Preloader
Asian businessmen and businesswomen meeting brainstorming ideas about creative web design planning application and developing template layout for mobile phone project working together in small office.

Apa yang Tim Internal Anda Tidak Bisa Lakukan – dan Bagaimana Agensi Bisa Mengisi Kekosongan Tersebut

Setiap perusahaan, baik skala kecil maupun skala besar umumnya memiliki in-house team yang bertugas untuk merumuskan dan mengeksekusi strategi pemasaran pada berbagai channel. Tetapi, walaupun tim internal Anda memiliki pengetahuan dan keahlian yang mumpuni, seringkali mereka memiliki keterbatasan di beberapa aspek. Di sinilah Anda perlu untuk berkolaborasi dengan agensi berpengalaman untuk mengisi kekosongan tersebut dan mendorong tim internal agar lebih fokus pada keahlian inti mereka.

Keterbatasan yang Mungkin Dihadapi In-House Team Anda

In-house team yang bisnis Anda miliki sudah tentu terdiri dari orang-orang dengan expertise yang dibutuhkan agar brand dapat terus berkembang. Tetapi, dunia pemasaran digital sangat dinamis dan seringkali memunculkan tantangan yang mungkin sulit untuk dihadapi oleh tim internal sendiri.Tantangan tersebut bisa menghambat marketing growth yang optimal. Apa saja keterbatasan yang mungkin muncul?

1. Keterbatasan Keahlian Khusus atau Niche

Dunia pemasaran digital sangat luas dan akan terus mengalami perkembangan. Anggota tim pemasaran internal Anda mungkin memiliki keahlian di bidang pemasaran atau niche tertentu dan lemah pada kategori niche pemasaran yang bisnis Anda butuhkan saat ini. Contohnya, tim Anda bisa jadi membutuhkan seseorang dengan kemampuan dalam SEO teknis yang lebih detail dan mendalam, influencer marketing, atau kemampuan menyusun strategi pemasaran pada platform tertentu.

2. Keterbatasan Kapasitas dan Tantangan Skabilitas

Tim Anda bisa saja mengalami keterbatasan dalam hal kapasitas, terutama jika brand Anda membutuhkan eksekusi pemasaran yang lebih kompleks atau terjadi peningkatan volume pekerjaan. Kedua aspek tersebut bisa saja mengakibatkan tim internal Anda kewalahan sehingga kesulitan dalam memberikan hasil yang maksimal. 

3. Potensi Stagnasi dan Pengkotakan Internal

Saat seseorang bekerja dalam waktu yang lama d dalam satu industri, tidak menutup kemungkinan hal tersebut mengakibatkannya terjebak di dalam rutinitas yang berujung pada ia tidak mampu menghasilkan ide pemasaran yang inovatif dan kreatif. Tak hanya itu, timbulnya pengkotakan di dalam badan tim internal juga berpotensi mengakibatkan kolaborasi atau pengintegrasian strategi pemasaran menjadi lebih sulit.

4. Keterbatasan Akses ke Alat dan Teknologi Mutakhir

Dalam menjalankan strategi SEO, penggunaan tools dan teknologi termutakhir seringkali akan sangat membantu. Tetapi, bisa jadi tim internal Anda tidak memiliki waktu atau resources yang cukup untuk melakukan pengujian dan memilih tools yang paling efektif untuk mendukung performa pemasaran digital yang dibutuhkan oleh perusahaan.

5. Keterbatasan dalam Memberikan Perspektif Objektif dan Tanpa Bias

Tim internal adalah orang-orang terpilih yang telah berintegrasi sepenuhnya dengan visi dan misi brand. Mereka jugalah yang menjadi pencetus produk tertentu, dan tak jarang memiliki bias yang mengakibatkannya tidak mampu memberikan opini atau perspektif yang objektif. 

