Preloader
Brand Awareness Rendah? Coba Tips ala Digital Creative Agency Jakarta Ini!

Brand Awareness Rendah? Coba Tips ala Digital Creative Agency Jakarta Ini!

Dalam perjalanan bisnis, pasti Anda menemukan hambatan dan tantangan dalam meningkatkan brand awareness. Sudah bukan rahasia lagi ketika menjalankan bisnis, membangun brand awareness penting di era digital. Biasanya cara ini digunakan marketer maupun jasa digital creative agency Jakarta dalam menghadapi kompetisi market. Mereka memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Selain itu, menjadi solusi di kala bisnis Anda mengalami brand awareness rendah dan membutuhkan tenaga untuk kembali bersaing dengan kompetitor. Atas dasar kebutuhan itu, artikel ini membantu bisnis Anda mencoba mengikuti tips ala digital creative agency Jakarta dalam meningkatkan brand awareness.

Hal pertama yang perlu Anda pahami dari layanan digital creative agency Jakarta adalah elemen desain. Semisal warna, simbol, bahkan logo yang dapat membangun dan mendistribusikan ingatan dan perspektif terhadap sebuah brand kepada publik. Karena brand awareness hadir bagi bisnis ketika konsumen lebih cenderung membeli produk yang berasal dari brand yang dikenalnya (bukan hanya populer).

Sebuah data melansir dari Nielsen Global New Product Innovation Survei telah menunjukkan, 59% konsumen secara langsung dapat memilih dan membeli produk yang dibuat oleh brand paling mudah diingat oleh mereka.

Dalam hal inilah, tak jarang pebisnis menggunakan jasa digital creative agency Jakarta yang bisa memanfaatkan platform social media yang tengah menjadi daya tarik konsumen, seperti Instagram, Facebook hingga TikTok. Tapi, bagaimana peran digital creative marketing agency Jakarta dalam meningkatkan brand awareness bagi kelangsungan bisnis secara tepat? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini.

Pentingnya Brand Awareness

Ketika bisnis Anda memiliki tingkat brand awareness rendah, ini adalah masalah serius yang harus ditingkatkan. Selain mempengaruhi pembelian produk atau layanan, bisnis Anda bisa kehilangan pasar. Namun sebaliknya, bila brand awareness meningkat, itu akan menjadi alat ukur kinerja sebuah branding, sehingga konsumen dapat terus melakukan pembelian.

Banyak pebisnis maupun perusahaan berkembang bahkan terus berinvestasi memperbaiki dan meningkatkan brand awareness setiap tahunnya. Hal ini merupakan kunci dalam perencanaan marketing dan strategy development bisnis. Apa saja kunci penting brand awareness dalam meningkatkan bisnis?

  • Brand recognition (aided recall), kemampuan konsumen untuk mengenali produk ketika audiens melihat, mendengar langsung produk tersebut.
  • Brand recall (unaided recall), mengacu kepada aspek kemampuan konsumen dalam mengingat nama sebuah merek berdasarkan kategori produk tersebut. Dimana dalam kunci ini, audiens cukup mendengar kategori atau melihat selintas produk, lalu secara langsung mengingat produk tersebut.
  • Top-of-mind awareness, mengacu pada merek atau produk tertentu yang muncul dalam ingatan saat masyarakat sedang melihat sesuatu yang berhubungan dengan produk.

Ketika masyarakat atau konsumen telah mengenai tiga kunci di atas pada suatu brand bisnis, maka mereka telah berhasil membangun brand awareness. Dari poin-poin di atas, brand awarenes memang menjadi aset terbesar di era digital suatu bisnis.

Oleh karena itu, berhasil tidaknya suatu bisnis bisa terletak pada kemampuan Anda mengoptimalkan strategi dalam meningkatkan brand awareness. Terlebih ketika bisnis baru dirintis, Anda butuh perhatian dari jasa digital creative agency Jakarta untuk melakukan strategi tersebut. Berikut ini strategi ala digital creative marketing agency Jakarta yang bisa Anda terapkan.

Tips ala Digital Creative Agency

Harus kreatif

Kreativitas tentu harus selalu ada dalam benak pebisnis atau marketer dalam meningkatkan brand awareness. Ide yang segar dan solutif harus ada di setiap implementasi branding. Mungkin cara ini bisa sederhana atau rumit, tetapi setiap hasilnya pasti tidak akan pernah salah. Misalnya membuat konten harus unik dan original, agar menarik perhatian audiens. Selain itu ada iklan, poster, website, dan social media yang dapat di planning secara teratur dan kreatif agar audiens mudah mengenal brand bisnis Anda secara masif.

Ketika audiens tertarik pada suatu konten branding, mereka harus terus membicarakan atau bisa mengajak keluarga, teman, dan orang-orang sekitar untuk menggunakan brand tersebut. Caranya dengan buat tagline sederhana nan informatif dalam mempresentasikan merek. Sehingga, audiens dapat dengan mudah mengasosiasikannya ketika mendengar atau membaca tagline merek dimanapun berada.

Hal inilah yang dilakukan jasa digital creative marketing agency Jakarta ketika mendistribusikan tagline yang terlihat sederhana, tetapi tidak asal-asalan. Pemilihan kata, makna, dapat mewakili merek, serta dekat dengan kehidupan sehari-hari audiens.

Kesempatan mengikuti Event

Cara satu ini paling mudah dan efektif untuk memperkenalkan brand/mereka bisnis secara langsung (offline). Pada umumnya, sebuah event atau acara akan mendatangkan banyak orang—itu menjadi poin penting brand mendapatkan exposure. Anda bisa join dengan promotor untuk membuka booth, agar tepat sasaran, pilihlan event-event yang partisipannya sesuai target market bisnis Anda.

Pendekatan via Social Media

Pendekatan via social media di sini merupakan wujud aktif dalam membangun citra bisnis dengan cara terbaik agar lebih dekat dengan audiens. Alasan utamanya adalah masyarakat atau pengguna social media yang masif memberikan keuntungan bagi bisnis di era digital.

Melansir Digital Around The World 2019, Indonesia memiliki lebih dari 150 juta pengguna social media dari total 268 jiwa. Data ini setidaknya jadi acuan Anda untuk bisa meluangkan waktu 3 jam 26 menit saja mengakses social media untuk tujuan apapun. Agar brand dapat mudah dikenal, gunakan fitur promotion atau ads social media. Ads merupakan solusi jitu meningkatkan brand awareness via social media.

Layanan digital creative agency Jakarta mampu menerapkan strategi social media ads sebagai bentuk upaya pendekatan branding ke audiens dengan menjangkau target pasar secara luas.

Tektik SEO itu Penting

Selain social media, teknik SEO juga mempengaruhi brand awareness terhadap website bisnis Anda melalui distribusi konten. Sebelum menerapkan teknik SEO ini, Anda perlu memahami betul konsep dasar dari Off Page SEO dan On Page SEO. Kedua teknik ini memiliki banyak kata kunci (keywords) pencarian oleh target user Anda, otomatis mereka dapat mengetahui, mengenal brand Anda.

Layanan digital creative agency Jakarta menerapkan cara ini cukup berhasil. Mereka dapat menciptakan sebuah penulisan konten informasi, termasuk mengoptimalkan tulisan berbasis keyword. Melalui teknik SEO, sedikit berbeda dari teknik beriklan. Namun, bila dilakukan dengan konsisten dan terstruktur, konten branding Anda akan bertahan lama di peringkat teratas pencarian.

Kolaborasi dengan Brand (Co-Branding)

Cara selanjutnya memungkinakan bisnis Anda mencari partner bisnis yang bisa diandalkan untuk saling menguntungkan. Melalui kolaborasi dengan brand lain (co-branding) , Anda dapat meraih perhatian lebih audiens secara cepat. Namun, dalam menjalankan strategi co-branding, pastikan brand yang dapat membantu Anda memiliki profil konsumen yang sama dengan bisnis Anda (atau brand lebih besar), bukan yang memiliki citra buruk. Tujuannya, sudah pasti untuk mengangkat citra brand Anda sekaligus.

Nah, itulah tips jitu ala digital creative agency Jakarta untuk Anda meningkatkan brand awareness secara tepat dan cepat. Atau bila Anda sibuk dan tak perlu repot dalam mengelola cara tersebut untuk mencapai target brand awareness, IDEOWORKS siap membantu. Dengan bantuan dari IDEOWORKS, jasa digital creative agency Jakarta, brand awareness bisa dilakukan dengan cara yang out of the box. Bahkan, mencapai hasil yang cukup signifikan. Yuk, hubungi IDEOWORKS, sekarang!

Let’s talk about your brand