Dalam bisnis, istilah social listening analytics bukanlah sesuatu yang asing. Istilah ini merujuk pada hasil analisis yang didapat dengan cara “mendengarkan” pendapat customer mengenai suatu brand, baik brand Anda sendiri maupun kompetitor. Nantinya, hasil analisis ini digunakan untuk memperbaiki segala aspek bisnis. Nah, menguasai teknik social listening analytics tentu tidak semudah itu. Mengapa demikian?
Untuk mendapatkan hasil analisis yang bermanfaat, diperlukan dataset yang cukup banyak. Dalam mengolah dataset yang banyak tersebut, tentu Anda perlu tools social listening agar prosesnya menjadi lebih cepat dan efektif. Dengan begitu, Anda membutuhkan akses ke setiap tools beserta skill untuk menggunakannya. Memangnya, sepenting itukah social listening untuk bisnis?
Manfaat social listening analytics untuk bisnis
Jawaban singkatnya adalah ya. Menguasai methodology social listening analytics pada tahun 2023 ini akan sangat berguna untuk bisnis Anda. Bahkan, menurut sebuah survei, 63% marketer percaya bahwa beberapa tahun ke depan analitik media sosial akan menjadi semakin penting. Meskipun social listening tidak mencakup media sosial saja, tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikan survei tersebut. Menurut mereka, salah satu keuntungan utama dari social listening adalah adanya kritik dari customer kepada departemen lain dalam suatu bisnis.
5 Top tools social listening tahun 2023
Untuk melakukan social listening, dibutuhkan tools untuk memudahkan pekerjaan Anda. Tools ini akan membantu Anda mengumpulkan informasi, bahkan mengolah informasi tersebut menjadi sebuah saran yang berguna bagi bisnis Anda ke depannya. Berikut adalah beberapa contoh tools yang bisa Anda gunakan.
1. Hootsuite
Tools pertama yang bisa Anda gunakan adalah Hootsuite. Alat ini membantu Anda untuk mencari tahu bagaimana performa dari konten yang sudah diunggah, seperti brand mention, hingga aktivitas dari para kompetitor. Dengan begitu, Anda tidak hanya belajar untuk memperhatikan performa konten dari bisnis Anda, tapi juga performa konten dari bisnis kompetitor. Informasi ini juga bisa Anda gunakan untuk mencari tahu mengenai tren digital marketing saat ini.
2. Talkwalker
Talkwalker adalah sebuah platform social media marketing yang menyediakan tools powerful untuk kebutuhan social listening Anda. Tools ini mampu memonitor dan menganalisis penyebutan suatu brand dalam berbagai jejaring sosial, termasuk Facebook dan Instagram. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk mengecek berbagai macam KPI, seperti bagaimana performa sebuah hashtag serta berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan sentimen customer.
3. Synthesio
Synthesio Social Media Intelligence Suite adalah alat social listening yang bisa menangkap data media sosial dari 195 negara dengan 80 bahasa. Tools yang satu ini juga menyediakan layanan sentiment analysis otomatis untuk 20 bahasa. Seperti kebanyakan tools social media listening lainnya, Synthesio juga bisa mengecek berbagai macam bentuk engagement, seperti views, likes, replies, shares, dan berbagai macam engagement lainnya dari berbagai media sosial.
4. Audiense
Audiense adalah tools yang sangat cocok untuk mengenal lebih jauh mengenai audiens Anda. Caranya, tools ini akan memberi tahu apa yang sedang didiskusikan oleh audiens, apa kesukaan mereka, serta bagaimana mereka bertindak dalam bentuk laporan. Nantinya, informasi ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti membuat persona atau menilai sentimen customer terhadap brand Anda.
5. Digimind
Tools untuk social listening analytics yang terakhir adalah Digimind Social Listening Tools. Alat yang satu ini akan memudahkan Anda mencari percakapan mana yang paling penting untuk didengarkan demi perkembangan strategi marketing bisnis. Selain itu, terdapat juga beberapa fitur unggulan dari Digimind, di antaranya dapat memonitor suatu istilah dan topik, menganalisis penyebutan brand, hingga membuat report mengenai hasil social listening tersebut.
Yuk, konsultasi dengan kami untuk penerapan social listening yang efektif!
Saat ini memang sudah banyak tools yang bisa membantu proses social listening. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang optimal, dibutuhkan kemampuan untuk memahami methodology social listening analytics tools serta menganalisis hasil laporan dari tools tersebut. Salah satu solusinya, tentu saja Anda harus belajar bagaimana cara menggunakan tools tersebut.
Jika Anda tidak punya waktu luang untuk mempelajari tools yang ada, Anda bisa menggunakan jasa agensi yang telah menguasai teknik social listening analytics seperti IDEOWORKS. Kami adalah agensi digital marketing yang bisa memberikan solusi untuk strategi digital marketing bisnis Anda, mulai dari tahap perencanaan hingga analisis performa strategi tersebut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa yang kami berikan, langsung klik di sini!