
Di Indonesia,
Ketika tujuan bisnis melalui digital marketing Anda ingin mendatangkan traffic tinggi terhadap pengunjung, YouTube Iklan sebuah pilihan yang tepat. Karena YouTube adalah social media nomor 1 di Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 150 juta pengunjung, dan akan terus bertambah seiring penayangan iklan yang semakin besar. Dengan cara tersebut, trik optimalisasi bisnis Anda dengan YouTube Iklan dijamin jauh lebih efektif dibanding tools social media lainnya.
Bagaimana cara menggunakan YouTube Iklan?
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang tips jitu mengoptimalkan YouTube Iklan bisnis menjadi lebih efektif. Kami juga memberikan solusi pendamping terbaik dari digital agency YouTube Iklan yang bisa membantu Anda mengoptimalkan bisnis sesuai tujuan Anda mencapai goals. Karena banyak jasa YouTube Iklan profesional dalam mengelola iklan digital marketing yang tepat hingga mencapai 100%.
Tapi sebelum itu, terlebih dahulu Anda wajib mengenal apa itu YouTube Iklan dan pengaruh terhadap bisnis digital marketing.
Apa itu YouTube Iklan?
YouTube Iklan atau Ads merupakan sebuah layanan untuk mempromosikan video produk atau jasa bagi pebisnis melalui platform YouTube. Banyaknya pebisnis menggunakan YouTube Iklan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.
Dilansir Hubspot, marketer atau jasa YouTube Iklan dapat menargetkan iklan kepada user (audiens) sesuai dengan hasil riwayat pencarian yang telah mereka cari di Google.
Jadi, iklan yang telah Anda atau agency digital YouTube Iklan produksi akan sesuai dengan apa yang user cari di halaman Google atau YouTube. Sedangkan, konten YouTube Iklan video yang dipasang jasa pasang YouTube Iklan atau marketer berkaitan yang dicari oleh user, maka mereka pun dapat melihat secara keseluruhan iklan bisnis Anda. Bahkan, secara tidak langsung audiens akan mengklik iklan tersebut, sehingga menguntungkan bagi bisnis Anda.
Di satu sisi, YouTube Iklan bisa menentukan target audiens secara spesifik berdasarkan lokasi atau minat terhadap produk. Bukan hanya itu, sisi harga pun terjangkau—charge/pembayaran dikenakan ketika audiens menonton iklan Anda sampai akhir. Kemudian untuk melihat performa iklan tersebut bisa melalui Google Analytics.
Sedangkan untuk layanan iklan Google, marketer bisnis atau jasa YouTube Iklan agency Jakarta dapat memasang iklan di YouTube Ads menggunakan Google AdWords—yang artinya kedua tools tersebut harus terintegrasi dengan baik.
Tips Optimalkan YouTube Iklan
Ada lima tips jitu mengoptimalkan YouTube Iklan bisnis Anda bila dilakukan dengan baik dan benar.
Menentukan Target Audiens
Dalam memaksimalkan performa YouTube Iklan dan budget, Anda perlu menentukan target audiens sesuai jenis konten promosi produk bisnis Anda. Dalam tahap ini Anda atau jasa YouTube Iklan dapat melakukan planning strategy target audiens. Terdapat beberapa pemilihan target sesuai klasifikasi yang tepat.
- Demografi
Opsi pertama ini adalah klasifikasi berdasarkan gender, usia, relationship, hingga persentase pendapatan audiens rumah tangga.
- Minat Audiens
Berdasarkan minat audiens, bisa submit kata kunci iklan sesuai topik yang relevan dengan target audiens tersebut. Anda juga bisa mencantumkan portal website yang terhubung dengan iklan Anda.
Kedua opsi klasifikasi tersebut akan tepat bila menambahkan kata kunci, centang beberapa topik dari target audiens Anda dalam pengaturan kata kunci YouTube Iklan. Setelah Anda tampilkan semua, YouTube Iklan bisnis Anda akan muncul di beberapa video dengan topik dan target yang telah Anda sesuaikan.
