Preloader
Ini Dia Strategi yang Biasa Digunakan Social Media Advertising Company

Ini Dia Strategi yang Biasa Digunakan Social Media Advertising Company

Anda masih ragu untuk menggunakan jasa social media agency, karena belum tahu apa saja strategi pemasaran apa yang biasa digunakan? Apakah strateginya sama dengan yang telah Anda lakukan dengan tim social media advertising company? Secara umum mungkin sama, tetapi ada beberapa strategi yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda. Karena tim marketing online social media agency sudah memiliki banyak pengalaman, jam terbang, hingga kasus dari para klien sebelumnya. 

Sehingga, mereka tentunya akan lebih profesional dalam melihat kondisi pasar, target, tren, dan lainnya di social media. Jadi, menggunakan jasa social media agency adalah pilihan yang tepat, untuk Anda yang ingin meningkatkan branding di social media dengan efektif dan efisien. Jadi, strategi apapun yang Anda lakukan dengan tim social media advertising company Anda, mungkin akan sama dengan yang dilakukan agency. Bahkan Anda bisa mencontoh strategi-strategi yang wajib dilakukan. 

Strategi yang Biasa Digunakan Social Media Advertising Company

Berikut beberapa strategi-strategi yang seharusnya tim social media advertising company lakukan untuk branding produk di media sosial: 

1. Pilih Platform Media Sosial yang Tepat & Sesuai

Strategi pemasaran di social media yang pertama adalah dengan memilih platform yang tepat, dan sesuai dengan produk Anda. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak pilihan platform media sosial. Mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, Linkedin, Pinterest, hingga Twitter. Namun, untuk melakukan pemasaran atau sekadar ingin meningkatkan brand awareness, Anda bisa pilih salah satu atau beberapa platform, yang sekiranya efektif dan cocok dengan target marketing produk Anda. 

Misalnya, jika target market Anda adalah anak muda yang senang dengan konten gambar dan video, maka Anda bisa pilih Instagram dan Tiktok. Tapi jika bisnis kamu lebih mengarah ke B2B (business to business) kamu bisa gunakan Linkedin atau Twitter.

2. Buat Konten Pemasaran di Platform yang Sesuai

Jangan asal buat konten lalu posting, karena strategi yang biasa digunakan social media advertising company kebanyakan, adalah dengan membuat konten yang disesuaikan dengan platform yang digunakan. Setelah melakukan strategi awal, yakni memilih platform media sosial yang tepat dan sesuai, kini saatnya Anda membuat konten untuk melakukan branding hingga promosi produk atau jasa Anda. Namun, tidak semua platform media sosial bisa dibuat konten, bentuk atau konsep yang sama, karena setiap platform memiliki spesialisasinya sendiri-sendiri. Misalnya Instagram berfokus pada gambar dan video, TikTok hanya berfokus ke video, Twitter berfokus ke teks, dan Linkedin lebih ke gambar dan teks. 

Jadi, Anda harus bisa menyesuaikan sebelum memproduksi konten, dan jangan sampai Anda dan tim salah membuat jenis konten. Bila perlu, buat planning dengan rapi, seperti di tanggal berapa saja Anda akan membuat konten dan akan posting di media sosial apa saja. 

3. Gunakan Jasa Influencer, Selebgram, atau Artis untuk Memperluas Branding

Strategi yang biasa digunakan social media advertising company selanjutnya dan sudah cukup banyak dilakukan adalah, dengan menggunakan jasa influencer, selebgram, Youtuber, hingga artis. Jika akun media social brand Anda tidak cukup baik untuk melakukan promosi atau pemasaran, terlebih karena followers-nya masih sedikit, Anda bisa gunakan jasa influencer. Seperti yang diketahui, influencer bisa membantu memberikan pengaruh, karena pengikut mereka banyak, sehingga bisa membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda. 

Karena pengikut mereka banyak, dan menjadikan influencer sebagai role model, maka apapun yang dilakukan influencer ini, tentu akan sangat mempengaruhi kehidupan para pengikutnya. Nah, hal ini yang menjadikan banyak bisnis yang menggunakan jasa influencer, untuk meningkatkan branding, bahkan hingga penjualan. Karena influencer akan membantu mendorong pengikutnya, untuk menggunakan produk yang ia promosikan

4. Rutin Update Profil Akun Media Sosial Bisnis Anda

Maksudnya bagaimana rutin update profil akun media sosial bisnis? Jadi, hal ini menjadi salah satu strategi marketing online social media, yang sering dianggap sepele, tapi sangat berpengaruh. Kebanyakan audiens, pasti akan mengkonfirmasi suatu akun bisnis media sosial, bahwa akun tersebut adalah akun resmi dan aktif. Sehingga, audiens bisa notice bahwa akun media sosial tersebut bukan abal-abal. Selain itu, jika akun media sosial bisnis Anda sering update, maka akan menarik perhatian audiens, sehingga bisa membuat bisnis Anda semakin dikenal. Jika ada akun media sosial bisnis yang kurang aktif atau tidak sering update profil, mungkin audiens akan mengira bahwa bisnis Anda sudah tidak berproduksi lagi.

Nah, di sini Anda bisa mengoptimalkannya dengan rutin mengupdate 3 elemen penting, di dalam media sosial berikut ini:

  • Foto profil akun media sosial: Anda bisa update foto profil secara berkala, misalnya desain disesuaikan dengan peringatan hari besar di kalender. Seperti Logo Google jika ada peringatan khusus. 
  • Informasi jelas dan penting terkait bisnis/produk: Anda wajib tulis informasi jelas terkait produk Anda, misalnya menjual apa, lokasi dimana, tagline, jam buka, hingga link eksternal terupdate. 
  • Rincian kontak yang aktif dihubungi: Cantumkan rincian kontak yang aktif, agar audiens bisa mengetahui informasi selengkapnya di media lain, seperti nomor HP/WhatsApp, website, email, link YouTube, dan lainnya. 

5. Adakan Kegiatan Seperti Game, Kuis, dan Giveaway

Strategi yang biasa digunakan social media advertising company yang terakhir adalah mengadakan kegiatan yang meningkatkan interaksi dengan audiens. Mulai dari game, kuis, hingga giveaway berhadiah. Meski hadiahnya tidak seberapa, kegiatan tersebut bisa membantu meningkatkan perhatian, branding, hingga bisa membantu mendorong audiens untuk menjadi pelanggan baru. Jika Anda masih belum punya budget yang cukup untuk hadiah, Anda bisa mulai dari hadiah kecil seperti voucher belanja under Rp100 ribu, namun sering. Jika Anda sudah mulai mendapatkan perhatian dari banyak audiens, baru Anda bisa membuat kegiatan yang lebih sederhana seperti game. 

Jenis konten game, bisa membuat audiens merasa terhibur akan kemampuan mereka sendiri. Tidak perlu yang terlalu berat, cukup dengan game ringan namun mengasyikkan, seperti tebak kata, tebak gambar, dan lainnya. Itu dia beberapa strategi-strategi yang biasa digunakan social media advertising company. Jika Anda merasa tidak mampu untuk mengerjakan semuanya, terlebih tidak memiliki tim yang mumpuni dan profesional, maka bisa menggunakan bantuan jasa social media agency. 

Seperti yang sudah dibahas di atas, social media agency akan senantiasa membantu meningkatkan branding produk Anda di media sosial, dengan berbagai strategi, konsep, dan bentuk, oleh tim profesional. Jadi, Anda tidak perlu khawatir anggaran dana untuk pemasaran di media sosial, keluar dengan sia-sia. Jika Anda melakukannya sendiri, mungkin hasilnya belum tentu bisa seefektif apa yang dilakukan tim marketing online social media agency. 

Nggak Mau Ribet & Hasil Efektif? Pakai Jasa Social Media Agency IDEOWORKS Saja!

Anda sendiri lebih memilih untuk coba-coba strategi tersebut dengan tim social media advertising company sendiri, atau dengan bantu social media agency yang sudah pasti? Nah, bicara soal yang pasti-pasti, kamu bisa gunakan jasa digital agency dari IDEOWORKS! Memiliki tim yang profesional dan berpengalaman, IDEOWORKS juga pernah menghandle banyak brand besar, yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Beberapa brand besar ini diantaranya adalah Citilink, Bank SinarMas, Koepoe Koepoe, hingga Homyped.

Dengan banyaknya portofolio, bisa memungkinkan bahwa IDEOWORKS menjadi salah satu social media creative agency yang memang mumpuni di bidangnya. Jadi, Anda tidak perlu repot dan pusing urus pemasaran di social media, karena Anda bisa serahkan semua kegiatan pemasaran di media sosial ke tim agency. Adapun, IDEOWORKS juga memiliki strategi utama digital marketing, untuk menjalankan proses pemasaran dan periklanan, yakni mulai dari Communicate (menyampaikan pesan), Amplify (memperkuat branding), Socialize (mensosialisasikan produk (promosi)), Analyze (menganalisa). 

Untuk di social media sendiri, Anda juga bisa melayani Social Media Monitoring, Social Media Creative Agency, Social Media Listening, Social Media Analyst, dan lainnya. Segera konsultasikan proyek kerjasama dengan tim, agar hasil bisa lebih efektif dan efisien. 

Let’s talk about your brand