Preloader
Happy young Asian businessmen and businesswomen meeting brainstorming ideas about new paperwork project colleagues working together planning success strategy enjoy teamwork in small modern office.

Brand Identity = Growth Strategy: Jurus CMO untuk Menang di Banyak Pasar

Identitas brand tidak hanya tentang membuat logo saja, tapi juga mengatur scalable brand identity system untuk mendistribusikan sumber daya secara merata, agar dapat mencapai target perusahaan di pasaran. Bagi para CMO yang mengelola pertumbuhan perusahaan di kawasan regional, sistem identitas yang kuat dapat meningkatkan kepercayaan diri investor, menarik produk kurang laris dari pasaran, dan membuat penyesuaian lintas budaya. Lantas, bagaimana dengan identitas brand? Apa fungsinya? Berikut ulasan selengkapnya:

Apa Makna Identitas Brand yang Sebenarnya?

Identitas brand terdiri dari komponen seperti berikut:

  • Brand Voice

Gaya dan karakteristik brand yang unik, tersampaikan melalui cara brand berkomunikasi, baik melalui tulisan, verbal, atau visual.

  • Tone

Nada emosional brand – baik itu terkesan ramah, profesional, ceria, atau memegang kendali – dibuat sedemikian rupa agar beresonansi dengan target audiens.

  • System

Kerangka konsep yang jelas mengenai elemen brand, yaitu logo, tipografi, visual, messaging, dan template. Semuanya dapat terus berkembang secara konsisten di berbagai channel dan wilayah.

  • Purpose

Tujuan yang sebenar-benarnya di balik brand Anda, the why” yang kuat, yaitu meliputi misi, nilai-nilai brand, komitmen jangka panjang, dan bukan sekadar penjualan saja.

Maka, esensinya, identitas brand tidak hanya mempengaruhi visual saja, seperti logo. Namun, identitas brand juga mempengaruhi ekuitas dalam jangka panjang. Seperti contoh studi kasus dari Kantar dan Interbrand, mereka menemukan bahwa regional brand consistency bisa berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen.

Kutipan:

“Ketidakkonsistenan bisa menghancurkan kepercayaan. Identitas brand yang kuat adalah nilai tukar paling berharga.” — Regional Marketing Director, Singapura

Kutipan ini menyoroti betapa pentingnya scalable brand identity system di lintas pasar yang dinamis. Terlepas dari itu, identitas brand juga menghadapi sejumlah tantangan. Apa saja?

Tantangan Regional yang Harus Dapat Diatasi Oleh Identitas Brand

Berikut tantangan yang biasa dihadapi dalam strategi marketing dengan identitas brand:

  • Perbedaan Tingkat Kedewasaan

Penjualan produk dan jasa yang menarik konsumen di Singapura, dipengaruhi oleh reputasi brand, sedangkan di Indonesia dipengaruhi oleh promo. Perbedaan yang terjadi karena letak wilayah yang berbeda ini, membutuhkan brand expansion strategy Indonesia yang lebih baik lagi, dibuat berdasarkan kebiasaan belanja masyarakat lokal.

  • Fleksibilitas dalam Pembuatan Script

Pesan yang disampaikan harus disesuaikan dengan lingkungan budaya dan bahasa setempat, dalam hal ini terkait script atau keluwesan bahasa, contohnya Bahasa Indonesia vs Taglish atau Tagalog-English, tapi tetap, script juga harus sesuai dengan strategi awal terkait brand identity strategy Southeast Asia.

  • Warna, Simbol dan Humor Bernuansa Lokal

Humor, simbolisme dan bahkan skema warna, biasanya memiliki makna yang berbeda di tiap negara. Untuk dapat memasuki berbagai pasar di Asia Tenggara, agensi yang memiliki keahlian di bidang brand design agency SEA, dapat membantu merancang konsep visual secara yang efektif.

Kini, lihat identitas strategis yang penting berkaitan dengan tim manajemen internal dan eksternal.

