Preloader
2. Apa Itu Google

Apa Itu Google Partner dan Kenapa Penting untuk Brand

Persaingan digital semakin ketat, sehingga membangun trust dan authority menjadi kunci penting untuk memenangkan hati pelanggan. Salah satu cara paling tepat untuk menunjukkan kualitas digital marketing yang kredibel adalah dengan menjadi Google Partner Indonesia. Namun, apa sebenarnya makna dari menjadi Google Business Partner, dan mengapa label ini begitu penting bagi brand? Berikut ulasannya:

Apa Itu Google Business Partner?

Program Google Partners dirancang untuk pihak ketiga dan agensi yang mengelola akun Google Ads dengan menggunakan nama brand atau bisnis. Program ini aktif di lebih dari 60 negara dan tersedia dalam 43 bahasa. Menjadi Google Partner berarti brand tersebut diakui secara resmi oleh Google karena kompetensi dalam hal:

-Memaksimalkan performa kampanye klien yang berarti menunjukkan performa tinggi

-Memenuhi standar ad spend yaitu minimal USD 10.000 dalam 90 hari

-Mempunyai staf bersertifikasi minimal 50% untuk penanganan produk Google Ads seperti Search, Display, Video, atau Shopping

Ada tiga tingkatan dalam program ini, yaitu: Member, Partner, dan Premier Partner. 

1. Member

Tingkatan Member adalah level dasar dalam Google Partners. Perusahaan yang mendaftar akan mendapatkan akses ke pelatihan Google Ads, insight industri, dan dukungan dasar dari Google. Meski belum memenuhi syarat menjadi Partner resmi, status ini memberi fondasi awal bagi agensi atau individu untuk mengembangkan keahlian dan performa mereka di platform Google Ads.

2. Partner

Status Partner menunjukkan bahwa agensi telah memenuhi persyaratan Google dalam sertifikasi, kinerja kampanye, dan belanja iklan. Mitra di tingkat ini mendapatkan lencana Google Partner, akses ke acara eksklusif, dan dukungan bisnis tambahan. Mereka menunjukkan kemampuan untuk membantu klien tumbuh secara online dan benar-benar memahami praktik terbaik Google Ads.

3. Premier Partner

Premier Partner menjadi level tertinggi, diberikan secara eksklusif kepada top 3% agensi terbaik yang ada di negara tertentu. Mereka unggul dalam pertumbuhan pendapatan klien, adopsi produk Google, serta mempertahankan dan mendapatkan klien baru secara konsisten. Premier Partner mendapat keuntungan, seperti dukungan strategis dari Google langsung, serta akses untuk menggunakan fitur eksklusif, sehingga mereka mitra terpercaya dalam sistem Google Ads.

Mengapa Status Google Partner Itu Penting?

Berikut keunggulan Google Partner yang menjadikannya penting untuk mengembangkan bisnis Anda melalui digital marketing:

1. Para Ahli Terpercaya dan Tersertifikasi

Agensi dengan status ini telah melewati ujian sertifikasi dan pelatihan resmi dari Google Ads, menjamin keahlian teknis yang diakui oleh Google.

2. Akses ke Support dan Beta Features

Partner, terutama yang berstatus Premier, mendapatkan dukungan langsung dari Google dan akses awal ke fitur beta dan tools terbaru untuk kampanye Google Ads.

3. Jaminan Kualitas dan Kredibilitas

Badge Partner menandakan bahwa agensi harus mempertahankan standar tinggi performa dan sertifikasi, sehingga membangun kepercayaan di mata klien potensial.

4. Maksimalkan Kampanye

Google memantau performa kampanye harian melalui skor optimasi minimal, sehingga partner diharapkan selalu memberikan hasil terbaik untuk klien.

Maka, menjadi Google Business Partner lebih dari sekadar memiliki label, tapi juga menjadi bukti kredibilitas sekaligus kompetensi, dalam melaksanakan kampanye Google Ads secara efektif, profesional, juga selalu mengikuti perkembangan terkini. Bagaimana caranya agar sukses?

Tips Sukses Menjadi Google Partner

Untuk menjadi Google Partner yang sukses, Anda dapat menerapkan sejumlah tips berikut ini:

1. Gabung ke Program Google Partners

Daftar lewat akun Google Ads Manager untuk masuk ke program Google Partners. Setelah bergabung, agensi akan secara otomatis diperiksa untuk memenuhi persyaratan menjadi Partner.

2. Penuhi 3 Kriteria Utama

Google memeriksa tiga aspek setiap hari, yaitu:

Performance: Tingkatkan optimization score akun minimal 70%.

Ad Spend: Kelola belanja iklan minimal USD 10.000 dalam 90 hari.

Certification: Setidaknya 50% account strategists memiliki sertifikasi aktif untuk produk Google Ads seperti Search, Display, atau Video.

3. Sambungkan Skillshop dengan Akun Ads

Pastikan bahwa sertifikasi yang didapat dari akun Skillshop terkoneksi dengan akun manager Google Ads, sehingga termasuk ke dalam bagian dari verifikasi partner.

4. Upayakan Status Premier Partner

Jika ingin naik ke level Premier Partner yang merupakan top 3% di suatu negara, Anda dapat memperhatikan:

-Pertumbuhan akun klien yang dilihat dari spend dan jumlah akun

-Retensi klien jangka panjang

-Diversifikasi produk iklan melalui Search, Display, YouTube, Shopping

5. Pantau Badge Status Secara Teratur

Gunakan “Badge status card” di Google Ads manager untuk mengecek apakah perusahaan sudah memenuhi semua persyaratan sertifikasi, performa, dan spend. Google memberi waktu 60 hari sebelum badge dicabut jika tidak memenuhi standar.

6. Ikuti Rewards dan Tantangan Google Partners

Partisipasi aktif dalam program Google Partners Rewards dan tantangan tiap tiga bulan, dapat meningkatkan pengetahuan tim dan membantu menjaga status badge.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut secara konsisten, brand Anda memiliki peluang besar untuk tidak hanya menjadi Google Partner, tetapi juga mencapai status Premier Partner yang kredibel.

Kesimpulan

Menjadi Google Partner bukan hanya soal pencapaian status, tetapi juga membangun kredibilitas, kepercayaan, dan performa digital marketing yang unggul. Bagi brand yang ingin tumbuh bersama teknologi dan strategi terkini dari Google, bekerja sama dengan Ideoworks adalah langkah tepat.

IDEOWORKS sebagai agensi digital kreatif yang ahli dan sudah berpengalaman, siap mendampingi Anda mencapai level performa dan trust yang dibutuhkan untuk sukses sebagai Google Partner Indonesia dan melesat di dunia digital. Sekarang juga hubungi IDEOWORKS melalui kontak yang tersedia.

Tags

Further Reading: