Preloader
pexels-jopwell-2422294

IDEOWORKS, Social Media Listening Companies di Jakarta

Social media menjadi salah satu media digital yang sering digunakan untuk kegiatan pemasaran. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan brand, salah satunya dengan social media listening. Namun, tidak banyak perusahaan yang tahu dan peduli dengan strategi ini, meski di dalamnya sudah terdapat tim digital marketing atau social media marketing. Sehingga, kini saatnya Anda untuk menumbuhkan dan meningkatkan keterlibatan media sosial Anda, dengan bantuan jasa social media listening companies di Jakarta. 

IDEOWORKS Jadi Social Media Listening Companies Terbaik di Jakarta 

Selain menjadi digital marketing agency, IDEOWORKS juga mampu membantu Anda di lingkup social media. Dengan menggunakan layanan pemasaran media sosial di IDEOWORKS, tim akan melibatkan penerbitan konten yang hebat, mendengarkan dan terlibat dengan pengikut, menganalisis hasil, dan menjalankan iklan media sosial.

Dengan jasa agency IDEOWORKS, yang juga menjadi salah satu social media listening companies terbaik di Jakarta, perusahaan Anda jadi lebih fokus untuk kegiatan pemasaran di social media. Karena, strategi social media listening, akan memberi Anda kesempatan untuk melacak, menganalisis, dan merespons untuk mengetahui pasar Anda dan audiens Anda untuk menemukan peluang baru untuk produk Anda.

Adapun, manfaat yang akan Anda dapatkan jika bekerjasama dengan IDEOWORKS untuk layanan social media agency dan social media listening, adalah sebagai berikut:

  • Pemasaran media sosial adalah strategi sempurna untuk terlibat dengan pengikut Anda 
  • Keterlibatan dengan pelanggan Anda untuk kepuasan pelanggan yang lebih baik 
  • Tingkatkan kesadaran merek untuk lebih banyak lalu lintas dan prospek
  • Melacak, menganalisis, dan mendapatkan wawasan tentang pesaing 
  • Temukan banyak peluang baru untuk tumbuh

Namun, untuk Anda yang masih belum paham akan pentingnya social media listening untuk brand Anda.

Definisi Social Media Listening

Social media listening merupakan salah satu bagian dari definisi media social intelligence atau kecerdasan media sosial. Adapun, social media listening bisa dijadikan strategi untuk mengumpulkan data atau informasi dari internet. Social media listening juga bisa didefinisikan sebagai strategi untuk melacak platform media sosial Anda, dengan tujuan untuk mendapatkan mentions dan percakapan yang terkait brand Anda. 

Setelah itu, Anda bisa menganalisis insights-nya, untuk menemukan peluang bertindak agar brand Anda bisa melakukan pemasaran yang lebih baik. Perlu Anda tahu, bahwa social media listening hanya membantu mengumpulkan data, bukan menyajikan data dengan cara yang berarti atau dapat ditindaklanjuti. Di sini, untuk bisa mengumpulkan data, Anda butuh kecerdasan social media atau social media intelligence menggunakan wawasan. Sehingga, Anda bisa menghasilkan perubahan positif dalam cara perusahaan menjalankan bisnis, hingga cara perusahaan tersebut membuat keputusan. Pasalnya, kecerdasan media sosial atau social media intelligence tidak bisa dilakukan, hanya dari sekadar mendengarkan pelanggan (social media listening). Namun, juga dibutuhkan kebutuhan dan keinginan pelanggan dan mengatasinya.

Biasanya, social media monitoring melihat metrik dari berbagai komponen, diantaranya adalah:

  • Brand mentions
  • Tagar yang relevan
  • Competitor mentions 
  • Tren industri

Setelah itu, tim kemudian akan mengumpulkan data tentang metrik di atas tersebut. Sehingga, kegiatan pemantauan dari media sosial bisa dimanfaatkan dengan sangat bagus, terlebih untuk memantau campaign pengujian ROI atau A/B.

Alasan Mengapa Social Media Listening Penting untuk Brand

Sebagai salah satu social media listening companies di Jakarta terbaik, IDEOWORKS juga bisa menjadi alasan Anda untuk bisa membantu mengembangkan brand. Berikut beberapa alasan mengapa layanan tersebut penting untuk brand Anda. 

