Preloader
Anti Plain, Creative and Digital Agency Bikin Konten Jadi Tren

Anti Plain, Creative and Digital Agency Bikin Konten Jadi Tren

Ide konten digital marketing bisnis Anda terlihat ‘plain’? Bahkan Anda sendiri bingun mengembangkan ide kreatif agar mendapatkan engagement social media dengan strategi marketing yang tepat. Mau efektif dalam menerapkan strategi jitu dalam waktu singkat? Creative and digital agency solusinya. Cara kerja profesional marketing in house—pemasaran yang bisa dilakukan dari rumah dapat menjamin 100% kerja efektif meningkatkan engagement social media. Karena fungsi marketing in house dengan strategi digital marketing social media kreatif dapat melakukan interaksi dengan calon customer dari mana saja. Itulah hebatnya teknologi digital dan cara kerja marketing in house.

Namun, kinerja marketing in house tanpa creative and digital agency hanyalah plain bisnis. Tentunya dengan sejumlah manfaat dan strategi kreatif, creative and digital agency bukan hanya ‘anti plain’ bisnis—dengan cara kerja profesional marketing in house—koneksi, pengalaman interaksi dua arah, dan dapat menghasilkan creative content dari sebuah brand bisnis menjadi keunggulannya. Dengan begitu bisnis akan mencapai tujuan social media engagement dan meningkatkan brand awareness dengan teknik customer care yang membuat customer menjadi setia.

Apa itu creative and digital agency?

Creative and digital agency berfokus kepada penerapan konsep desain, marketing, dan social media management untuk menyelesaikan proyek bisnis digital marketing sukses. Creative and digital agency dengan fungsi marketing in house lebih unggul di bidang branding, desain produk kreatif untuk memikat dan persuasif ke customer/audiens di platform social media seperti penciptaan logo, konten video/feed, storytelling, copywriting, hingga mencapai engagement produk bisnis. Salah satunya engagement social media secara masif.

Bagaimana caranya?

Social media engagement dapat diukur oleh metrik dengan persentase ketertarikan target market untuk berinteraksi dengan content marketing di social media bisnis. Dalam hal ini, platform yang populer dalam menciptakan engagement paling cepat adalah Instagram. Di Instagram, engagement diperoleh dari respon-respon positif terhadap penawaran dan penjualan produk atau layanan bisnis (sales process atau sales cycle). Metrik tersebut terlihat dengan meningkatnya jumlah followers, pertumbuhan audiens dari likes, comments, shares, mentions, reposts, hashtag brand terkait atau click-through pada CTA.

Nah, untuk mencapai hal besar tersebut, penerapan strategi creative and digital agency yang terkenal efektif dapat meningkatkan value akun Instagram bisnis serta membangun brand value. Secara keseluruhan, dengan aktivitas kreatif dari cara kerja marketing in house yang proaktif, membuat matrik engagement setiap bisnis jadi bermanfaat.

Berikut manfaat yang diperoleh bisnis dengan creative and digital agency;

  • Dapat mengukur kualitas campaign creative marketing di platform social media
  • Dapat membangun brand awareness dan brand experience audiens market
  • Menciptakan pengaruh terhadap bisnis di segmen market luas (brand authority) berkat branding creative communication yang tepat
  • Menjangkau impresi bisnis setelah mendapatkan engagement audiens dengan penawaran kreatif di social media dan menjadi tren
  • Mampu menjalin hubungan jangka panjang dengan klien maupun customer relationship, customer potensial atau leads
  • Memberikan layanan customer care yang baik dengan feedback messages relevan

Dengan memanfaatkan creative and digital agency di atas melalui kanal distribusi social media Instagram secara otomatis meningkatkan traffic. Pada umumnya, mendatangkan traffic dari Instagram bisa dimulai dari model organik hingga berbayar (paid). Kemudian, berbagai cara dilakukan untuk mendatangkan banyak traffic ke situs dan mampu mencapai target di halaman pertama dengan kata kunci (keywords).

Namun, mendatangkan pengunjung organik Instagram bisnis tentu bukan hal mustahil dilakukan oleh creative and digital agency. Selain menampilkan konten kreatif jadi tren, berkualitas, hingga memperhitungkan waktu posting semakin banyak menciptakan engagement.

Berikut manfaat yang dihasilkan creative and digital agency meningkatkan traffic Instagram.

Memanfaatkan Instagram Shopping

Bila memanfaatkan fitur Instagram shopping, tentu membuat pengunjung dapat melihat katalog produk bisnis yang disediakan melalui postingan feed, story, atau catalog di profil semakin besar. Apalagi saat ini fitur baru Instagram shopping tersedia tombol ‘view shop’ dan ‘view on website’ yang memberikan keleluasaan pengunjung mencari kebutuhan dengan mudah, sehingga mendatangkan traffic.

