Preloader
"Apa Bedanya Brand and Digital Agency? "

Apa Bedanya Brand and Digital Agency?

Brand and digital agency akhir-akhir ini banyak diterapkan oleh bisnis dalam mencapai tujuan. Pasalnya metode marketing ini sangat efektif untuk membangun kepercayaan publik menjadi pelanggan dan pembeda dengan kompetitor. Terlebih di era serba teknologi, banyak masyarakat yang mencari melalui internet. Bahkan sebagian dari mereka membutuhkan sebuah produk atau jasa secara daring. Oleh karena itu, membangun brand and digital agency sangatlah penting untuk bisnis. Meski metode ini memiliki sedikit perbedaan dari segi layanan digital marketing, namun layanan ini memiliki strategi jitu memanfaatkan integrated marketing agency.

Integrated marketing agency atau integrated digital marketing service menjadi sebuah konsep kuat untuk menempatkan bisnis Anda di peta keberhasilan dalam konversi penjualan. Dengan marketing service agency, strategi atribusi multi-channel dan omni-channel marketing yang dapat menjangkau audiens bisnis. Sedangkan istilah brand and digital agency sendiri berarti kegiatan melibatkan visibilitas, identitas dan kredibilitas antara brand bisnis dengan agency yang melibatkan kreativitas dan strategi bisnis ke khalayak umum melalui platform digital.

Walaupun terdengar mirip dalam menjalankan kegiatan promosi, sebenarnya dua hal tersebut memiliki perbedaan. Brand atau branding tak hanya sekedar mengenalkan nama dan produk, tetapi lebih membangun sebuah image atau filosofi bisnis tersebut. Lalu, mengapa harus menggunakan digital agency? Tentunya dengan bantuan profesional yang menangani suatu bisnis, Anda pasti menginginkan keuntungan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu brand and digital agency marketing hadir untuk menghandle masalah brand bisnis dengan integrated digital marketing service.

Nah, sebelum melihat sedikit perbedaan brand and digital agency—pebisnis baru harus mengenali apa itu brand and digital agency dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Branding?

Brand atau branding yang dilakukan pebisnis adalah sebuah pengupayaan strategi promosi bisnis agar dikenal publik dan membedakan layanan bisnis dengan kompetitor. Branding biasanya dilakukan dalam bentuk desain logo, ide bisnis, tagline, hingga produk yang membuatnya dikenal oleh publik. Di sisi lain, branding menjadi strategi kreatif yang menunjukkan kepada calon customer mengenai siapa Anda, apa yang dikerjakan, apa keunggulan Anda, apa yang Anda aware, dan mengapa begitu penting untuk bekerja sama dengan bisnis Anda.

Apa itu Digital Agency?

Secara umum, digital agency adalah perusahaan bisnis yang bergerak dibidang layanan atau jasa digital marketing service agency yang bisa dilakukan oleh tim maupun perorangan untuk meningkatkan penjualan dengan keahlian yang mereka miliki di bidang visibilitas online bagi brand bisnis. Untuk mewujudkan goals bisnis, maka seorang brand bisnis perlu menggunakan jasa integrated digital marketing service dalam menerapkan strategi digital marketing melalui beberapa saluran digital yang tepat. Karena setiap saluran yang ada memiliki karakteristik dan behavior audiens berbeda, sehingga pembagian konten distribusi tiap channel harus disesuaikan. Namun, digital agency memiliki layanan full-service and multi-channel integrated digital marketing yang dapat brand bisnis terapkan sesuai permintaan.

Pengertian Brand and Digital Agency

Brand and digital agency menjadi proses membangun cerita dan kehadiran brand bisnis dengan menggunakan jasa digital agency. Tools marketing ini dilakukan melalui website, social media, aplikasi, dan sejenisnya. Strategi ini adalah kunci membangun hubungan yang tepat dengan target market secara online. Setelah brand and digital agency berhasil dibangun, akan memudahkan bisnis Anda untuk menjalankan strategi marketing selanjutnya dalam mengenalkan produk baru atau mempromosikan produk dengan integrated digital marketing service.

