Saat ini, digital marketing agency menjadi salah satu agency terpopuler pilihan marketer untuk membantu mereka memasarkan produk atau jasa. Pilihan tersebut bukan tidak berdasar. Menurut sebuah survei, 86% marketer menggunakan digital marketing untuk meningkatkan brand awareness.
Tidak berhenti di situ, ada juga studi yang mengungkapkan bahwa 75% marketer menggunakan strategi digital marketing untuk meningkatkan kredibilitas bisnis, sesuatu yang penting untuk menarik customer.
Artinya, digital marketing masih menjadi channel yang efektif bagi para marketer yang ingin menjangkau audiensnya. Memangnya, apa itu digital marketing dan kenapa harus memakai jasa digital marketing agency?
Apa Itu Digital Marketing Agency?
Digital marketing adalah sebuah usaha pemasaran yang dilakukan menggunakan media digital seperti blog dan media sosial. Artinya, digital marketing agency adalah sebuah agensi yang menawarkan jasa untuk membantu bisnis melaksanakan strategi pemasaran digital. Jasa digital marketing agency Indonesia yang umumnya bisa Anda temukan adalah riset, perencanaan strategi, produksi konten, penerbitan konten, dan analisis hasil dari kampanye digital yang telah dilaksanakan.
Beberapa agensi memilih untuk fokus terhadap satu atau dua spesialisasi saja. Sebut saja digital ad agency, SEO agency, social media agency, dan masih banyak lagi spesialisasi lainnya. Menggunakan jasa agensi pemasaran digital bisa jadi solusi untuk bisnis yang tidak memiliki anggota tim marketing yang cukup, sehingga membutuhkan bantuan untuk mencapai tujuan marketing.
Dalam digital marketing sendiri, ada beberapa strategi yang umum dilaksanakan oleh semua bisnis, dari yang masih berskala kecil hingga yang berskala global sekalipun. Memangnya, apa saja strategi pemasaran digital yang umum digunakan?
Strategi Digital Marketing Agency
Sebenarnya, ada banyak strategi digital marketing yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis. Menurut survei yang dilakukan oleh Hubspot, tiga channel yang paling banyak digunakan adalah media sosial, website/blog, dan email marketing. Untuk memaksimalkan semua itu, dibutuhkan iklan pay-per-click (PPC).
Berikut adalah rangkuman penjelasan mengenai strategi pemasaran digital yang populer tersebut:
1. Media sosial
Channel yang pertama adalah pemasaran melalui media sosial. Pada strategi ini, beberapa platform yang umum digunakan adalah Instagram, YouTube, LinkedIn, Twitter, Facebook, TikTok, dan masih banyak lagi.
Tentu saja, setiap media sosial memiliki cara kerja yang cukup berbeda. Jadi, optimasi strategi marketing pada setiap media sosial tersebut akan membutuhkan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, menggunakan layanan digital marketing agency Indonesia adalah solusi yang tepat bagi bisnis Anda.
2. Email marketing
Strategi berikutnya adalah email marketing atau pemasaran lewat surel. Cara ini masih banyak digunakan karena efektivitasnya dalam mendapatkan leads yang berkualitas.
Singkatnya, leads merujuk kepada orang yang tertarik pada produk atau jasa Anda, dan berpotensi untuk menjadi customer. Nah, email marketing dipercaya sebagai salah satu cara sebuah bisnis bisa mendapatkan leads berkualitas, tapi dengan biaya yang sangat rendah.
Bahkan, OptinMonster mengungkapkan bahwa email marketing memiliki nilai ROI (return on investment) hingga 4400%!
3. Website/Blog
Media berikutnya yang populer di kalangan marketer adalah website/blog, yang merupakan bagian dari pelaksanaan content marketing serta strategi SEO. Strategi ini dapat digunakan untuk sebagian besar marketing goals, mulai dari brand awareness hingga customer retention.
Nah, dengan menggunakan jasa expert SEO agency in Indonesia, konten yang sudah diunggah pada website dan blog bisa mendapatkan audiens yang lebih banyak. Hal ini karena SEO specialist bertugas untuk mengoptimalkan tulisan agar berpotensi muncul di halaman pertama Google.
4. Iklan PPC
Nah, selain mendapatkan audiens melalui cara organik dengan tiga strategi sebelumnya, audiens juga bisa didapatkan dengan cara berbayar lewat iklan PPC atau pay-per-click.
Dengan strategi ini, bisnis Anda hanya perlu membayar jika seseorang mengeklik iklan yang Anda pasang. Jadi, cara ini cukup efektif untuk menghemat budget, tapi tetap menjangkau audiens secara optimal.
Manfaat Digital Marketing dari Expert SEO Agency di Indonesia
Nah, jika Anda adalah pengusaha yang ingin bisnisnya berkembang, digital marketing adalah solusinya. Jika karyawan in-house tidak cukup untuk merencanakan dan mengeksekusi strategi digital marketing, Anda bisa memanfaatkan jasa digital marketing agency Indonesia.
Memangnya, kenapa harus mengaplikasikan strategi digital marketing pada bisnis Anda?
1. Meningkatkan kredibilitas online
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebagian besar marketer menggunakan strategi digital marketing untuk meningkatkan kredibilitas bisnis mereka. Mengapa demikian?
Hal ini karena audiens tidak akan percaya begitu saja terhadap sebuah bisnis, apalagi yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Dengan melakukan digital marketing, audiens tersebut akan lebih sering mendengar brand Anda sehingga mereka akan tertarik untuk mengecek. Saat mengecek, entah itu melalui media sosial atau search engine, audiens akan menemukan banyaknya informasi yang disajikan sebagai bagian dari strategi digital marketing tadi. Inilah yang membuat audiens tersebut bisa percaya dan berpotensi berubah menjadi customer.
2. Menyasar setiap bagian sales funnel
Mulai dari mereka yang belum pernah mendengar bisnis Anda sama sekali, hingga pelanggan yang telah beberapa kali membeli produk atau jasa Anda, semua bisa ditarget oleh digital marketing ini. Akhirnya, Anda bisa mencapai banyak goals dalam kampanye Anda, terutama yang berhubungan dengan konversi dari satu tahap ke tahap berikutnya.
3. Membawa leads berkualitas
Dengan bantuan digital marketing agency Indonesia, Anda juga bisa meningkatkan jumlah leads yang berkualitas melalui beberapa strategi digital marketing yang tersedia. Salah satu contoh yang sudah disebutkan yaitu email marketing. Selain itu, social media marketing juga bisa digunakan untuk meningkatkan leads, bahkan dengan jangkauan yang lebih luas daripada email marketing. Namun, untuk leads dari strategi ini, Anda perlu melakukan penyaringan terlebih dahulu agar strategi marketing lebih efektif.
4. Mengurangi biaya pemasaran
Terakhir dan yang utama, menggunakan strategi digital marketing membutuhkan biaya yang jauh lebih murah daripada menggunakan strategi tradisional seperti penggunaan billboard. Dengan hasil yang lebih maksimal, tentu saja pemasaran digital juga memiliki ROI yang lebih tinggi. Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan lewat pemasaran digital, sangat disayangkan jika bisnis Anda tidak menggunakan strategi yang satu ini. Jika Anda bingung bagaimana memulainya, konsultasikan saja dengan IDEOWORKS!
IDEOWORKS adalah digital marketing agency Indonesia yang siap membantu Anda untuk segala urusan pemasaran digital. Mulai dari perencanaan strategi, produksi, eksekusi, dan evaluasi kampanye, semua bisa disediakan oleh IDEOWORKS.
IDEOWORKS juga terdiri dari tim yang profesional dan berpengalaman di bidangnya, sehingga Anda tidak perlu ragu dengan hasil dari IDEOWORKS. Mari kembangkan bisnis Anda sekarang juga lewat digital marketing!