Dengan tombol ‘view on website’ yang mengarah ke website bisnis akan langsung menciptakan traffic ketika mereka melihat detail produk pada postingan. Sebuah review pengguna Instagram shopping mengatakan, bahwa traffic website mereka meningkat sampai 99% setelah menggunakan fitur ‘view on website’

Beriklan (Instagram Ads)

Selanjutnya bisnis setidaknya dapat beriklan dengan biaya (ads) yang dapat meningkatkan traffic. Beriklan sangat membantu bisnis memperoleh informasi (data audiens) lebih spesifik. Saat ini, Instagram Ads telah mendukung tujuan instal aplikasi untuk meningkatkan engagement dan traffic. Fitur ‘view on website’ bisa mengarahkan pengunjung ke website di tiap postingan tanpa melalui link di profil. Pengguna juga ditargetkan melihat iklan bisnis secara gerilya dengan tujuan merespon tombol CTA—membawa mereka pada website produk potensial.

Posting Konten Kreatif agar jadi Viral/ Tren

Jenis konten yang kreatif agar menjadi tren adalah dengan membuat konten tricky. Konten ini dapat menggugah emosi audiens dan ketertarikan yang lebih dari konten biasanya. Andalkan judul yang menarik, detail video atau foto yang sensasional. Semakin kreatif konten tricky tersebut, semakin banyak pengunjung yang dapat mengaplikasikan atau mengikuti dengan interaksi positif seperti share konten tricky, mendapat like, komentar, dan pastinya traffic bisnis menjadi tinggi.

Trik Creative and Digital Agency Buat Konten Instagram Menarik

Selain memiliki fitur yang lengkap dalam menunjang kebutuhan konten bisnis, kinerja marketing in house hanya perlu menyiapkan ide konten kreatif Instagram untuk menarik perhatian pengunjung. Untuk itu, mari kita bedah trik jitu creative and digital agency buat konten Instagram menarik hingga bikin konten jadi tren.

Riset Followers Bisnis

Riset menjadi target utama dalam menciptakan popularitas konten bisnis kedepannya. Untuk memulai riset, tentu kinerja marketing in house akan memperhatikan demographic insight dari followers.

Konsistensi

Setelah mendapatkan followers bisnis, marketer akan membuat konten Instagram yang menarik dan mendapatkan perhatian lebih dari followers secara konsisten. Dalam hal ini konsisten di kualitas konten kreatif—bukan hanya posting setiap hari—tapi ‘plain’. Konsistensi membuat konten kreatif tentu menjadi nilai plus dibanding hanya posting biasa, karena followers atau pengunjung hanya interest terhadap image konten dengan kreativitas.

Berinteraksi dengan Followers

Setelah konsisten membuat konten menarik, tentu pengunjung mulai berdatangan setiap kali bisnis meluncurkan konten. Hal ini menjadi keuntungan bagi bisnis secara engagement dan traffic. Tetapi lebih dari itu, bisnis perlu berinteraksi dengan followers untuk menambah kesan peduli dan simpati dari mereka. Interaksi dua arah ini berguna untuk meningkatkan engagement konsisten. Semakin tinggi engagement tentu semakin banyak brand yang mengajak berkolaborasi atau meningkatkan konversi secara langsung.

Teknik Copywriting di Caption Instagram

Meski Instagram menjadi aplikasi foto dan video, namun kekuatan teks (copywriting) memiliki pengaruh besar dalam sebuah caption konten. Copywriting sejatinya memiliki magic mengintervensi pikiran audiens. Marketer dapat memastikan kalimat itu dengan menarik, efektif, dengan bahasa yang sesuai dengan kebutuhan follower/audiens dan menempatkan Call To Action (CTA) yang berguna untuk bisnis.

Sisipkan Hashtag dan Emoji sebagai Pemanis

Masih berkreasi di kolom caption konten, yaitu dengan menyisipkan hashtag dan emoji setiap caption konten Instagram. Dengan memulai riset hashtag populer, relevan, dan unik, konten bisnis jadi tren sehingga mudah ditemukan audiens di luar followers. Cara kerja profesional marketing in house dapat menggunakan tanda pagar yang tepat sasaran, karena telah melakukan riset hashtag relevan sesuai dengan konten dan caption postingan.

Dengan menerapkan trik konten Instagram menarik di atas, tentu besar kemungkinan konten Instagram bisnis jadi trending. Ketika konten menjadi tren, tentu engagement social media dan traffic website bisnis banyak dikunjungi. Namun, bila Anda belum siap menerapkan strategi tersebut, serahkan semua kepada creative and digital agency profesional yang mampu mengangkat derajat bisnis Anda melalui social media engagement paling kreatif, sehingga membuat konten bisnis Anda ‘anti plain’. Hubungi IDEOWORKS sekarang juga!

Let’s talk about your brand