Menemukan atau mencari content production idea yang menarik menjadi salah satu tugas content production agency. Dalam dunia bisnis modern, content production idea menarik menjadi sesuatu yang mutlak dan sangat diperlukan jika kamu menginginkan kemajuan dalam bisnis.
Selain meningkatkan engagement dan penjualan, melalui content production idea yang menarik, kamu mampu menciptakan hubungan yang erat dengan customer. Ditambah lagi, hampir semua aktivitas pemasaran difokuskan pada digital marketing yang terfokus pada digital content.
Contoh Digital Content Production untuk Youtube
Di dalam platform besar seperti Youtube, seseorang yang memutar video secara tidak sengaja dalam 30 detik sudah dianggap 1 kali penayangan. Hal tersebut cukup mudah, mengingat hanya perlu membuat 30 detik video yang menarik agar penonton tidak melewati iklan yang kamu tampilkan.
Jika penonton menonton video lebih dari sekali, setiap pemutaran akan dihitung sebagai penayangan baru. Dengan kata lain, memuat ulang halaman tersebut untuk menampilkan video akan terdeteksi secara otomatis oleh sistem Youtube. Jadi, tidak membutuhkan satu akun dalam setiap tayangan yang terhitung.
Bukan hanya dalam platform Youtube saja, setiap video Youtube yang dibagikan dalam berbagai platform media sosial akan akan dihitung. Analisisnya diperbarui setiap satu sampai dua hari. Jadi, memilih content production agency untuk membuat content video production dapat menunjang keberhasilan bisnis.
Cara Membuat Content Video Production yang Menarik!
Penonton akan menikmati video yang tayang dan sesuai dengan zaman. Dengan kata lain, video yang dibuat harus berdasarkan pada mode dan keinginan pasar. Berkaitan dengan content video production yang cocok untuk bisnismu, content production agency akan melakukan beberapa hal, termasuk:
-
Melihat Konten Kompetitor dari Bisnis yang Sama
Langkah pertama membuat digital content production adalah melihat konten dari kompetitor. Hal ini bukan mencontek, tetapi bisa jadi langkah pengembangan ide-ide baru yang out of the box. Content video yang dihasilkan pastinya akan lebih menarik dari kompetitor dan berisi pesan yang terselubung.
-
Mencari Inspirasi Lewat Konten dari Blog
Langkah selanjutnya, kamu bisa mencari content production idea lewat konten dari blog. Kamu bisa mencari topik yang diinginkan lewat search engine Google dengan keyword tertentu. Setelah menemukan, catat sekecil apapun inspirasi yang kamu dapatkan. Lalu, coba ubah menjadi konten video yang menarik.
Langkah ini dapat kamu lakukan dengan gaya khas brand atau produk yang ingin dipasarkan. Jangan lupakan brand identity sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari produk tersebut. Brand identity mencakup beberapa aspek, termasuk:
- Communication, yaitu sarana menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan calon customer tentang produk yang dijual.
- Logo, yaitu identitas dari perusahaan agar lebih dikenal banyak orang. Logo biasanya didesain berdasarkan filosofi yang terkandung dalam brand.
- Design, yaitu sarana untuk mempercantik dan memperkenalkan brand melalui website, desain poster, flyer, banner yang digabungkan dalam portofolio.
- Culture, yaitu teknik memperkenalkan produk sekaligus memberikan nilai baru. Sebisa mungkin brand dipilih sebagai bagian dari gaya hidup customer.
- Vision, yaitu berisi harapan atau impian perusahaan untuk masa depan. Vision juga dapat menetapkan arah perencanaan dan pelaksanaan strategi.
- Mission, yaitu berisi tujuan perusahaan dan mengapa perusahaan ini ada. Misi mendukung visi dan memberikan kerangka kerja.
- Language, yaitu kumpulan istilah, frasa, dan kata untuk menggambarkan institusi dan produk yang sedang dibangun.
- Behaviour, yaitu strategi yang menargetkan customer berdasarkan tindakan spesifik yang dilakukan di website.
-
Buka Forum dan Komunitas Online
Untuk mendapatkan content video production menarik selanjutnya, kamu bisa mencari ide lewat forum dan komunitas online di dalam maupun luar negeri. Beberapa forum di Indonesia yang kini banyak diminati orang, seperti Quora, KasKus, Detik Forum, Reddit, dan lain-lain.
Kamu dapat mencari topik yang ingin kamu ketahui. Di sana akan muncul semua perbincangan dari anggota forum terkait dengan content production idea di platform tertentu, misalnya saja Youtube. Selain mendapat ide, kamu juga dapat mempelajari target audiens, tujuan mereka, dan poin-poin lain yang dapat menunjang ide.
-
Baca Kolom Komentar
Di kolom komentar biasanya berisi kritik dan saran yang membangun. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu bisa membaca kolom komentar produk pesaing dan jadikan hal itu sebagai ide untuk produk yang tengah dikembangkan. Langkah tersebut menjadi nilai plus produk yang tidak dimiliki brand lain.
Misalnya saja di kanal Youtube atau video brand pesaing. Coba pahami keluhan customer dan perhatikan saran. Banyak customer saat ini yang cenderung berkomentar pedas jika sesuatu hal tidak sesuai dengan ekspektasinya. Hal tersebut bisa menjadi bahan evaluasi yang bisa kamu kembangkan.
-
Membuat Pemungutan Suara
Langkah ini patut dicoba, mengingat tidak semua orang memiliki pendapat yang sama denganmu. Proses pemungutan suara bisa kamu lakukan di berbagai platform media sosial yang kamu punya. Masing-masing platform memiliki massa yang berbeda, dengan keinginan yang berbeda pula.
Dari sana, kamu bisa mengcombine keinginan anggota dari masing-masing platform dan diringkas dalam satu video. Hal tersebut rasanya akan lebih menarik dan ramah jika diunggah di berbagai macam platform, karena cocok dengan keinginan audiens di sana sesuai dengan hasil pemungutan suara yang diperoleh.
Disarankan untuk mencatat setiap ide yang muncul. Tanpa kamu sadari, ide-ide kecil yang muncul setiap saat bisa dikembangkan menjadi topik tertentu. Ide tersebut juga bisa melengkapi konten yang tengah kamu garap saat ini. Jangan sampai melewatkan satu moment pun, karena bisa jadi kamu akan lupa.
Susun ide-ide yang sudah kamu dapat berdasarkan topiknya. Buat content plan yang berisi frekuensi dan jadwal pembuatan hingga jadwal tayang dari sebuah video content. Dengan mengorganisir kumpulan ide tersebut, konsistensi dan frekuensi untuk mengunggah video di kanal YouTube akan meningkat.
Proses pembuatan content pun menjadi tidak merepotkan, karena tidak perlu memulai semuanya dari awal seperti mencari ide topik setiap ingin membuat video baru. Jadi, itulah bagaimana cara mendapatkan content production idea yang menarik untuk brand yang tengah kamu bangun saat ini.
Jika kamu membutuhkan content production agency untuk setiap digital content production, IDEOWORKS siap membantu membuat konten online untuk brand. Bukan hanya video saja, kami juga bisa menciptakan konten gambar yang menarik, tentunya dengan ide yang berbeda dari lainnya.
https://duwitmu.com/usaha/cara-mencari-ide-konten-youtube-yang-banyak-penonton
https://blog.hootsuite.com/get-views-youtube/
https://id.oberlo.com/blog/easy-and-free-ways-to-get-more-views-on-youtube