7 Tips Membangun Konten Interaktif dengan User Generated Content Marketing

Dominasi dunia digital dalam keseharian masyarakat semakin intens, sehingga membangun persona brand dengan digital marketing penting untuk Anda. Dari banyaknya cara membangun content marketing, konten interaktif merupakan pendekatan yang populer dalam menarik customer. Biasanya, konten interaktif menyasar segmented audience dengan pendekatan yang personal dan memberi ruang bagi audiens untuk melakukan interaksi dua arah dengan brand Anda.

Agar Anda semakin piawai menyusun konten interaktif dalam strategi content marketing Anda, Anda bisa mengaplikasikan tips penggunaan User Generated Content (UGC) dalam strategi Anda. User Generated Content bisa disebut sebagai “promosi” yang dilakukan secara cuma-cuma oleh audiens Anda. Anda hanya memantik audiens untuk menyebarkan informasi mengenai brand Anda di lingkup sosial mereka. Dengan strategi ini, Anda bisa membangun koneksi yang intim dengan konsumen sekaligus menekan budget pemasaran Anda.

Baca Juga  Hati-hati Menyesal! Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Agency di Indonesia

Berikut IDEOWORKS.id merangkum beberapa tips ringan dan mudah untuk menerapkan konten interaktif pada content marketing strategy Anda.

Tips Membangun Konten Menggunakan User Generated Content Marketing

  • Respon Audiens Anda untuk Membangun Ikatan Emosi

Ketika Anda meluncurkan sebuah campaign, sedikit banyak ada audiens yang berinteraksi dengan konten Anda. Manfaatkan audiens yang aktif untuk menjalin kedekatan dan membentuk rasa terikat dengan para audiens. Apresiasi penting untuk mengetuk emosi, sehingga selain brand Anda terlihat aktif di berbagai platform, Anda juga menciptakan content marketing yang interaktif dan ramah terhadap audiens.

  • Ajak Audiens Me-Review Jasa dan Produk Anda

Konsumen dan audiens yang telah menggunakan jasa Anda tentu memiliki penilaian terhadap performa Anda. Ajak mereka untuk menilai produk Anda secara terbuka. Penilaian ini, selain bisa dikumpulkan sebagai qualitative report untuk campaign report Anda, juga bisa menaikkan nama Anda di lingkup relasi konsumen. 

  • Ajak Bermain dengan Trivia yang Ciamik!

Tidak semua campaign dan content marketing harus mempromosikan jasa Anda semata. Tentu Anda sebagai konsumen akan bosan dengan hard selling yang seliweran di media sosial, bukan? Buatlah konten yang bisa dimainkan atau menghibur untuk audiens Anda. Banyak brand menggunakan strategi ini untuk meningkatkan UGC, seperti Spotify dengan Spotify Wrapped tiap tahunnya. Bahkan, Anda bisa membuat konten trivia semudah membuat polling atau tebak-tebakan di beberapa platform, seperti Instagram dan Twitter.

Add comment: