Preloader
Biar Optimal, Ini 8 Tools Pilihan Facebook Marketing Agency

Biar Optimal, Ini 8 Tools Pilihan Facebook Marketing Agency

Data dari Statista menyebutkan bahwa Facebook memiliki setidaknya 2,934 miliar pengguna aktif (per Juli 2022). Ini menunjukkan bahwa Facebook masih menjadi platform yang potensial untuk memasarkan produk.

Menariknya, pemanfaatan Facebook sebagai media marketing pun dapat dioptimalkan dengan penggunaan tools. Artikel kali ini akan membahas beberapa tools pilihan Facebook marketing agency yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing Anda.

Kenapa bisnis harus mencoba Facebook marketing?

Banyak yang menganggap bahwa Facebook sebagai media sosial sudah mulai ditinggalkan dan kalah pamor dengan platform lain seperti Instagram. Namun, untuk kebutuhan digital marketing, Facebook justru memiliki banyak keuntungan, di antaranya:

– Jangkauan audiens yang luas

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian awal, pengguna Facebook masih terhitung tinggi, bahkan masih ada di angka miliaran. Dalam konteks pemasaran, angka tersebut dapat diartikan sebagai potensi jangkauan audiens yang besar. Itu artinya, memasarkan produk Anda di Facebook akan lebih mudah cepat menjangkau prospek.

– Mudah untuk digunakan

Sebagai salah satu media sosial populer, Facebook tentu sudah familier bagi banyak orang. Ternyata, ini pun tidak hanya berlaku pada media sosialnya saja, tapi tools marketing yang ada di Facebook pun mudah digunakan, bahkan oleh marketer pemula.

– Relatif lebih terjangkau

Bagi Anda yang baru merintis bisnis sendiri, Facebook marketing adalah solusi terbaik. Pasalnya, platform ini menetapkan biaya sesuai kebutuhan. Anda diperkenankan memilih layanan sesuai dengan bujet yang tersedia. Dengan begitu, Anda pun bisa berhemat.

8 Tools gratis untuk membantu strategi Facebook marketing

Untuk mengoptimalkan strategi Facebook marketing, ada beberapa tools gratis yang dapat Anda gunakan. Berbagai tools ini juga biasanya menjadi pilihan Facebook marketing agency terbaik.

1. Facebook Ads Manager

Tool ini dilengkapi dengan Automated Rules yang memungkinkan Anda menerapkan ketentuan berdasarkan pembelanjaan, hasil, dan frekuensi ke campaign dan iklan Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu terus-terusan memantau, menyesuaikan, dan mengoptimalkan karena Automated Rules Facebook Ads Manager sudah menjalankannya secara otomatis.

2. Socialoomph

Tool pihak ketiga ini dapat Anda gunakan untuk menjadwalkan waktu tayang konten. Socialoomph menawarkan akun gratis yang dapat mengunggah hingga tiga konten per jamnya. Anda juga bisa upgrade ke paket premium dengan harga mulai dari US$15 per bulan.

3. Buffer

Menggunakan Buffer, Anda dapat merencanakan dan menayangkan konten ke berbagai platform media sosial; mulai dari Facebook, Instagram, LinkedIn, hingga Pinterest, semuanya bisa dilakukan hanya dalam satu dashboard saja. Akun gratis Buffer dapat digunakan untuk mengelola tiga akun media sosial yang berbeda.

4. Fanpage Karma

Ini merupakan sebuah tool analitik dan pemantauan media sosial. Tool ini menyediakan fitur untuk membuat, merencanakan, dan menayangkan konten marketing Anda. Dengan Fanpage Karma, Anda dapat menganalisis interaksi media sosial brand secara real-time dan bahkan memantau interaksi media sosial pesaing Anda.

5. ShortStack

ShortStack adalah sebuah platform untuk menjalankan campaign dan mengukur hasilnya. Menggunakan ShortStack, Anda dapat merancang campaign di Facebook dan kemudian memantau perkembangannya. Tool ini juga menyediakan widget yang dapat digunakan untuk mendistribusikan campaign Anda di Facebook, Instagram, Twitter, hingga LinkedIn.

6. Canva

Canva merupakan tool desain yang mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. Anda dapat menggunakannya untuk membuat gambar dan mendesain grafis untuk media sosial hingga presentasi. Tool ini juga dilengkapi dengan fitur editing yang lengkap serta kumpulan template yang bisa Anda gunakan untuk mendesain konten promosi di Facebook.

7. Likealyzer

Selanjutnya ada Likealyzer. Tool yang satu ini memberikan laporan gratis mengenai Facebook Page brand Anda. Dari situ, Anda bisa mengetahui titik kelemahan brand dan peluangnya saat dibandingkan dengan kompetitor. Menariknya, Likealyzer juga memberikan tips simpel yang bisa langsung Anda terapkan agar campaign berjalan sukses.

8. CoSchedule’s Headline Analyzer

Terakhir ada CoSchedule’s Headline Analyzer. Ini merupakan sebuah tool untuk Facebook marketing gratis yang dikhususkan pada pembuatan headline. Dengan dukungan CoSchedule’s Headline Analyzer, Anda bisa menemukan inspirasi dalam menulis headline yang dapat meningkatkan traffic. Nantinya, headline tersebut pun dapat dipantau perkembangannya.

 Dari sini, bisa dilihat bahwa sebenarnya ada banyak tool Facebook marketing gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan strategi digital campaign yang sedang berjalan. Anda bahkan dapat mengombinasikan beberapa tools sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Namun, jika Anda masih belum begitu familier dengan strategi marketing di Facebook, tidak ada salahnya untuk mempercayakan pada Facebook marketing agency Jakarta seperti IDEOWORKS.

Sebagai sebuah integrated digital marketing agency, IDEOWORKS telah berpengalaman dalam menangani digital campaign di berbagai platform media sosial, termasuk Facebook. Tertarik? Untuk informasi lebih lanjut mengenai IDEOWORKS sebagai Facebook marketing agency terbaik, silakan hubungi kami di sini.

Let’s talk about your brand