Preloader
6 Ide Brilian Content Marketing yang Siap Tingkatkan Engagement

6 Ide Brilian Content Marketing yang Siap Tingkatkan Engagement

Content marketing jadi cara ampuh untuk menggaet dan meningkatkan engagement. Strategi ini memang bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama. Maka itu, content marketing yang dibuat harus relevan. Tujuannya, agar tercipta perasaan butuh dari audiens yang akhirnya memiliki kedekatan emosi dengan konten yang dibuat. Meski content marketing masih menjadi salah satu strategi marketing terpopuler, menggunakannya bukanlah perkara yang mudah. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perusahaan dan marketer yang memanfaatkan strategi ini. Tanpa tools yang tepat, upaya pemasaran bisa terhambat dan nantinya kalah dengan para pesaing.

Untuk bisa membuat content marketing yang baik, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan. Langkah ini mulai dari content strategi marketing bisnis, strategi marketing produk, strategi marketing brand, dan agen profesional strategi marketing. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu lakukan 6 ide brilian ini dulu agar content marketing  engagement meningkat.

Ide Content Marketing dari Media Sosial

Ide content marketing  yang menarik melalui media sosial dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pemasaran untuk bisnis kamu. Kepopuleran sosial media kini bukan hanya digunakan untuk ajang membagikan kegiatan sehari-hari. Pastinya kamu sering sekali melihat akun Instagram, TikTok atau Youtube yang didedikasikan untuk melakukan pemasaran sebuah brand, bukan? Cara untuk membuat ketiga media sosial itu jadi lahan pemasaran tidak lepas dari adanya konten. 

Oleh karena itu, kamu perlu memiliki ide konten yang menarik, agar bisnis Anda dilirik pelanggan nantinya. Lantas, ide-ide seperti apa yang bisa dijadikan konten khusus untuk bisnis? Ada banyak ide konten yang bisa kamu gunakan untuk membuat content marketing. Salah satunya dari Instagram Bisnis yang bisa menarik para pelanggan yang banyak. 

Ide-ide ini tentunya bisa memberikan dampak baik bagi bisnis kamu apabila dikelola dengan baik dan benar. Mau tahu apa saja ide-ide yang bisa menjadikan konten Instagram kamu menarik? Simak informasi selengkapnya berikut ini:

1.Ajukan Pertanyaan

Ide pertama yang bisa kamu gunakan untuk menarik pengguna Instagram agar tetap stay di akun kamu adalah mengajukan pertanyaan. Dilansir dari Hootsuite, mengunggah konten berupa pertanyaan kepada followers dapat membantu untuk memberikan wawasan. 

Selain itu, konten dalam bentuk pertanyan seperti ini juga bisa membantu Anda mengembangkan produk yang diluncurkan. Dengan pertanyaan ini pastinya kamu akan mengetahui apa produk yang dibutuhkan oleh followers sehingga kamu bisa menciptakan produk yang dapat menjadi solusi bagi followers. 

2. Mengikuti Tren

Tren merupakan salah satu hal yang tidak boleh lepas dari konten dan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat konten. Pasalnya, melalui tren-tren tersebut, menandakan bahwa bisnis kamu mengikuti perkembangan zaman alias tidak kudet. Selain itu, terlihat jelas bahwa konten akan kurang optimal apabila tidak mengikuti perkembangan tren yang sedang berlangsung.

Maka dari itu, kamu bisa membuat konten yang mengikuti tren, sehingga bisa mendapatkan perhatian dari banyak orang. Contohnya saja konten yang tren saat ini, yakni “Ikoy-ikoyan” yang merupakan sebuah konten berbagi dengan follower dengan cara membantu kebutuhan followers sesuai dengan kemampuan. 

3. Konten Perbandingan

Untuk ide konten perbandingan ini maksudnya adalah membuat konten yang mana didalamnya disajikan perbandingan antara A dan B. Hal yang dibandingkan bisa disesuaikan dengan bisnis kamu. Namun perlu diingat, jangan membandingkan hal yang bersifat negatif atau sara, karena bisa-bisa konten kamu malah jadi ajang menjatuhkan satu dengan lainnya. Contoh konten perbandingan untuk akun Instagram yang memiliki niche kecantikan adalah membuat konten perbandingan sunscreen A dan B. 

Di dalam konten tersebut, kamu bisa membahas bagaimana kelebihan dan kekurangan dari kedua sunscreen, kemudian berikan informasi tentang kecocokan sunscreen untuk tipe kulit yang seperti apa. Apabila Instagram kamu memiliki niche techno, maka Anda bisa membandingkan produk-produk elektronik, misalnya Android dan Apple yang kini sedang populer diperbincangkan. Kamu bisa membahas tentang kelebihan dan kekurangan kedua produk tersebut, sehingga followers Anda bisa menjadikannya pertimbangan ketika akan membelinya. 

4. Konten FAQ

Konten FAQ ini cukup ramai, sehingga tidak heran banyak akun Instagram yang menggunakannya untuk menarik para followers. Kamu bisa sajikan konten ini dengan mengundang tokoh-tokoh terkemuka, mulai dari tokoh di perusahaan kamu atau influencer yang relevan dengan bisnis kamu. Misalnya saja bisnismu bergerak di bidang kecantikan, maka Anda bisa mengundang beauty influencer untuk di FAQ melalui live Instagram atau video postingan (Reels maupun IGTV). Jika ingin membicarakan bisnis millennial, kamu bisa menyesuaikan tamu undangannya.

5. Giveaway

Kalau konten di urutan kelima ini pastinya kamu sudah sangat familiar karena memang sudah banyak digunakan di berbagai social media. Nah, Instagram juga merupakan salah satu social media yang digunakan untuk meluncurkan konten berupa giveaway. 

Bagi yang belum tahu, konten satu ini merupakan konten yang sangat ditunggu-tunggu dan menjadi favorite para pengguna Instagram. Konten ini juga terbukti bisa meningkatkan engagement akun Instagram kamu, karena biasanya salah satu syarat yang diajukan untuk bisa memenangkannya adalah mem-follow. Giveaway ini bisa dilakukan secara mandiri maupun mengajak partner lainnya.

Misalnya saja kamu bisa bekerja sama dengan akun yang sering mengadakan giveaway, mulai dari influencer hingga akun-akun kreator khusus giveaway yang sudah memiliki followers yang banyak. Jika kamu ingin melakukan giveaway secara mandiri juga tidak masalah, yang penting dikemas dengan menarik.

6. Share IGTV

Salah satu fitur Instagram yang tidak boleh dilewatkan saat membuat ide konten adalah IGTV. Bagi yang belum tahu, Instagram memiliki fitur IGTV yang diperuntukkan untuk mengunggah video dengan durasi yang panjang. Adapun, IGTV ini bisa kamu gunakan untuk mengunggah video-video konten menarik, misalnya video interview. Menurut Business 2 Community, fitur IGTV bisa dijadikan konten ampuh untuk menarik perhatian followers, apabila Anda bisa melibatkan followers di dalamnya. Namun, pastinya kamu juga perlu menciptakan konten IGTV yang sesuai dengan niche akun Instagram kamu, agar tidak melenceng terlalu jauh dari tujuan utama. 

Jika kamu sedang mencari jasa buat content marketing, IDEOWORKS bisa menjadi pilihan yang tepat! Kami menawarkan banyak layanan yang bisa kamu pilih untuk membantu keberhasilan produk yang ditawarkan!

 

Let’s talk about your brand