Krisis ekonomi yang melanda indonesia tak ayal memaksa pemilik bisnis menerapkan efisiensi pada berbagai sektor. Salah satu hal yang paling terbersit adalah memotong anggaran dana untuk sektor pemasaran dan dukungan tenaga IT. Di satu sisi, keputusan tersebut memang bisa membantu melonggarkan anggaran dan bisa mengalihkannya pada sektor yang bagi Anda lebih penting.
Tetapi, keputusan tersebut justru bisa mengakibatkan Anda kehilangan peluang untuk mendapatkan consumer baru, mempertahankan pelanggan setia, hingga kehilangan visibilitas yang berdampak terhadap perusahaan dalam jangka panjang. Sebenarnya, bukanlah hal yang mustahil apabila Anda ingin memprioritaskan pertumbuhan bisnis dengan biaya yang jauh lebih hemat. Caranya adalah dengan menjalin kerjasama dengan agensi digital marketing. Bagaimana digital marketing agency bisa membantu Anda?
Keuntungan Bekerja Sama dengan Digital Marketing Agency
Bekerja sama dengan digital marketing agency memberikan berbagai keuntungan strategis untuk membantu bisnis Anda tumbuh lebih cepat. Berikut penjelasannya.
1. Mendapatkan Bantuan Spesialis dengan Biaya Terjangkau
Bekerja sama dengan agensi bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan tenaga ahli namun tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membayar karyawan penuh waktu. Agensi pemasaran digital yang berkualitas memiliki tim yang terdiri dari para ahli pada bidang masing-masing, mulai dari bidang SEO, data analytic, content marketing, dan lain sebagainya.
Sebagai klien, Anda bisa memperoleh bantuan dari tenaga profesional tersebut cukup dengan membayar biaya layanan sesuai kesepakatan. Hal ini tentunya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan memperkerjakan karyawan tetap dimana Anda harus membayar gaji pokok dan tunjangan.
2. Menawarkan Skalabilitas dan Fleksibilitas
Bekerja sama dengan agensi juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan fleksibilitas. Agensi dapat membantu menyesuaikan layanan dengan kebutuhan pemasaran brand Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa dengan bebas mengatur skala layanan yang disediakan sesuai dengan kebutuhan dan budget pemasaran.
3. Menawarkan Perspektif Eksternal dan Inovasi
Salah satu kelemahan dari memiliki tim internal adalah seringkali mereka terjebak di dalam rutinitas kerja dan comfort zone. Hal tersebut mengakibatkan mereka kurang peka terhadap perubahan tren dan inovasi yang muncul di dalam dunia digital marketing.
Sebaliknya, agensi telah menjalin kerjasama dengan berbagai klien perusahaan dengan latar-belakang bisnis yang berbeda. Hal ini membuat mereka jauh lebih peka dan mendapatkan insights yang lebih mendalam mengenai perubahan tren pemasaran digital yang tengah berlangsung. Sehingga, agensi bisa memberikan perspektif eksternal yang lebih objektif dan memberikan inspirasi inovasi bagi brand Anda.
4. Memungkinkan Anda Fokus pada Aspek Penting Lainnya
Penerapan strategi pemasaran adalah proses yang berkelanjutan, dan tak jarang hal tersebut mengakibatkan tim internal kehilangan fokus dan berdampak pada penurunan performa mereka. Di sinilah Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik dengan bekerja sama dengan agensi. Agensi dapat membantu mengoptimalkan strategi pemasaran, sekaligus melakukan pemantauan rutin dan melakukan penyesuaian strategi apabila dibutuhkan. Hal ini membantu Anda dan core team untuk fokus pada tugas inti dan aspek-aspek penting yang menjadi keahlian.
5. Memudahkan Akses ke Tools dan Teknologi Optimasi Pemasaran Terbaik
Tidak semua brand memiliki analytics tools dan teknologi optimasi yang tepat untuk menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif. Bahkan, tak jarang Anda harus membayar biaya yang cukup tinggi untuk mendapatkan layanan tersebut. Bekerjasama dengan agensi memungkinkan Anda untuk mengakses keduanya tanpa harus mengeluarkan anggaran biaya yang terlalu besar.
Dalam merumuskan dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, tentunya agensi sudah membekali diri dengan tools premium dan teknologi optimasi yang terbaik. Sehingga, Anda pun akan mendapatkan hasil berupa strategi pemasaran yang teroptimasi dengan baik dan berpeluang meningkatkan ROI walaupun di dalam kondisi resesi ekonomi.
6. Menerapkan Pengukuran dan Akuntabilitas yang Lebih Baik
Transparansi dan akuntabilitas adalah dua aspek yang paling penting bagi agensi yang kredibel. Dalam setiap strategi optimasi dan pemasaran digital yang diterapkan, mereka akan menggunakan metrik berupa Key Performance Indicators atau KPI sebagai bentuk laporan kepada klien. Berdasarkan data laporan tersebut, Anda dapat memantau kinerja kampanye pemasaran sekaligus mendapatkan data akurat mengenai ROI (Return On Investment).
Cara Agensi Membantu Mempertahankan Pertumbuhan di Masa Resesi
Di dalam masa resesi, pertumbuhan ROI menjadi aspek yang sangat krusial bagi setiap perusahaan. Agensi memiliki beberapa cara yang dapat membantu Anda dalam mempertahankan business growth di masa ini tanpa harus mengeluarkan dana terlalu besar, yaitu:
- Menyusun strategi pemasaran yang efektif
- Optimasi konversi pada setiap tahap customer journey
- Meningkatkan retensi pelanggan melalui strategi pemasaran yang tepat
- Menganalisis data sehingga brand bisa mengambil keputusan yang informatif
Kesimpulan
Menggunakan bantuan jasa digital marketing agency menjadi solusi terbaik bagi Anda yang perlu melakukan efisiensi budget sekaligus mempertahankan pertumbuhan perusahaan di masa perekonomian sulit. Untuk memaksimalkan upaya pemasaran Anda secara lebih efektif, jalinlah kerjasama dengan IDEOWORKS. Creative agency ini menawarkan tim spesialis yang berpengalaman dalam hal optimasi SEO, pembuatan digital ads, hingga strategi digital marketing. Jadikan momen resesi menjadi masa untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik bersama IDEOWORKS .