Preloader
6 Tips Jitu Riset yang Works Tahun 2023 ala Social Listening Agency

6 Tips Jitu Riset yang Works Tahun 2023 ala Social Listening Agency

Saat menganalisis pendapat audiens mengenai brand Anda, dikenal istilah social listening. Singkatnya, social listening adalah usaha untuk mendengarkan, memahami, serta menarik kesimpulan dari pendapat customer. Aktivitas ini bisa dilakukan oleh tim in-house dari perusahaan atau dengan bantuan dari social listening agency

Dalam praktiknya, social listening tidak hanya dilakukan terhadap pendapat customer Anda, tetapi juga customer brand pesaing. Intinya, strategi ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana keadaan pasar saat ini dengan cara mendengarkan pendapat customer. Lantas, adakah tools khusus untuk melakukan hal ini?

Tools social listening

Salah satu platform yang umum digunakan oleh brand adalah media sosial. Di media sosial, customer bisa dengan mudah menyampaikan pendapatnya mengenai suatu brand, tanpa perlu mengunjungi website brand atau menghubungi mereka melalui call center. Sebuah survei mengungkapkan bahwa 90% pengguna media sosial pernah menggunakan akun mereka untuk berkomunikasi dengan pihak brand

Meskipun penting, melakukan social listening bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan akses pada beberapa tools beserta kemampuan untuk menggunakannya secara efektif agar hasil analisis bisa optimal. Di sinilah jasa social listening agency dibutuhkan. Setiap agensi tepercaya pasti telah memiliki akses pada tools tersebut serta sumber daya manusia untuk mengoperasikannya. Tetapi, tidak ada salahnya jika Anda belajar sedikit mengenai riset social listening yang umum dilakukan oleh agency.

6 Tips riset ala social listening agency

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat melakukan social listening ala social listening marketing agency. Simak sampai tuntas untuk informasi lebih lengkap!

1. Dengarkan pelanggan dari berbagai platform

Saat ini, ada banyak platform yang bisa dipakai oleh pengguna internet untuk menyampaikan pendapat mereka mengenai suatu brand. Bahkan, rata-rata setiap orang menggunakan 7,2 media sosial setiap bulannya. Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak boleh kecolongan dan cobalah mendengarkan audiens dari segala platform untuk memperoleh dataset yang lebih besar.

2. Jadilah bisnis yang lebih responsif

Selagi mendengarkan, tidak ada salahnya jika Anda juga menerapkan social monitoring. Jadi, tidak hanya mendengarkan customer, Anda juga bisa menanggapi pendapat customer mengenai brand Anda, baik yang memberikan respons positif maupun negatif. Hal ini berpotensi akan meningkatkan loyalitas customer terhadap brand Anda.

3. Cari tahu konsumen yang memberi nilai positif

Social listening tidak melulu mengenai mencari sentimen negatif audiens. Anda juga perlu mencatat respons positif audiens terhadap brand Anda. Setelah itu, Anda bisa menganalisis mereka dan mencari tahu beberapa hal, seperti bagaimana gaya hidup mereka serta apa saja yang mereka sukai. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai customer saat harus membuat persona.

4. Pahami tren sekaligus polanya

Salah satu tujuan dari penggunaan jasa social listening agency adalah agar mereka bisa menganalisis sebuah tren atau pola dari suatu bidang bisnis. Dari hasil analisis tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi untuk meningkatkan kualitas produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada customer.

5. Rencanakan perubahan

Jika dari hasil analisis ditemukan ada suatu hal yang salah, buatlah rencana perubahan untuk menjadi lebih baik. Hal ini tidak terbatas pada kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan, tapi juga berbagai aspek lainnya yang mendapat respons dari audiens.

6. Buat karya kolaborasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, social listening tidak terbatas pada satu aspek bisnis saja. Oleh karena itu, antara tim satu dengan tim lain pada perusahaan Anda wajib bekerja sama demi menyelesaikan masalah yang umum dijadikan sebagai bahan pembicaraan oleh customer. Jadi, bukan berarti social listening adalah tugas dari dan untuk tim media sosial saja.

Jika dilihat sekilas, social listening adalah hal yang mudah untuk dilakukan, tapi ternyata tidak demikian dalam praktiknya. Itulah mengapa Anda membutuhkan jasa social listening agency. Fungsi social listening agency adalah untuk mempermudah tugas Anda dalam menganalisis sentimen audiens dengan menggunakan beberapa indikator yang telah ditetapkan.

Anda bisa langsung berkonsultasi dengan IDEOWORKS yang dapat menjalankan fungsi social listening agency. IDEOWORKS tidak hanya berfokus pada social listening saja, tapi juga kebutuhan marketing lainnya. Mulai dari perencanaan strategi, eksekusi, hingga evaluasi, semua bisa Anda lakukan bersama IDEOWORKS. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pelayanan yang ditawarkan beserta portofolio dari kami? Anda bisa klik di sini!

Let’s talk about your brand