Kehadiran Artificial Intelligent (AI) mengubah segalanya. Salah satunya, AI mempengaruhi cara konsumen dalam menemukan produk yang dicarinya secara online. Maka dari itu, CMO perusahaan perlu memikirkan cara untuk menyesuaikan strategi digital marketing dan mengintegrasikannya dengan AI. Lantas, seperti apa sebenarnya pengaruh AI terhadap bisnis?
Pengaruh AI Terhadap Bisnis
Strategi SEO brand kini harus semakin bekerja keras, karena munculnya AI. Selama bertahun-tahun, bisnis dan perusahaan paling bergantung pada search engine optimization atau SEO dan media sosial untuk membuat website brand mereka terlihat dan ditemukan di mesin pencarian.
Namun, menurut David Erickson, Senior Director of AI & Emerging Technology, cara kerja mesin pencarian kini berubah karena sistemnya menggunakan AI. Perubahan ini juga turut menjadikan strategi digital marketing termasuk SEO dan media sosial kurang efektif. Secara garis besar, berikut pengaruh AI terhadap bisnis:
1. Menyebabkan Zero-Click
Kini, Google, melalui AI-nya, menyediakan jawaban instan untuk consumer dan audiens. Audiens tidak lagi perlu mengklik tautan website karena AI Google secara otomatis merangkum informasi dan menampilkannya di posisi teratas. Cukup ketik kata kunci, dan jawaban langsung muncul.
Dampaknya, perilaku user berubah, mereka mendapatkan informasi tanpa membuka website, sehingga jumlah klik menurun drastis. Ini bisa memengaruhi traffic ke situs brand dan mengubah strategi SEO secara signifikan.
2. Mengubah Visibilitas Brand
Platform media sosial seperti Facebook, kini semakin memprioritaskan konten native seperti gambar dan video dibandingkan tautan atau link eksternal. Artinya, meskipun Anda menyertakan link dalam postingan, peluang konten tersebut untuk menjangkau lebih banyak audiens jadi lebih kecil.
Di era AI saat ini, bahkan jika brand Anda berhasil menduduki peringkat teratas di hasil pencarian Google, itu saja belum cukup. Algoritma media sosial cenderung mengabaikan konten berisi link dan lebih “tertarik” pada format visual seperti video pendek atau gambar interaktif.
Jadi, di hasil pencarian Google, AI tidak menampilkan informasi secara acak. Sistem AI memilih dan menampilkan konten dari website yang dinilai paling relevan dan kredibel. Jadi, meskipun website Anda sudah berada di halaman pertama Google, itu belum cukup. Strategi konten perlu lebih taktis agar terpilih dan ditampilkan langsung oleh AI di hasil pencarian teratas.
Di sisi lain, AI juga mempengaruhi multichannel marketing. Secara sederhana, multichannel marketing adalah strategi pemasaran dengan cara berinteraksi dengan konsumen melalui berbagai channel direct dan indirect, untuk menjual produk dan jasa kepada mereka.
Kini, banyak strategi yang selama ini dijalankan oleh digital marketing agency harus disesuaikan ulang agar tetap efektif di era AI. Maka, pertanyaannya, apa langkah konkret yang bisa dilakukan CMO untuk tetap unggul dalam ekosistem digital marketing saat ini?
Strategi Tepat untuk CMO
Baik CMO internal di perusahaan maupun berkolaborasi dengan marketing agency, penting untuk melakukan strategi yang tepat, untuk menyesuaikan diri dengan era AI dan multichannel yang terus berfluktuasi ini. Berikut tips strateginya:
-
Membuat Konten Mengikuti Kebutuhan AI
Sebagai salah satu elemen digital marketing, pembuatan konten harus sesuai apa yang dicari oleh AI. Model AI mengutamakan sumber informasi yang berkualitas tinggi dan bisa diandalkan. Menurut Erickson, E.E.A.T (Expertise, Experience, Authoritativeness, Trustworthiness) Google adalah kunci penting dalam membuat konten yang akan dibaca dan dipilih oleh AI.
E.E.A.T. adalah empat pilar penilaian kualitas konten yang digunakan Google. Pastikan konten yang Anda buat berdasarkan fakta, disusun dengan struktur yang jelas, dan ditulis oleh sumber yang memiliki kredibilitas. Dengan begitu, sistem AI Google akan lebih mudah mengenali kualitasnya dan memberikan posisi yang lebih unggul di hasil pencarian.
-
Berhenti Berburu Klik dan Fokuskan Engagement
Digital ads memang penting jika Anda berburu klik, sedangkan engagement sebenarnya jauh lebih penting lagi. Karena sekarang, mesin pencarian dan media sosial tidak lagi mengutamakan konten yang memuat link eksternal, maka, brand Anda harus fokus pada konten murni yang benar-benar bertujuan menarik engagement.
Untuk itu, Anda dapat membuat konten yang berisikan video, carousel, dan postingan interaktif, agar dapat meningkatkan jumlah audiens yang mengakses konten tersebut secara organik. Anda juga bisa membuat artikel yang panjang, atau konten dalam bentuk laporan, serta podcast yang dapat membangun reputasi brand Anda, untuk menjadikan brand Anda sumber terpercaya untuk mendapatkan informasi.
-
Mengadakan Audit Brand AI
Berkaitan dengan marketing technology, salah satu langkah yang paling nyata yang bisa dilakukan oleh CMO adalah mengadakan audit brand. Tujuannya untuk mendapat evaluasi secara sistematis, tentang cara AI menangkap dan merepresentasikan brand melalui mesin pencarian, media sosial dan komunikasi.
Maka, Anda bisa mempertimbangkan kunci penting berikut:
- Bagaimana AI membuat rangkuman tentang brand Anda?
- Sumber apakah yang digunakan oleh AI untuk mendapatkan informasi?
- Apakah kompetitor Anda berada di posisi yang lebih tinggi dari Anda, di peringkat hasil mesin pencarian yang berbasis AI?
Memahami sejumlah hal tersebut dapat memudahkan CMO untuk bekerja proaktif, dalam membuat brand lebih terlihat di mata AI, sehingga meningkatkan kesempatan brand untuk muncul di rangkuman AI.
Di sisi lain, Anda juga perlu mengintegrasikan AI secara internal ke dalam strategi pemasaran baru Anda, serta memaksimalkan multichannel marketing. Untuk itu, Anda pun dapat mengandalkan solusi dari digital agency Jakarta dalam kolaborasi yang efektif dan berkelanjutan.
Sebagai tambahan, Anda dapat memanfaatkan channel berikut untuk multichannel campaign:
- Website
- Toko Fisik
- Push Notifications
- SMS
- Media Sosial
- Iklan dan Sponsor Berbayar
Bersama IDEOWORKS sebagai digital marketing agency terpercaya, Anda dapat membuat strategi digital yang sesuai dengan kebutuhan AI saat ini, sehingga membuat brand Anda semakin terlihat dan bisa ditemukan oleh konsumen. Hubungi IDEOWORKS sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.