Bagaimana cara kerjanya?

Brand and digital agency bekerja sama dengan baik apabila digunakan dengan cermat dan maksimal. Apabila dianalogikan, kedua peran tersebut adalah satu-kesatuan atau jembatan antara brand bisnis dengan customer potensial melalui berbagai cara digital agency yang memiliki strategi marketing service agency.

Proses ini kemudian meningkatkan brand awareness bagi tujuan brand bisnis. Karena pada kenyataannya, strategi integrated marketing agency memiliki digital multi-channel dalam distribusi branding yang dilakukan secara akurat. Marketer dapat membentuk reputasi—dalam hal ini wajah perusahaan bisnis Anda melalui brand and digital agency, sehingga strategi digital marketing yang dilakukan dapat berfungsi sebagai booster bagi penjualan (sales).

Pentingnya menggunakan Brand and Digital Agency

Kenapa begitu penting? Karena pada umumnya publik mencari informasi melalui saluran internet untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Hal ini menjadi terasa penting, mengingat distribution service dari brand and digital agency dapat menjangkau audiens secara luas dan dapat mengubahnya menjadi loyalis jangka panjang. Beberapa alasan lain yang penting untuk bisnis menggunakan brand and digital agency, yaitu;

Networking Tak Terbatas

Ini yang membedakan branding konvensional dengan branding digital yang terasa untuk bisnis di era modern. Sulitnya mengenalkan brand ke publik melalui cara konvensional telah berubah dengan tak terbatasnya wilayah, waktu, hingga demografi, menggunakan brand and digital agency sangat menguntungkan. Sebab, bisnis Anda bisa menjangkau lebih banyak koneksi atau networking tak terbatas. Dengan begitu, bisnis Anda memiliki kesempatan untuk melakukan promosi bahkan meningkatkan konversi dengan lebih banyak audiens lainnya.

Menonjolkan Keunikan Produk

Selanjutnya, setelah mendapatkan atensi publik dari beragam aktivitas digital marketing, Anda akan semakin mudah menonjolkan keunikan brand atau produk. Selain aware, publik mulai yakin terhadap brand bisnis Anda. Oleh karena itu, tampilkan keunikan produk Anda yang berbeda dari kompetitor untuk lebih meyakinkan publik bahwa produk yang Anda tawarkan itu unik dan menarik.

Memorable / Menjadi Tren

Buatlah konten kreatif yang membangun citra brand Anda. Poin ini bertujuan untuk menimbulkan memorable brand di tengah masifnya brand bisnis. Bagikan konten kreatif ke seluruh distribusi channel marketing bisnis (social media) untuk memudahkan publik menangkap keunggulan produk Anda. Brand and digital agency akan menyertakan tools marketing yang bisa membuat konten branding tersebut menjadi viral atau trending di internet.

Menciptakan Image Positif

Alasan paling dasar tetapi memiliki keunggulan dalam menggunakan brand and digital agency adalah membangun image brand bisnis Anda di hadapan publik. Marketer membuat interaksi secara berkala dengan publik melalui konten branding digital. Misalnya dalam membuat storytelling yang dapat menceritakan produk melalui konten interaktif. Kemudian mengajak audiens berinteraksi dengan menjawab pertanyaan mereka secara detail, baik dan terarah. Semua itu supaya mereka merasa image bisnis sangat peduli dengan para pelanggan, sehingga image bisnis menjadi baik (positif) di mata mereka.

Jadi, itulah perbedaan, cara kerja, dan pentingnya menggunakan brand and digital agency pada bisnis di era digitalisasi. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang menggunakan jasa integrated marketing agency untuk meringankan beban bisnis Anda dan membuat lebih produktif. Dengan marketing service agency yang tepat, IDEOWORKS menjadi solusi integrated marketing agency yang memiliki tim ahli, sehingga dapat memaksimalkan penerapan brand and digital agency bisnis Anda dari awal hingga mencapai kesuksesan. Tunggu apalagi, hubungi IDEOWORKS sekarang!

Let’s talk about your brand