Menentukan Fitur dengan Tujuan Jelas
Dalam membuat YouTube Iklan, Anda perlu memiliki tujuan jelas terhadap arah iklan tersebut. Ketika tujuan tersebut diantaranya meningkatkan brand awareness, leads, konversi, atau jumlah view. Misalkan tujuan branding bisnis Anda adalah meningkatkan brand awareness, Anda bisa buat iklan yang singkat dan menarik. Buatlah video singkat tersebut menjelaskan semua tujuan Anda tanpa adanya basa-basi. Hasilnya penonton akan lebih mengenali maksud dan tujuan promosi iklan yang Anda ciptakan.
Kreatif Dalam Membuat Format Iklan
Di tahap ini, Anda bisa butuh digital agency YouTube Iklan untuk dapat mengkreasikan channel YouTube menjadi sarana iklan. Ada 2 jenis format iklan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu iklan yang muncul sebelum video diputar dan dimunculkan sebelah kanan halaman YouTube. Jasa pasang YouTube Iklan paling handal soal ini untuk menarik perhatian audiens tetap menonton dan tidak skip video iklan tersebut.
Sedangkan untuk konseptual iklan yang diciptakan, marketer profesional juga dapat membuat cara kreatif dengan faktor perbandingan iklan dan kebutuhan audiens Anda agar dilirik selama penayangan.
Call to Action dan End Screen
Ketika mempromosikan video YouTube Iklan, buatlah banner call to action agar audiens tertarik untuk mengklik banner tersebut. Anda bisa mengarahkan audiens ke landing page, halaman produk utama atau halaman promosi menarik lainnya dalam website bisnis Anda. Sisipkan CTA di bagian awal video atau selama video itu berlangsung. Kenapa?
Alasan menurut KissMetrics, 20% audiens akan skip video iklan yang lebih lama atau lebih dari 1 menit. Sedangkan kalau iklan lebih singkat, kemungkinan besar untuk audiens lihat. Jadi optimalisasi promosi jadi lebih efektif.
Setelah call to action, tips jitu ini juga bisa Anda ciptakan untuk menghasilkan impression audiens. End Screen di akhir video merupakan fitur YouTube Iklan yang dapat menampilkan thumbnail video, channel maupun website bisnis Anda.
Selain itu, End Screen dapat berfungsi untuk mempromosikan jejaring sosial, dapat mengarahkan ke video konten lain, halaman promosi, hingga meningkatkan brand awareness. Pentingnya menambahkan End Screen di akhir video tentu membantu audiens mendapatkan informasi dari video yang relevan. Singkatnya, dengan beberapa thumbnail yang mengarah ke video lain, memungkinkan audiens mencari tahu lebih lanjut dengan klik video informasi tersebut.
Mengelola Kata Kunci Negatif
Dalam YouTube Iklan atau Ads, Anda bisa menentukan target dengan kata kunci iklan video Anda. Hal inilah yang membuat iklan lebih tepat sasaran dan efisien secara anggaran dan peluang. Sebab, Anda hanya menargetkan pengguna unik.
Misalkan, ada iklan yang bisa dibuat agar tidak terlihat pengguna sebelumnya pernah mengunjungi channel YouTube Anda. Atau tidak akan dimunculkan bagi yang pernah melakukan share konten, like dan komen di video Anda.
Tips jitu mengoptimalkan YouTube Iklan bisnis Anda di atas cukup sensitif bila tidak dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan jasa YouTube Iklan sebagai marketer yang siap mengelola, konsultan, bagi bisnis iklan digital Anda.
IDEOWORKS.ID sebagai creative agency Jakarta memiliki layanan konsultasi bagi brand bisnis Anda yang ingin membuat iklan digital marketing, salah satunya YouTube Iklan/Ads. Dengan tim profesional YouTube iklan agency Jakarta, IDEOWORKS dapat mengoptimalkan strategi iklan mendapatkan perhatian audiens sesuai target bisnis Anda. Hubungi Digital Agency YouTube Iklan IDEOWORKS sekarang!
Reference:
https://www.hercodigital.id/tips-ampuh-agar-iklan-youtube-anda-lebih-efektif/