Preloader
Content Marketing

7 Tips Membangun Konten Interaktif dengan User Generated Content Marketing

Dominasi dunia digital dalam keseharian masyarakat semakin intens, sehingga membangun persona brand dengan digital marketing penting untuk Anda. Dari banyaknya cara membangun content marketing, konten interaktif merupakan pendekatan yang populer dalam menarik customer. Biasanya, konten interaktif menyasar segmented audience dengan pendekatan yang personal dan memberi ruang bagi audiens untuk melakukan interaksi dua arah dengan brand Anda.

Agar Anda semakin piawai menyusun konten interaktif dalam strategi content marketing Anda, Anda bisa mengaplikasikan tips penggunaan User Generated Content (UGC) dalam strategi Anda. User Generated Content bisa disebut sebagai “promosi” yang dilakukan secara cuma-cuma oleh audiens Anda. Anda hanya memantik audiens untuk menyebarkan informasi mengenai brand Anda di lingkup sosial mereka. Dengan strategi ini, Anda bisa membangun koneksi yang intim dengan konsumen sekaligus menekan budget pemasaran Anda.[irp]

Berikut IDEOWORKS.id merangkum beberapa tips ringan dan mudah untuk menerapkan konten interaktif pada content marketing strategy Anda.

Tips Membangun Konten Menggunakan User Generated Content Marketing

  • Respon Audiens Anda untuk Membangun Ikatan Emosi

Ketika Anda meluncurkan sebuah campaign, sedikit banyak ada audiens yang berinteraksi dengan konten Anda. Manfaatkan audiens yang aktif untuk menjalin kedekatan dan membentuk rasa terikat dengan para audiens. Apresiasi penting untuk mengetuk emosi, sehingga selain brand Anda terlihat aktif di berbagai platform, Anda juga menciptakan content marketing yang interaktif dan ramah terhadap audiens.

  • Ajak Audiens Me-Review Jasa dan Produk Anda

Konsumen dan audiens yang telah menggunakan jasa Anda tentu memiliki penilaian terhadap performa Anda. Ajak mereka untuk menilai produk Anda secara terbuka. Penilaian ini, selain bisa dikumpulkan sebagai qualitative report untuk campaign report Anda, juga bisa menaikkan nama Anda di lingkup relasi konsumen. 

  • Ajak Bermain dengan Trivia yang Ciamik!

Tidak semua campaign dan content marketing harus mempromosikan jasa Anda semata. Tentu Anda sebagai konsumen akan bosan dengan hard selling yang seliweran di media sosial, bukan? Buatlah konten yang bisa dimainkan atau menghibur untuk audiens Anda. Banyak brand menggunakan strategi ini untuk meningkatkan UGC, seperti Spotify dengan Spotify Wrapped tiap tahunnya. Bahkan, Anda bisa membuat konten trivia semudah membuat polling atau tebak-tebakan di beberapa platform, seperti Instagram dan Twitter.[nextpage title=” “]

  • Update dengan Topik yang Hangat Diperbincangkan Audiens Anda

Penting untuk mengetahui hal apa saja yang sedang berputar di lingkup media sosial audiens Anda. Hal ini bisa meningkatkan antisipasi audiens untuk berinteraksi dengan content marketing yang join the bandwagon pada topik tersebut. Contohnya, Netflix dan WeTV menimpali obrolan netizen di Twitter seputar film Layangan Putus. Reaksi dari “mimin” di platform yang membicarakan tokoh “pelakor” yang berbeda dari tiap brand tersebut menghibur dan menuai atensi netizen.

  • Berikan Apresiasi Pada Audiens yang Mengekspos Anda dalam Konten Mereka

Setiap orang menyukai rekognisi dari orang lain, begitu juga dengan audiens Anda. Terlebih, ada ikatan sentimentil bila Anda mengunggah kembali konten audiens pada platform brand Anda. Namun, akan lebih baik bila Anda tetap menyapa audiens terlebih dulu untuk meminta izin mempublikasikan karya mereka. [irp]

  • Bangkitkan Antisipasi Audiens terhadap Brand Anda

Untuk membangkitkan antisipasi, maka Anda harus membangun content marketing yang bernilai di mata audiens. Anda bisa membangkitkan antisipasi dengan berbagai cara. Misal, Anda ingin meluncurkan produk terbaru, Anda bisa mengajak audiens untuk menyebarkan informasi dengan menawarkan beberapa hal lainnya: diskon, freebies, hingga giveaway. Anda juga bisa membuat konten yang menuai reaksi (yang positif, tentunya) dari audiens, seperti menanyakan preferensi audiens terhadap topik-topik tertentu.

  • Gunakan Influencer untuk Mengajak Audiens Berinteraksi

Salah satu wadah yang cocok untuk membantu Anda membangun UGC adalah dengan memanfaatkan influencers yang sesuai dengan segmentasi konsumen Anda. Pihak ketiga yang cocok dengan brand persona Anda akan memudahkan Anda memantik UGC oleh audiens. Berikan content marketing brief yang interaktif pada influencer sekaligus call to action (CTA) yang menarik, seperti content marketing seputar hobi, kegiatan santai, hingga bahasan soal keuangan dan karir.

Beberapa tips mudah dan ringan di atas dapat menjadi insights untuk Anda membangun User Generated Content yang menarik perhatian audiens Anda. Tentu, tips di atas bersifat umum, sehingga Anda tetap perlu mengetahui seperti apa UGC yang cocok untuk content marketing brand Anda secara spesifik. Sebagai digital marketing agency, IDEOWORKS.id dapat membantu Anda menemukan pendekatan UGC yang ringan dan mudah diterima oleh audiens Anda. Bersama IDEOWORKS.id, Anda dapat berkonsultasi sekaligus bersama-sama membangun marketing strategy yang tepat sasaran.

Let’s talk about your brand