Saat ini, iklan YouTube semakin marak digunakan oleh banyak brand untuk menjadi bagian dari strategi digital marketing mereka. Mengingat jumlah penonton YouTube yang juga meningkat, tidak heran kalau tren iklan YouTube juga berkembang. Bahkan, beberapa brand memilih untuk bekerja sama dengan penyedia jasa pembuatan iklan YouTube agar konten yang dibuat bisa menarik perhatian penonton secara maksimal.
Tapi, apakah benar iklan di YouTube cukup efektif untuk strategi digital marketing suatu brand?
Promosi melalui iklan YouTube, apakah efektif?
Menurut DataReportal, jumlah penonton YouTube di Indonesia yang dapat dicapai dengan iklan adalah 139 juta penonton pada tahun 2022. Artinya, iklan di YouTube dapat mencapai sekitar setengah dari total populasi Indonesia. Padahal pada 2021, jumlah penonton YouTube di Indonesia ‘hanya’ mencapai angka 107 juta. Jadi, bukan tidak mungkin jumlah penonton YouTube akan terus meningkat. Selain itu, jumlah penonton tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penonton YouTube terbanyak ke-3 setelah India dan Amerika.
Statistik dari Global Media Insight menunjukkan bahwa 95% Gen Z dan milenial, atau sekitar umur 18-29 tahun, pernah menonton YouTube. Jika mereka adalah target audiens brand Anda, maka tidak ada salahnya Anda mencoba masuk ke dunia periklanan YouTube. Apalagi, data dari YouTube sendiri mengungkapkan bahwa kecenderungan mereka untuk membeli suatu barang akan naik dua kali lipat setelah melihatnya di YouTube.
Namun, sebelum menghubungi jasa professional pembuatan iklan YouTube, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis iklan yang tersedia di platform berbagi video ini.
Jenis-jenis iklan YouTube
Ada berbagai jenis iklan yang bisa ditayangkan melalui platform YouTube. Bahkan, tidak semuanya membutuhkan video untuk penayangannya. Memang, iklan apa saja yang bisa Anda tampilkan?
1. Non-skippable in-stream ads
Jenis pertama adalah non-skippable in-stream ads. Sesuai namanya, ini adalah bentuk iklan dalam video yang tidak bisa di-skip oleh penonton. Namun, durasi iklan dibatasi maksimal 15 detik saja agar penonton tidak terlalu terganggu. Umumnya, iklan jenis ini digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan reach.
2. Skippable in-stream ads
Berikutnya, ada skippable in-stream ads. Untuk iklan jenis ini, penonton dapat skip iklan setelah menontonnya selama lima detik. Oleh karena itu, Anda bisa memasukkan video yang lebih panjang untuk iklan YouTube jenis ini. Iklan jenis ini cocok digunakan untuk meningkatkan leads, website traffic, product and brand consideration, hingga sales.
3. Non-video ads
Jika tidak memiliki video, maka Anda bisa menggunakan layanan iklan yang satu ini. Jadi, Anda bisa menampilkan gambar atau teks di bagian bawah suatu video. Umumnya, teks berisi CTA untuk menuju ke website bisnis.
4. In-feed Video ads
Terakhir, ada in-feed video ads. Pada iklan jenis ini, penonton tidak langsung menonton iklan Anda. Melainkan, thumbnail dan judul iklan Anda akan muncul bersamaan dengan rekomendasi video lainnya, Misalnya saja, thumbnail akan muncul di hasil pencarian, di halaman depan aplikasi YouTube di smartphone, atau di bagian pinggir video yang Anda tonton bersama dengan rekomendasi video lainnya. Jadi, pada iklan jenis ini, penontonlah yang secara aktif akan memilih untuk menonton video Anda.
Contoh iklan YouTube dengan jumlah views tinggi
Belum tertarik untuk menggunakan layanan jasa pembuatan iklan YouTube? Kalau begitu, simak beberapa contoh iklan YouTube ini yang memiliki jumlah views tinggi:
1. Indoeskrim – Kisah Legenda Nusantara
Contoh pertama datang dari iklan Indoeskrim Nusantara. Video yang berjudul “Kisah Legenda Nusantara” ini memang berdurasi tiga menit. Namun, para penonton dengan sengaja menonton iklan ini secara penuh karena pengemasannya yang menarik. Bahkan, video tersebut saat ini telah ditonton hingga 4,6 juta kali.
2. Tokopedia – WIB Spesial Ulang Tahun ke-11
Berikutnya, ada iklan dari raksasa e-commerce Tokopedia yang memiliki judul “Promo WIB Spesial Ulang Tahun Tokopedia ke-11!”. Iklan ini sudah ditonton hingga hampir 10 juta kali.
3. GoJek – Ariel BM Karena GoSend
Terakhir, ada iklan kolaborasi antara Ariel Noah dengan layanan GoSend dari Gojek Indonesia. Tiga bulan semenjak dirilis, iklan berdurasi dua menit ini telah ditonton oleh 27 ribu pengguna YouTube.
Semakin efektif dengan jasa pembuatan iklan YouTube
Nah, agar performa iklan yang tampil di YouTube semakin efektif, Anda dapat menyerahkannya kepada jasa profesional pembuatan iklan YouTube yang telah berpengalaman. Misalnya, Anda bisa berkonsultasi dengan IDEOWORKS. IDEOWORKS adalah agensi digital marketing yang telah melayani ribuan klien untuk mempromosikan produknya. Salah satu layanan yang diberikan adalah layanan jasa pembuatan iklan YouTube. Tidak hanya pembuatan, IDEOWORKS juga dapat mengevaluasi jalannya kampanye dan memberikan saran perbaikan untuk kampanye berikutnya agar lebih maksimal.
Bisa dilihat, pembuatan iklan untuk platform YouTube adalah cara yang efektif untuk meraih target audiens brand Anda. Agar jangkauan tersebut lebih maksimal, jangan lupa gunakan jasa pembuatan iklan YouTube yang profesional, seperti IDEOWORKS. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan apa saja yang tersedia, klik di sini!