Preloader
Creative Online Marketing Jadi Solusi Menghadapi Resesi

Creative Online Marketing Jadi Solusi Menghadapi Resesi

Menuju akhir tahun 2022, masyarakat Indonesia heboh akibat beredarnya isu resesi yang diprediksi terjadi pada tahun 2023 mendatang. Resesi ini pun digadang-gadang akan berefek secara global. Artinya, tidak hanya Indonesia saja yang terdampak, tetapi juga seluruh dunia. 

Salah satu cara menghadapi isu resesi ini, khususnya bagi para pengusaha, adalah dengan mengembangkan creative online marketing. Cara ini bisa menjadi langkah antisipasi agar bisnis tidak roboh meski terjadi resesi di seluruh dunia. 

Indonesia Akan Resesi pada 2023? 

Resesi ekonomi secara global memang sesuatu yang patut Anda waspadai. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu berlebihan dalam menanggapi isu ini karena justru akan menyebabkan keresahan. Anda juga sebaiknya mengabaikan konten-konten latah yang membahas trend resesi ini dan membaca lebih banyak informasi edukatif agar pandangan Anda jadi lebih objektif.

Sesuai dengan pernyataan Adhitya Wardhono, pengamat ekonomi dari Universitas Jember, resesi ekonomi 2023 masih sebatas prediksi. Artinya, belum bisa dipastikan akan benar-benar terjadi. Hal ini disebabkan oleh kondisi ekonomi Indonesia yang jelas berbeda dari negara-negara lain. Maka dari itu, beliau berharap bahwa isu resesi ini lebih baik dipandang melalui perspektif sinergi yang justru bisa menjadi kunci dari stabilitas perekonomian.

Sebagai langkah antisipasi, Anda sebagai pebisnis bisa melakukan langkah-langkah cerdas untuk memperkokoh bisnis Anda. Tanpa terburu-buru atau ketakutan dengan adanya resesi, Anda bisa mulai terapkan profesional creative online marketing untuk mempertahankan bisnis Anda.

Hadapi Resesi dengan Creative Online Marketing

Profesional creative online marketing adalah cara pemasaran kreatif berbasis digital yang bisa memasarkan produk Anda secara online. Dengan mulai merambah ke bisnis online, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens agar tertarik untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berikut ini beberapa cara menerapkan profesional creative online marketing untuk bisnis.

1. Saatnya punya website sendiri

Agar calon konsumen bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah, Anda perlu punya website bisnis sendiri. Dengan memiliki website sendiri, Anda dapat memasarkan produk atau jasa Anda secara online. Jadi, calon konsumen pun bisa menemukan dan melihat produk Anda dengan lebih detail dan tertarik untuk membeli.

2. Dukung penjualan melalui e-commerce

Masyarakat di era digital seperti sekarang ini cenderung berbelanja lewat e-commerce karena praktis dan banyak promo. Dengan e-commerce, konsumen bisa melihat foto atau video produk Anda beserta deskripsi yang mendetail.

Terlebih, sistem pembayarannya juga begitu praktis karena berbasis digital, seperti e-wallet dan virtual account yang termasuk pula dalam bentuk creative online marketing. Itulah kenapa berjualan melalui e-commerce juga bisa menjadi langkah antisipasi resesi ekonomi global.

3. Promosi melalui live video

Tak bisa dimungkiri bahwa live shopping lewat video mampu mendatangkan banyak calon konsumen. Banyak pebisnis yang berlomba-lomba membuat live video untuk memasarkan produknya. Konsumen juga menyukai cara promosi seperti ini karena mereka bisa melihat secara langsung wujud produk yang Anda jual. Selain itu, para konsumen juga mengincar promo dan potongan harga menarik yang hanya bisa diperoleh melalui live shopping ini.

4. Tunjang dengan konten relevan di media sosial

Selain fokus pada website dan e-commerce, Anda juga perlu menghidupkan media sosial bisnis Anda dengan upload konten-konten yang relevan. Tak perlu konten yang terlalu serius, Anda bisa upload kuis berhadiah kecil-kecilan, trivia, atau konten ringan dengan mengikuti tren yang ada. Jangan lupa kaitkan dengan produk yang Anda jual, ya. Dijamin media sosial dan penjualan Anda akan makin ramai.

Daripada terus-terusan mengkhawatirkan resesi 2023 yang masih merupakan prediksi, sebaiknya Anda lebih fokus menerapkan langkah antisipasi untuk bisnis Anda agar tetap berjalan. Salah satu cara antisipasi resesi adalah dengan menerapkan creative online marketing seperti di atas.

Tak perlu terburu-buru, Anda masih bisa melakukannya secara bertahap. Anda juga perlu lakukan perencanaan dan eksekusi yang komprehensif. Jangan khawatir, kebutuhan ini bisa Anda penuhi dengan memanfaatkan layanan digital marketing dari IDEOWORKS.

IDEOWORKS adalah creative online marketing agency yang bisa memenuhi semua kebutuhan digital marketing Anda; mulai dari pembuatan website, optimalisasi SEO, Google Ads, Facebook Ads, dan masih banyak lagi. Percayakan semua keperluan online marketing Anda di creative online marketing agency tepercaya dan berpengalaman seperti IDEOWORKS.

Let’s talk about your brand