Identitas Strategis untuk Pemegang Kepentingan Internal dan Eksternal

Sistem identitas brand yang kuat akan mendukung tiga kategori berikut:

  • Dari Sisi Investor

Investor akan mendapatkan  kejelasan, kepercayaan diri, dan konsistensi naratif. Inilah mengapa brand equity Southeast Asia begitu penting, karena siapa pun investor yang mendukung pertumbuhan Anda, mereka pasti ingin melihat brand story yang bisa melampaui batas wilayah dan budaya.

  • Dari Sisi Marketing Rekrutmen

Aspek ini meliputi kebudayaan yang menginspirasi desain dan tone elemen pemasaran, seperti iklan dan lainnya. Semua elemen pemasaran, kampanye rekrutmen, dan komunikasi internal, semuanya akan menjadi lebih rich jika disesuaikan dengan desain, tone dan storytelling yang bernuansa lokal. Maka, multimarket branding strategy ini dapat mengoptimalkan akuisisi talent regional, seperti halnya mengoptimalkan akuisisi customer.

  • Kendali Franchise atau Lisensi Lintas Pasar

Dibutuhkan pengelolaan yang kuat untuk menjaga standar brand, saat kita mengajukan franchise atau lisensi dengan sistem yang berbeda, karena adanya perbedaan wilayah. Inilah peran penting dari branding consultancy Jakarta / SEA, yaitu membuat perlindungan yang dapat mempertahankan identitas brand, tanpa membatasi kreativitas yang bernuanda budaya lokal.

Cara IDEOWORKS Membangun Sistem Identitas Pasar yang Tumbuh dan Berkembang

Berikut tiga strategi yang dapat memberikan gambaran, tentang cara kerja agensi seperti IDEOWORKS, dalam meningkatkan peran dan fungsi brand identity:

  • Merancang Ulang Identitas Bersama Brand

Merancang ulang identitas bersama dengan brand, bukan diserahkan kepada pihak manajemen atas hingga bawah. Bersama, tim C-suite, marketing dan frontline, akan merancang voice, tone, arah visual dan purpose dari identitas brand tersebut. Maka, tentu saja cara Ideoworks merancang brand identity strategy Southeast Asia, tetap mengutamakan fokus untuk meningkatkan pembelian konsumen agar selalu konsisten.

  • Menggunakan Alat-Alat yang Adaptif

Menggunakan alat-alat atau toolkits yang fleksibel untuk pembuatan identitas brand, agar dapat digunakan tim internal. Toolkits tersebut di antaranya seperti template modular, naskah yang disesuaikan secara lokal, dan pustaka aset. Dengan begitu, tim lokal dapat membuat materi tanpa menyimpang dari regional brand consistency.

  • Membuat Buku Panduan untuk Penjelasan

Merancang buku panduan hidup yang membuat rincian tentang standar brand, gaya bahasa, penggunaan warna, penerapan aset, dan template, semuanya disesuaikan untuk setiap pasar. Buku panduan ini lantas didistribusikan kepada pemegang waralaba, pengecer, agensi media dan juga tim internal. Panduan ini pun tidak hanya menjelaskan “apa” yang harus dilakukan, tapi juga “mengapa.” Maka, buku panduan ini menjadi landasan penting dalam CMO playbook for brand expansion.

Kesimpulan

Sistem brand identity yang kuat bukan sekadar estetika—ini adalah mesin strategis untuk brand expansion strategy Indonesia dan kawasan lainnya. Sistem ini membangun ekuitas, menyelaraskan para pemangku kepentingan, serta memungkinkan adaptasi yang gesit lintas budaya. Bagi para CMO, berinvestasi dalam scalable brand identity system dan CMO playbook for brand expansion adalah hal yang krusial untuk meraih kesuksesan di lanskap Asia Tenggara yang beragam dan kompetitif.

Maka dari itu, Anda perlu memilih dan bekerja sama dengan ahli yang tepat seperti Ideoworks. Agensi kami memiliki spesialisasi sebagai brand design agency SEA, multimarket branding strategy, sekaligus branding consultancy Jakarta / SEA yang menawarkan keahlian regional serta kerangka tata kelola yang sesuai. Hubungi Ideoworks sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Tags

Further Reading: