Apakah Anda pernah mendengar istilah branded content? Konten jenis ini bukanlah trend baru, karena berasal dari model bisnis lama di industri periklanan dan pemasaran. Jenis konten ini kini kembali merebak dan banyak digemari, sehingga makin populer dan banyak peminatnya.
Branded content production yang kini populer, termasuk podcast, video, seri web, artikel, bahkan virtual reality. Untuk membuat konten yang berkualitas, Anda membutuhkan branded content production companies yang mampu menunjang keinginan sesuai dengan budget yang dimiliki.
Apa yang Dimaksud dengan Branded Content?
Branded content atau sponsor adalah konten yang tidak melibatkan unsur iklan di dalamnya. Di dalamnya berisi content video production, podcast, artikel, dan konsep lain yang membuat konten lebih relevan di mata audiens. Bisa dibilang, branded content tidak bersifat menjual layaknya iklan atau spanduk.
Branded content bukan merupakan bagian dari advertising konvensional. Mungkin Anda sendiri bertanya, apa yang membuat branded content jadi menarik di mata audiens? Jawabannya, yaitu konten dibuat sedemikian rupa agar menarik perhatian audiens dan mendorong angka engagement rate suatu produk.
Konten dibuat dengan sifat yang menghibur atau mengedukasi audiens mengenai suatu produk. Dengan begitu, keterlibatan atau engagement rate dari suatu konten menjadi sangat tinggi. Dalam banyak kejadian, engagement rate bahkan lebih tinggi dari jenis konten mainstream yang umum dipakai.
Apa yang Dimaksud dengan Branded Content Production Companies?
Setelah mengerti apa maksud dari branded content, selanjutnya kamu perlu mengetahui tugas dari branded content production companies. Perusahaan ini berkolaborasi dengan suatu brand untuk memastikan konten yang dihasilkan dapat memberikan wawasan bagi audiens.
Konten yang dibuat bukan hanya bertujuan agar brand dikenal khalayak ramai, tapi juga membangun citra baik perusahaan pembuat brand. Dalam membangun citra produk dan perusahaan agar dikenal khalayak ramai, ini beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh branded content production companies:
- Membuat Konten Berfokus pada Kelebihan Brand
Dalam membuat konten, branded content production companies harus berfokus pada kelebihan brand. Hal tersebut didasarkan pada kualitas tidak berwujud dari brand, ketimbang produk spesifik yang sudah terpampang nyata dalam kemasan atau fisik barang.
- Membuat Dialogue Tentang Ketenaran Brand
Content production idea selanjutnya dilakukan dengan dialogue atau teks tentang ketenaran brand. Upaya ini lebih dari sekadar mencari penjualan atau konversi langsung, tetapi untuk memengaruhi audiens betapa brand tersebut sudah banyak dikenal oleh khalayak ramai, sehingga audiens terpengaruh untuk memakainya.
- Menciptakan Nilai Tambah Bagi Audiens
Sama seperti namanya, branded content harus dibuat sedemikian rupa agar audiens benar-benar yakin untuk menggunakan produk. Nilai tambah ini dapat dihasilkan dalam konten berbentuk hiburan. Jangan terlalu serius dalam membuat konten, agar audiens tidak bosan ketika melihatnya.
- Memiliki Daya Tarik Emosi
Content production idea selanjutnya selanjutnya adalah memiliki daya tarik emosi bagi audiens. Teknik ini dinilai efektif dalam menggaet audiens. Jangan berusaha untuk menggunakan argumen rasional dengan menjatuhkan brand tertentu. Namun, cobalah untuk terhubung dengan audiens pada tingkatan yang lebih intim.
- Gunakan Cara Story Telling
Langkah selanjutnya dilakukan dengan story telling. Cara ini dapat dilakukan tentang menceritakan kisah awal tentang brand kepada audiens. Tentunya dengan cara yang baik. Anda juga bisa menambahkan kelebihan produk dalam brand tersebut di awal, tengah, dan akhir jika konten dibuat dalam bentuk video.
- Sebarluaskan di Berbagai Platform
Bisa dibilang, branded content adalah konsep fleksibel, sehingga mudah diadaptasi dalam berbagai format, seperti video, podcast, format interaktif, atau menggabungkan beberapa di antaranya. Dengan demikian, ada banyak cara berbeda untuk menyebarkan konten di berbagai platform sosial media.
- Bekerjasama
Content production idea selanjutnya dapat dilakukan dengan membuat kolaborasi artis atau influencer terkenal yang saat ini sedang diminati. Hal tersebut memungkinkan artis atau influencer menceritakan kisah mereka tentang brand, sehingga terlihat lebih nyata jika produk yang digunakan benar-benar bagus.
Apa Saja Keuntungan dari Branded Content?
Keuntungan nyata dari branded content yang diunggah di berbagai platform media sosial adalah menghemat biaya dan tempat. Menggunakan billboard terlalu berisiko dan menimbulkan kerugian tinggi jika terjadi kerusakan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.
Selain itu, branded content juga terlihat lebih menarik secara visual, sehingga audiens cenderung lebih menikmatinya. Berikut ini beberapa keuntungan pembuatan branded content:
- Menghasilkan hubungan emosional. Branded content yang dibuat dengan sangat menarik akan membuat audiens pengguna mengingat produk tersebut dalam waktu yang lama.
- Berpotensi menjadi viral. Branded content yang disajikan dalam format tepat dan dibagikan di berbagai platform sering kali viral dan berdampak besar bagi penjualan brand.
- Meningkatkan posisi merek. Jika pesaing memiliki produk yang hampir mirip, membuat brand content akan membuat produk Anda lebih dikenal ketimbang pesaing.
- Menghasilkan keterlibatan dan loyalitas. Jika branded content melibatkan artis atau influencer terkenal, produk akan lebih dikenal dari mulut ke mulut. Konten yang melibatkan orang terkenal akan memancing tanggapan dari audiens.
- Meningkatkan prospek. Branded content memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang tinggi karena konten yang diciptakan anti mainstream dan berbeda dari biasanya.
Mengapa Branded Content Memiliki Peluang Lebih Baik?
Branded content menjadi salah satu tren saat ini. Setiap orang setidaknya menggunakan satu hingga dua platform media sosial. Bayangkan berapa banyak audiens yang melihat konten suatu produk dan tergiur untuk membelinya. Apalagi, jika konten dibuat semenarik mungkin.
Ingatan audiens tentang suatu brand 59 persen lebih tinggi ketimbang billboard atau spanduk promosi biasa. Sebanyak 14 persen audien yang tertarik cenderung mencari konten lain dari brand yang sama. Bisa dibilang, branded content menciptakan lebih banyak perhatian bagi audiens.
Audiens lebih menyukai branded content karena mereka yakin konten tersebut berfokus pada konsumen. Pasalnya, penyampaian suatu brand dalam konten tidak terang-terangkan untuk promosi penjualan. Pesan yang disampaikan menciptakan kepercayaan antara brand dan konsumen.
Sedangkan iklan dalam billboard atau spanduk tidak memiliki hasil yang sama. Nah, jika Anda tengah mencari branded content production companies, IDEOWORKS.id adalah solusi yang tepat. Kami merupakan content production agency dengan tim yang ahli di bidangnya. Kamu mumpuni dan dapat membantu Anda dalam membuat branded content sesuai dengan keinginan!
https://glints.com/id/lowongan/branded-content/#.YlusWtNBy5c
https://contentmarketinginstitute.com/2019/02/branded-content-right/