Pernah atau sedang merasa, kok sepertinya brand atau bisnis kamu belum dikenal orang? Tenang, itu bukan sepenuhnya salah kamu karena bisa jadi yang kamu perlu lakukan adalah mengenal apa itu digital creative campaign. Digital creative campaign memang pilihan paling rasional ketika tujuan yang kamu ingin raih adalah agar bisnis atau produk kamu diketahui banyak orang, yang ujungnya membuat audiens tertarik melakukan transaksi atau sales. Dan pada pemahamannya, digital creative campaign adalah sebuah kampanye digital yang dilakukan dengan memanfaatkan kreativitas untuk menciptakan inovasi yang bikin audiens tahu bisnis kamu, hingga kemudian itu membekas di memori mereka dan bikin mereka tertarik membeli produk dari bisnis kamu.
Kenapa digital creatice marketing campaign bisa sedemikian krusialnya? Jawabnya mudah saja, sebab di masa sekarang, hampir semua orang punya handphone atau laptop dan mereka bisa mengoperasikannya. Dan jangan lupa, mayoritas orang memang menghabiskan waktunya di dunia digital atau dunia maya. Tak pelak, digital creative campaign jadi hal penting bagi banyak perusahaan untuk memasarkan, menjual, hingga membangun citra bisnis atau produknya di pasar.
Gimana, mulai tertarik memahami lebih jauh soal apa saja layanan digtial creative campaign yang ada dan bisa dicoba?
Kita coba telaah satu per satu ya. Yang pertama adalah ad campaign atau kampanye iklan. Simpelnya, ini adalah rangkaian iklan yang terkoordinasi dengan suatu tema tertentu yang sudah disepakati sejak awal. Kampanye iklan ini biasanya ditayangkan di beberaoa saluran media mulai dari televisi hingga media sosial. Kampanye iklan normalnya bisa berlangsung berminggu-minggu, bahkan hitungan bulan sampai tahun. Dan umumnya, kampanye jenis ini berfokus pada satu produk yang sama dan dikemas dengan level kreativitas yang tinggi sebab seperti ditulis di awal, kampanye ini bisa berlangsung dalam durasi waktu lama. Dan hasilnya biasanya akan lebih terasa masif dibanding jika misal kamu melakukan iklan secara sporadis alih-alih sistematis.
Yang kedua adalah social media campaign atau kampanye digital di media sosial. Kamu tentu tahu dong, kalau digital creative campaign mustahil lepas dari media sosial. Simpelnya, kampanye seperti ini bertujuan memperkuat atau membantu tujuan bisnis kamu dengan memanfaatkan media sosial, bisa Instagram, TikTok, bahkan Facebook dan Twitter. Tapi patut dipahami juga, kampanye jenis ini butuh kejelian karena demografi tiap media sosial sangat berbeda dan punya corak pengguna yang berbeda-beda di tiap platform. Jadi pastikan dulu kamu punya target pasar yang spesifik sehingga kampanye media sosial kamu bisa tepat sasaran dan berjalan efektif.
Oke lanjut yang ketiga yakni event campaign atau kampanye dengan event atau acara. Kampanye jenis ini normalnya berjalan offline atau luring, namun kegiatan publisitas tetap dilakukan secara daring alias online. Dan tentu saja, ini termasuk ke dalam digital creative campaign karena prosesnya melibatkan semua channel baik daring atau luring. Kegiatan kampanye ini bertujuan untuk menarik perhatian publik dan berupaya mempengaruhi mereka untuk jadi sasaran target produk atau bisnis kamu.
Dan yang terakhir, atau poin keempat adalah branding. Branding sendiri bisa bermakna luas namun untuk sederhananya bisa dipahami sebagai kegiatan yang dilakukan sebagai proses membesarkan suatu produk atau brand tertentu. Ini penting buat bisnis kamu karena di kampanye terkait branding ini, kamu bisa mengenalkan produk yang ingin kamu tawarkan sekaligus membentuk citra publik untuk produk tersebut.
Dalam hal ini, proses digital creative campaig yang terjadi wajib mempersiapkan segala prosesnya mulai dari membangun brand, menyiapkan tema kampanye terkait produknya, hingga pemantauan secara berkala pada persepsi publik terhadap brand atau produk yang sedang dikampanyekan. Di atas kertas, hal-hal tadi memang cukup mudah dilakukan, bahkan jika kamu baru memulai bisnis kamu sendiri. Namun jika kamu kebingungan dan merasa butuh bantuan profesional untuk layanan digital creative campaign, IDEOWORKS bisa jadi solusi terbaik buat kamu.
Jadi, apa kamu sudah siap melakukan digital campaign yang kreatif dan profitable?