Bagaimana Agensi Bisa Melengkapi Kekosongan Tim Internal 

Menjalin kerjasama dengan agensi sudah lagi bukan merupakan pertanda kelemahan. Justru, kehadiran agensi dapat memperkuat tim internal dan dapat membaut mereka lebih fokus dalam mengoptimalkan aspek-aspek yang menjadi core strength-nya. Berikut adalah bagaimana digital marketing agency menjadi missing piece yang menyempurnakan strategi pemasaran digital Anda:

1. Memberikan Akses ke Tenaga Ahli dengan Keahlian Sesuai Kebutuhan

Dari segi sumber daya, agensi memiliki tim spesialis dengan keahlian yang lebih diverse yang dapat menjadi kekuatan tambahan dalam mematangkan strategi pemasaran digital. Anda dapat mengakses tenaga para ahli tersebut sesuai dengan kebutuhan pemasaran tanpa harus merekrut mereka menjadi pegawai tetap. Hal ini tidak hanya memberikan fleksibilitas, namun juga efisiensi biaya yang tak terduga.

2. Menawarkan Sumber Daya yang Dapat Disesuaikan dan Dukungan Proyek

Apabila tim internal Anda kewalahan dan mengalami overload, menghubungi agensi untuk menjalin kerjasama adalah langkah yang paling bijak. Agensi memiliki sumber daya yang sangat mumpuni dalam mengatasi lonjakan pekerjaan dan memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh tim internal. Dengan demikian, tim inti Anda bisa fokus mengatasi tugas inti dan meningkatkan produktivitas di dalam perusahaan secara signifikan.

3. Membawa Perspektif Segar dan Praktek yang Tepat untuk Mendukung Bisnis

Berbeda dari tim internal yang seakan sudah menyatu dengan perusahaan, agensi merupakan pihak eksternal yang telah berpengalaman bekerjasama dengan berbagai klien dari berbagai industri. Hal ini membuat agensi memiliki pandangan yang lebih luas dan mampu memberikan perspektif yang menyegarkan dan ide-ide inovatif, beserta cara mengeksekusi strategi pemasaran yang lebih berkembang. Ide dan saran dari agensi sudah terbukti mampu menghasilkan efek positif untuk perkembangan bisnis brand.

4. Memanfaatkan Tools dan Teknologi Tercanggih untuk Mendukung Kinerja

Dalam menerapkan strategi pemasaran digital, agensi merupakan pihak yang memiliki pengalaman mendalam mengenai tools dan teknologi yang tercanggih. Mereka memiliki knowledge memadai dalam memilih alat maupun teknologi yang paling efektif dalam mengeksekusi dan mengoptimalkan kinerja kampanye pemasaran. 

5. Menyajikan Analisis Objektif 

Agensi bisa memberikan masukan konstruktif dan objektif mengenai strategi pemasaran yang Anda terapkan. Mereka turut memantau perkembangan hasil dari strategi tersebut melalui data analytic dan metrik dan dapat membantu brand mengidentifikasi aspek mana saja yang sudah membuahkan hasil maksimal, dan aspek lainnya yang masih membutuhkan perbaikan. 

Kesimpulan

Kolaborasi antara in-house team dan digital marketing agency adalah strategi yang sangat tepat untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan. Agensi merupakan perpanjangan dari tim in-house yang dapat membantu tim internal menyelesaikan berbagai tantangan dengan bekal tim ahli dan tools yang tepat. Growth marketing menjadi fokus utama dalam kolaborasi ini, di mana agensi membantu merumuskan strategi pemasaran yang efektif. 

Untuk itu, IDEOWORKS, sebagai digital marketing agency berpengalaman, dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari agensi mumpuni untuk mendukung kinerja tim. Agensi digital ini memiliki tim profesional yang dapat membantu merumuskan strategi pemasaran yang efektif serta membuat digital ads untuk Google dan Facebook yang sangat efektif untuk meningkatkan ROI. Hubungi IDEOWORKS untuk mulai kemitraan sekarang juga.

Tags

Further Reading: