Google Tag Manager bukan sesuatu yang asing dalam dunia IT dan pasti Anda mengenalnya ketika berkecimpung di industri digital marketing. Cara menggunakan Google Tag Manager untuk bisnis ini biasanya digunakan oleh seorang marketer setelah mengumpulkan data menggunakan Google Analytics. Setelah data terkumpul kemudian diolah untuk membuat strategi yang bertujuan memperluas jaringan bisnis secara online (website), mengubah prospek menjadi pelanggan, mengoptimalkan digital marketing menjadi pelanggan setia. Nah, dari pengumpulan data ini akan lebih efektif bila menggunakan tag.
Secara umum, dilansir dari Moz, tag ini adalah potongan kode yang bisa ditambahkan (embed) via JavaScript atau HTML website bisnis Anda ke pihak ketiga seperti Google Analytics dan Google AdWords untuk mendapatkan informasi tertentu. Misalnya untuk keperluan marketing website bisnis Anda, informasi tag bisa mencakup berapa lama pengunjung halaman website bertahan, bagaimana cara mereka mengunjungi website, link mana yang mereka klik, serta produk mana yang paling sering di klik hingga mereka hapus dari keranjang belanja.
Alasan pentingnya mengetahui Google Tag Manager untuk bisnis memerlukan Anda seorang pengalaman di bidang IT atau creative agency paling tepat untuk meningkatkan website bisnis Anda dengan cara menggunakan Google Tag Manager.
Dilansir dari Orbit Media, Google Tag Manager adalah tools gratis yang cukup memudahkan pengguna untuk memaksimalkan tag pada website.
Kenapa Google Tag Manager?
Karena Google Tag Manager adalah tools yang membuat proses penempatan tag menjadi lebih teratur. Cara menggunakan Google Tag Manager hanya dengan meletakkan kode ke website bisnis Anda, kemudian setiap Anda ingin membuat tag, Google Tag Manager untuk bisnis akan selalu membuatkan kode dan meletakkan kode tersebut di website yang Anda inginkan.
Google Tag Manager adalah sebuah tools yang diluncurkan oleh Google guna pengguna dapat mengelola semua tag yang terdapat di dalam website. Sedangkan tag itu sendiri merupakan bentuk kode atau script yang terdapat di bagian head dalam struktur HTML. Oleh karena itu, Google Tag Manager untuk bisnis memungkinkan pengguna membuat sekaligus memonitoring tag, tanpa harus mengetik kode baru setiap kali membuat tag. Semua sudah jelas dan mudah, Anda hanya perlu meletakkan kode Google Tag Manager untuk bisnis ke setiap halaman website. Jadi Anda tidak perlu lagi membuat kode secara manual, proses marketing ini juga dinilai lebih efisien dan tepat sasaran.
Fungsi Tag sendiri dapat melakukan pelacakan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pengunjung website bisnis Anda. Jika dilihat sekilas, fungsi Google Tag Manager dapat melakukan tugas yang mirip kinerja seperti Google Analytics.
Sedikit perbedaan antara pengelolaan tag pada Google Analytics dan Google Tag Manager adalah prinsip kerja. Dimana proses modifikasi tag dilakukan secara manual saat proses coding yang dikerjakan oleh website developer. Sedangkan Google Tag Manager memiliki proses yang membiarkan Anda melakukan modifikasi terhadap tag yang ada. Bahkan Anda dapat menggunakan banyak tag sekaligus ke dalam container guna diatur secara kolektibel.
Meski terdapat perbedaan dalam mengelola tag antara Google Analytics dan Google Tag Manager, keduanya tetap memiliki fungsi sebagai senjata yang kuat apabila digunakan secara bersamaan. Mari kenali fungsi Google Tag Manager untuk bisnis Anda.
Fungsi Google Tag Manager untuk bisnis
Terdapat beberapa fungsi atas kegunaan Google Tag Manager untuk bisnis yang dapat Anda ketahui di bawah ini:
- Mempermudah tracking website bisnis bagi pemilik tanpa harus mencari developer khusus dalam menangani hal ini.
- Dapat membantu marketer menambahkan kode atau tag ke dalam website secara efisien.
- Dapat melakukan monitoring terhadap pengunjung website, seperti durasi yang diperlukan oleh pengguna ketika mengklik tombol atau link menuju website bisnis Anda.
- Dapat membantu memasangkan Google Ads serta Facebook Pixel. Selain itu, Google Tag Manager untuk bisnis juga berguna dalam mempelajari aktivitas pengunjung website dari iklan Facebook maupun Google.
Inilah kelebihan fungsi Google Tag Manager untuk bisnis yang disediakan gratis oleh Google. Satu-satunya cara menggunakan Google Tag Manager untuk bisnis adalah memanfaatkan sebuah teknologi yang tepat. Apalagi sebagai pebisnis baru yang perlu meningkatkan efektivitas penggunaan tag dalam website bisnis atau blog.
Berikut terdapat enam alasan penting menggunakan Google Tag Manager untuk bisnis.
Alasan Penting Google Tag Manager untuk Bisnis
Perubahan secara Real Time (Opsi Debug)
Sebelum melihat perubahan secara real time pada website bisnis Anda, pastikan tag yang disematkan terlebih dahulu berfungsi sebelum terbit di website. Cara menggunakan Google Tag Manager ini memungkinkan Anda menguji dan men-debug setiap pembaruan di browser dan website bisnis Anda. Fitur debug bisa sangat membantu dalam melihat perubahan secara real time website tanpa harus khawatir pengunjung melihat perbedaan yang dilakukan.
Menyesuaikan Built-In Tags
Sebagai tools dari Google yang memiliki banyak tag bawaan, alasan inilah yang penting bagi pebisnis baru yang ingin mengetahui cara menggunakan Google Tag Manager untuk bisnis. Anda bisa dengan mudah mengubah, membuat, dan menyesuaikan built-in tags dengan beberapa informasi penting tanpa harus memahami segala bentuk kode.
Memudahkan kreasi Tag
Ketika dalam sebuah tim marketing—biasanya agency digital marketing yang memiliki beberapa orang dalam mengerjakan proyek yang sama. Terdapat workspace dan tampilan untuk memudahkan tim marketer dalam membagi ruang untuk menguji kreasi tag agar lebih efektif di website bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dengan mudah memisahkan tag yang masih dalam proses tag dengan tag yang siap dipublikasi.
Mudah Digunakan (Fleksibel)
Tak perlu jadi IT handal atau belajar bahasa pemrograman dalam menggunakan tools Google Tag Manager. Anda hanya perlu membuat sebagian besar tag tanpa menulis satu baris kode, itu sangat mudah digunakan, bukan. Fleksibilitas ini pun bisa Anda buat sendiri tanpa harus membayar marketer profesional untuk meningkatkan website bisnis.
Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi
Dalam bahasa pemrograman, bahwa tools memiliki masalah yang terjadi ketika merawat website seperti tingkat keamanan. Tetapi Anda tak perlu khawatir mengenai hal ini, fungsi Google Tag Manager tidak akan merusak website dalam pemeliharaannya di masa mendatang. Anda juga bisa mengontrol siapa saja yang bisa memaintenance akses ke akun Google Tag Manager. Atau Anda bisa membuat template standar untuk menggunakan tag yang sering dipakai, sehingga bisa mengurangi potensi kesalahan penulisan skrip website bisnis Anda.
Mempercepat proses Pemasangan Tag
Alasan paling penting cara menggunakan Google Tag Manager untuk bisnis adalah proses cepat mengubah kode untuk website Anda. Hal ini sangat baik, selain mempercepat waktu dengan menguji sendiri setiap kode yang diaktifkan (pakai) agar lebih maksimal.
Sebelum mempelajari Google Tag Manager untuk bisnis, hal pertama yang mesti Anda buat adalah website bisnis. Kemudian Anda juga harus memiliki waktu yang fleksibel untuk menjaga website tetap berjalan dengan maksimal. Bila kedua hal itu belum maksimal, Anda perlu jasa creative agency terbaik Jakarta yang memiliki tim profesional dalam meningkatkan website bisnis Anda. Segera hubungi IDEOWORKS.ID untuk keperluan meningkatkan bisnis Anda mencapai 100%.
Reference:
https://www.domainesia.com/berita/google-tag-manager-adalah/