Preloader
https://image.freepik.com/free-photo/presentation-financial-project_1098-14939.jpg

Apakah Content Marketing Anda Sudah Bekerja Dengan Baik?

Ide marketing terbaik mampu melayani kebutuhan user yang Anda coba jangkau dan memiliki strategi konten yang tepat. Rahasia untuk membuat konten yang konsisten dan berkualitas adalah dengan memastikan bahwa ide content marketing selaras dengan goals yang ingin dicapai oleh brand Anda. Untuk melihat apakah konten marketing tersebut sudah tepat dan bekerja dengan baik, umumnya social media agency berkaca pada 5 poin berikut.

Apakah Konten Tersebut Sudah Cukup Menarik Bagi User?

Hanya karena Anda berpikir ada hal yang menarik bukan berarti user Anda memiliki ketertarikan yang sama. Konten adalah media yang digunakan agar terhubung dengan user, bahwa dengan adanya konten ini, Anda memahami apa yang user butuhkan, dan brand Anda adalah solusinya. Untuk mencapai tujuan ini, identifikasi apakah ide Anda sudah sesuai dengan apa yang user inginkan dan butuhkan.

  • Fokus pada nilai. Apakah konten Anda ditujukan untuk mendidik, menghibur, atau menginspirasi pengguna.
  • Memberikan edukasi. Melalui konten, Anda bisa menunjukan bagaimana produk Anda dapat membantu kehidupan para penggunanya.
  • Lebih humanis. Setiap orang ingin berinteraksi dengan subjek bukan objek yang tak memahami bagaimana diri mereka. Oleh karena itu penting untuk membuat marketing content yang empatik.

Sebenarnya yang terpenting dalam membuat marketing content yang menarik adalah Anda yakin siapa target audiens Anda dan apa yang mereka minati.

Konten Tersebut Sudah Terdistribusi Dengan Baik 

Mendistribusikan konten yang tepat pada user yang tepat bukan hal yang mudah. Perlu kerja keras untuk memastikan konten yang Anda buat bisa dibaca oleh user yang diinginkan. Salah satu caranya dengan mengidentifikasi platform yang dapat membantu Anda menjangkau mereka. Berikut beberapa cara agar konten yang sudah Anda buat dapat terdistribusi dengan baik:

  • Ketahui channel yang akan Anda gunakan. Distribusi dapat mempengaruhi cara Anda membuat konten, jadi penting untuk mengetahui di mana konten ini akan ditampilkan.
  • Pilih format yang tepat. Setiap channel memiliki karakteristik konten yang berbeda. Misalnya, Instagram untuk foto atau LinkedIn untuk pembahasan text yang bersifat edukatif dengan penjabaran panjang.
  • Tentukan matriks keberhasilan. Anda tidak benar-benar bisa tahu ide tersebut bekerja jika tidak mengetahui bagaimana cara mengukur tingkat keberhasilannya. Tentukan goals dari ide konten yang Anda buat.

Konten Sudah Membangun Engagement Goal

Sebuah ide konten yang bagus bisa membuat Anda terhubung dengan audiens. Tapi, marketing content idea yang bagus bisa menginspirasi audiens dan membuat mereka melakukan tindakan. Apakah itu hanya sekedar menyimpan konten tersebut untuk mereka pribadi, membagikannya pada teman, atau bahkan melakukan pembelian. Oleh karena itu penting untuk membangun engagement goal yang jelas, dengan cara:

  • Sampaikan pesan yang tepat. Ide marketing yang tepat bisa mensupport key messaging yang ingin brand Anda sampaikan.
  • Sampaikan hal yang tepat di saat yang tepat. Petakan alur untuk memastikan jika konten yang disajikan mampu mengarahkan konsumen ke langkah berikutnya tanpa mereka sendiri sadari.

Analisa Hasil Content Marketing Anda dan Konsultasikan Dengan Ahli

Hanya karena brand lain melakukan sebuah ide konten yang keren, bukan berarti konten tersebut sesuai dengan brand Anda. Sama halnya karena sebuah campaign sedang tren di media bukan berarti brand Anda harus ikut. Ide content marketing yang baik adalah yang bisa menonjolkan karakter brand Anda.

Di atas segalanya, kunci content marketing yang baik adalah eksperimen dan literasi. Semakin banyak Anda mencoba, semakin banyak Anda belajar, dan semakin baik hasilnya. Dan jika Anda memerlukan sedikit dukungan atau bantuan ahli, kami IDEOWORKS.ID adalah partner yang tepat untuk Anda. Sebagai perusahaan yang menyediakan jasa social media management, IDEOWORKS.ID siap membantu Anda untuk membuat konten-konten yang menarik dan berkualitas.

Let’s talk about your brand