  • Perasaan pelanggan bisa diketahui secara pasti 

Alasan yang pertama adalah Anda bisa mengetahui lebih pasti perasaan pelanggan, dan bukan hanya sekadar asumsi belaka. Jika Anda hanya menebak-nebak, nantinya penggunaan anggaran Anda untuk pemasaran, juga jadi tidak pasti. Jadi, jika Anda memiliki informasi yang jelas terkait perasaan pelanggan, maka Anda dapat menggunakan anggaran pemasaran dan operasi dengan benar. Intinya, Anda jadi lebih mengetahui apa saja hal yang dibutuhkan pelanggan, dan Anda tinggal menyediakan konten pemasarannya, atau strategi selanjutnya. 

  • Anda bisa membuktikan peningkatan dan pertumbuhan merek Anda

Tahukah kamu, kemampuan dari “alat” social media listening ternyata bisa membantu Anda untuk melihat turun naiknya nilai-nilai tertentu terkait brand Anda. Jika nilai tersebut berada di titik rendah atau tinggi, maka Anda bisa menggunakan metrik dan alat khusus lainnya, untuk mengaitkan nilai yang sedang terjadi, dengan sesuatu yang spesifik.

Contohnya, jika brand Anda sedang berada di kondisi peningkatan atau naik (positif) setelah Anda melakukan launching produk, di sini bisa dilihat bahwa Anda bisa membuktikan, jika nilai pertumbuhan baru dari brand merek Anda adalah karena pelanggan memang menyukai produk Anda.

  • Hubungan yang baik antara brand dan pelanggan bisa terbentuk 

Alasan selanjutnya adalah Anda bisa membangun hubungan yang baik, dengan para pelanggan. Terlebih, jika pemasaran yang dilakukan sangat baik, sampai bisa membentuk suatu hubungan yang memang tulus dan jujur. Di situ maka mereka akan lebih menghargai Anda sebagai brand dengan citra yang baik. 

Bahkan, jika sudah hubungan sudah terbentuk, mereka justru yang ingin di dengar oleh brand, tentang perasaan mereka terkait brand tersebut. Misalnya, ada sebuah brand kecantikan yang launching dengan kemasan besar. Namun, karena produk tersebut cocok untuk mereka, dan mereka butuh produk tersebut, mereka memiliki banyak permintaan akan produk tersebut. Misalnya, minta dibuatkan kemasan kecil, atau dibuat dengan aroma lain. 

Di situ mereka yang merasa punya hubungan baik, ingin didengar oleh brand. Jika brand tersebut mendengarkan hingga mewujudkan, mungkin mereka akan menjadi pelanggan tetap Anda. Karena biasanya, pelanggan yang merasa memiliki hubungan baik dengan suatu brand, akan mencari produk favorit sesuai kebutuhan mereka, lalu akan memberikan tanggapan nyata (dan, terkadang, berharga) terhadap komentar.

  • Pelanggan Anda dapat membantu Anda menemukan solusi

Sebagai pemilik brand, Anda tidak pernah tahu kekurangan apa yang kira-kira ada pada brand Anda, jika belum sampai ke tangan pelanggan. Nah, dengan adanya social media listening, Anda jadi bisa mengetahui berbagai keluhan pelanggan tentang produk Anda. 

Pasalnya kritik dan saran itu penting, bahkan untuk semua hal, karena kesalahan biasanya tidak bisa dirasakan sendiri. Dengan mengetahui apa masalahnya, dengan adanya keluhan tersebut, Anda bisa menentukan apa yang dapat Anda lakukan. Di situlah Anda bisa memikirkan solusi yang tepat, untuk membuat klien Anda lebih bahagia dan lebih loyal kepada merek Anda. 

Cara Menerapkan Social Media Listening Pada Brand Anda

  • Rutin membuat dan memperbaharui profil di media social Anda
  • Memilih alat social listening seperti aplikasi pencari kata kunci yang sering dicari audiens
  • Mengidentifikasi kata kunci yang Anda gunakan 
  • Mengenali kompetitor Anda di media sosial
  • Memantau item-item penting seperti nama brand, nama akun media sosial, tagar yang digunakan, kata kunci yang sering digunakan kompetitor, slogan perusahaan Anda, nama campaign pemasaran Anda
  • Bertemu dan mendiskusikan dengan tim digital marketing Anda/jasa social media marketing agency yang menghandle  

Itu dia beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakannya, untuk mengembangkan brand. Dan IDEOWORKS sebagai social media listening companies, bisa membantu semua proses tersebut.

Adapun, IDEOWORKS sendiri memiliki layanan strategi digital marketing skill khusus bernama CASA yang mencakup Communicate (menyampaikan pesan), Amplify (memperkuat branding), Socialize (mensosialisasikan produk (promosi)), Analyze (menganalisa), untuk membantu brand perusahaan Anda, menjalankan proses pemasaran dan periklanan dengan lebih efektif dan efisien.

Let’s talk about your brand