Preloader
social media management

Bagaimana Social Media Management Agency Bisa Bantu Kembangkan Bisnis Anda?

Media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, dan bisnis telah menyadari bahwa mereka dapat menggunakannya untuk keuntungan mereka. Namun, social media management bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarang orang, sebab hal ini memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Apalagi jika bisnis tersebut memiliki banyak hal yang harus dikelola. 

Di sinilah social media management agency ada untuk membantu bisnis meningkatkan cara mereka menggunakan media sosial demi keuntungan yang maksimal. Pada artikel ini, kami akan membahas strategi yang biasanya digunakan oleh social media management agency untuk mengembangkan bisnis Anda.

Strategi Social Media Management Agency untuk Kembangkan Bisnis

Jika berbicara mengenai media sosial, platform ini adalah platform yang membutuhkan kreativitas pengguna. Setiap bisnis bisa berkreasi dan membuat inovasi dalam penggunaan media sosial untuk bisnisnya. Namun, delapan strategi di bawah ini adalah yang umum dilakukan oleh social media management agency.

1. Membangun network

Salah satu manfaat paling signifikan dari media sosial adalah kemampuannya untuk menghubungkan orang. Sebelum digunakan para pebisnis sebagai alat marketing, media sosial dibangun untuk menghubungkan orang dari berbagai tempat yang berbeda.

Agensi manajemen media sosial dapat membantu bisnis terhubung dengan target audiens, influencer, dan bisnis lain yang relevan dengan industri Anda. Dengan membangun jaringan tersebut, Anda dapat menciptakan peluang, kolaborasi, dan kerja sama baru yang dapat menguntungkan brand Anda.

2. Membagikan informasi

Membagikan informasi mengenai brand, produk, promosi, ataupun event kepada audiens adalah salah satu konten utama ketika agensi mengelola media sosial kliennya. Dengan membagikan konten yang informatif dan mampu mengedukasi audiens, secara tidak langsung Anda menunjukkan bahwa brand Anda adalah yang terbaik di bidangnya.

Hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan kredibilitas brand di mata audiens. Tidak menutup kemungkinan, dengan menunjukkan hal tersebut, Anda bisa mendatangkan lebih banyak followers baru.

3. Meningkatkan brand awareness

Agensi manajemen media sosial juga dapat membantu bisnis Anda meningkatkan brand awareness; caranya adalah dengan membuat dan menerapkan kampanye media sosial yang menargetkan audiens yang Anda inginkan. 

Dengan menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan visibilitasnya.

4. Mengajak audiens untuk engage

Strategi utama lain yang kerap dilakukan agensi media sosial adalah mengajak audiens untuk terlibat dalam konten yang diunggah. Ada banyak cara audiens bisa terlibat dengan konten. Misalnya seperti menulis komentar, mengirim pesan, menyebarkan konten kepada temannya, membuat review, dan lain sebagainya.

Ketika ada audiens yang engage dengan konten, admin media sosial tersebut haruslah memberikan respons. Dengan menunjukkan bahwa brand peduli terhadap audiensnya, Anda bisa membangun bisnis yang dipercaya oleh pelanggan. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan engagement hingga penjualan.

5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan audiens

Strategi social media management agency lainnya adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi brand Anda dengan audiens. Ini dilakukan dengan menciptakan suara, tone, dan pesan yang konsisten dan jelas. 

Hal ini merupakan bentuk komunikasi brand yang efektif. Dengan melakukan hal tersebut, bisnis dapat menghindari kesalahpahaman, konflik, dan feedback negatif, sekaligus membangun hubungan positif dengan audiens.

6. Meningkatkan leads dan penjualan

Media sosial juga bisa digunakan untuk meningkatkan leads dan penjualan. Agensi manajemen media sosial dapat membantu Anda dalam hal ini. Caranya bisa dilakukan dengan berbagai hal, misalnya membuat kampanye media sosial yang menargetkan audiens yang spesifik, mempromosikan produk atau layanan, hingga menawarkan insentif seperti diskon, uji coba gratis, atau hadiah. 

Dengan mengubah pengikut media sosial Anda menjadi pelanggan, Anda dapat meningkatkan pendapatan dan mengembangkan bisnis Anda.

7. Menentukan KPI dan metrik yang paling penting

Sebelum menjalankan sebuah kampanye, penting sekali untuk menentukan KPI dan metrik. Tujuannya agar Anda memiliki patokan untuk mengukur keberhasilan kampanye. Menentukan KPI dan metrik juga merupakan strategi yang dilakukan agensi.

Beberapa metrik yang sering kali dipakai adalah engagement, reach, impression, konversi, dan ROI. Metrik-metrik tersebut sudah cukup untuk bisa mengukur keberhasilan kampanye, mengidentifikasi area yang harus diperbaiki, serta menyesuaikan strategi selanjutnya dengan data dari metrik.

8. Mengevaluasi dan meningkatkan strategi

Terakhir, agensi dapat membantu brand Anda dalam mengevaluasi dan meningkatkan strategi. Caranya adalah dengan menganalisis data, memberikan feedback, dan memberikan rekomendasi berdasarkan data yang dimiliki.

Cara Memilih Social Media Management Agency

Sekarang setelah Anda mengetahui strategi yang digunakan oleh agensi manajemen media sosial untuk meningkatkan bisnis Anda, saatnya memilih yang tepat untuk kebutuhan Anda. Berikut adalah empat faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih agensi manajemen media sosial.

1. Pelajari portofolionya

Periksa portofolio agency untuk melihat apakah mereka pernah mengelola platform media sosial untuk bisnis yang serupa dengan milik Anda. Hal ini akan memberi Anda gambaran tentang keahlian mereka dan hasil yang sudah mereka capai.

2. Perhatikan social medianya

Periksa profil media sosial agency dan lihatlah kualitas konten mereka. Perhatikan pula bagaimana mereka engage dengan pengikut mereka. Dari sini, Anda bisa mendapat gambaran tentang bagaimana mereka akan mengelola platform media sosial Anda dan apa yang dapat Anda harapkan dari mereka.

3. Sesuaikan dengan value perusahaan Anda

Carilah agensi yang memahami bisnis, industri, dan audiens Anda. Periksalah apakah mereka memiliki nilai yang sama dengan bisnis Anda, seperti transparansi, kejujuran, dan etis. 

4. Ketahui testimoni client

Untuk mengetahui reputasi agensi, carilah testimonial dari klien mereka. Perhatikan apa yang mereka katakan tentang keterampilan komunikasi agensi, daya tanggap, kualitas kerja, serta hasil dari pekerjaan mereka.

Agensi manajemen media sosial menggunakan berbagai strategi untuk meningkatkan bisnis Anda, seperti membangun network, meningkatkan brand awareness, engage dengan audiens, dan lain sebagainya. Sebagai pemilik sebuah bisnis, Anda perlu cermat dalam memilih agensi yang tepat. 

Maka dari itu, rekomendasi social media management yang berpengalaman menangani berbagai brand seperti IDEOWORKS bisa menjadi solusi untuk kebutuhan Anda. Mari konsultasikan kebutuhan manajemen media sosial Anda dengan IDEOWORKS!

Let’s talk about your brand