Preloader
Kenali 5 Fungsi Otomatisasi Pemasaran untuk Bisnis Anda

Kenali 5 Fungsi Otomatisasi Pemasaran untuk Bisnis Anda

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa menjalankan proses dan kegiatan marketing secara otomatis tanpa memerlukan campur tangan manusia. Sebab, AI atau kecerdasan buatan mampu menyelesaikan tugas berulang dengan akurat, sehingga Anda bisa mencurahkan waktu untuk tugas lain. Namun, memangnya, definisi otomatisasi pemasaran itu apa? Kemudian, apa saja kegunaan otomatisasi pemasaran di era digital seperti sekarang bagi bisnis Anda?

Definisi Otomatisasi Pemasaran

Singkatnya, definisi otomatisasi pemasaran adalah aplikasi atau layanan online yang bisa mengerjakan tugas-tugas administratif tanpa membutuhkan keterlibatan manusia. Memangnya, apa yang menjadi kunci utama dari cara kerja otomatisasi ini? Jawabannya adalah kecerdasan buatan, atau AI (artificial intelligence). 

Cukup dengan memasukkan data referensi yang telah disaring hingga akurat, AI dari otomatisasi pemasaran dapat menyelesaikan tugas marketing yang Anda inginkan dan memang sesuai dengan kemampuannya dengan cepat serta akurat.

5 Fungsi Otomatisasi Pemasaran untuk Bisnis

Jika Anda ingin mengetahui otomatisasi pemasaran bisa digunakan untuk tujuan apa saja, Anda bisa menyimak jawabannya di daftar berikut:

1. Pengelolaan konten digital marketing

Berkat otomatisasi pemasaran digital, Anda hanya perlu berfokus pada tugas merancang strategi konten serta membuat desainnya. Bagaimana bisa?

Fitur otomatis pada software ini sudah mencakup tugas-tugas administratif yang berulang. Beberapa contohnya adalah menjadwalkan waktu untuk mengirim newsletter pemasaran secara serentak ke semua pelanggan, mem-posting konten di media sosial sesuai jadwal yang Anda buat, serta meletakkan iklan di bagian teratas hasil pencarian maupun halaman website tertentu.

2. Menyimpan dan mengelompokkan data pelanggan

Berkat otomatisasi untuk pemasaran, Anda dapat memastikan bahwa semua data calon pelanggan maupun pelanggan setia tersimpan di satu tempat secara rapi. Jadi, hal ini akan mempermudah Anda untuk membuat analisis customer persona.

Tak hanya itu, fungsi automasi tersebut juga mampu mengkategorikan data pelanggan berdasarkan sejumlah kriteria, misalnya sosial media yang sering mereka gunakan, jenis kelamin, usia, lokasi, dan masih banyak lagi supaya strategi Anda semakin terperinci.

3. Menilai kualitas prospek

Apakah fungsi otomatisasi pemasaran digital hanya terbatas pada organisasi data? Jawabannya adalah tidak. Pada fitur yang lebih canggih, aplikasi dan layanan berbasis web ini bisa mengevaluasi kualitas sebuah leads atau prospek tertentu. 

Misalnya, software automasi mampu menilai apakah seorang pelanggan memiliki peluang yang cukup besar untuk membeli produk Anda secara terus-menerus berdasarkan interaksi mereka dengan bisnis Anda. Jadi, Anda bisa lebih mudah merangkul pengguna setia.

4. Integrasi dengan CRM

Salah satu keunggulan utama dari fungsi otomatisasi untuk pemasaran digital adalah kemudahan integrasinya. Bahkan, tanpa memerlukan pengetahuan atau pengalaman programming, Anda bisa menghadirkan fitur tersebut pada software CRM dalam waktu cukup singkat. 

Hal ini akan sangat berguna bagi Anda yang menerapkan strategi omnichannel marketing karena selain bisa melayani pelanggan di berbagai kanal dengan lebih cepat, Anda juga mampu menganalisis interaksi mereka serta mengelompokkan data di sana untuk keperluan berikutnya.

5. Konsolidasi data analitik

Tak hanya data tentang preferensi dan riwayat interaksi pengguna di internet, otomatisasi pemasaran juga bisa mengumpulkan data tentang performa kampanye pemasaran Anda secara online. Kemudian, Anda dapat mengakses semua data yang diperlukan di satu tempat khusus agar lebih efisien. 

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mencurahkan waktu serta tenaga untuk mengevaluasi strategi marketing saat ini, mengidentifikasi apa yang perlu ditingkatkan, serta membuat kampanye yang lebih baik.

Manfaat Otomatisasi Pemasaran Digital

Fungsi otomatisasi untuk marketing yang sudah disebutkan sebelumnya sangat canggih, bukan? Selain itu, fitur ini juga memiliki banyak manfaat untuk keberlangsungan bisnis Anda, seperti di bawah ini:

1. Keselarasan strategi marketing dan sales

Berkat adanya fungsi otomatisasi, bukan hanya tim marketing Anda yang akan diuntungkan, tetapi juga tim sales. Mengapa? Kedua tim tersebut dapat mengakses data yang sama dari satu aplikasi, sehingga mereka bisa menciptakan strategi penjualan yang saling mendukung untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan demikian, risiko miskomunikasi dapat berkurang, dan Anda juga bisa mendapatkan prospek yang lebih berkualitas.

2. Menghemat waktu dan biaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu keunggulan utama dari otomatisasi untuk digital marketing adalah efisiensi biaya serta waktu. Karena sistem AI pada software sedemikian rupa bisa menyelesaikan tugas berulang, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. 

Jadi, Anda bisa berfokus pada tugas lain yang lebih substansial, misalnya menganalisis data kampanye marketing dan menciptakan strategi baru yang lebih baik berdasarkan data customer persona.

3. Meminimalkan human error

Pernahkah Anda gagal mengirim newsletter ke seorang pelanggan karena salah mengetik alamat e-mail, atau tidak sengaja mempublikasikan konten di akun lain pada waktu yang salah? Automasi untuk pemasaran digital dapat mencegah terjadinya kesalahan tersebut. 

Sebab, Anda bisa memberi perintah kepada AI untuk mengirimkan konten ke alamat atau media sosial tertentu pada waktu yang sudah dijadwalkan. Kemudian, software tersebut akan menjalankan program tersebut secara akurat.

4. Strategi marketing bisa mengikuti skala bisnis

Saat bisnis Anda masih berskala kecil, mungkin Anda masih bisa menyelesaikan beberapa proses marketing secara manual sendirian. Namun, seiring dengan bertambahnya tenaga kerja dan ukuran usaha Anda, Anda akan memerlukan otomatisasi marketing untuk alur kerja yang lebih efisien. Dengan ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan tanpa risiko human error yang terlalu besar, dan tim marketing Anda akan lebih produktif.

5. Meningkatkan conversion rate dan keuntungan

Dengan adanya otomatisasi marketing, Anda bisa menjaring calon pelanggan yang memang tertarik dengan bisnis Anda tanpa perlu menghabiskan banyak biaya serta uang. Tak hanya itu, Anda juga dapat menjaga hubungan bisnis melalui komunikasi rutin dan pelayanan terbaik dengan lebih mudah.

Alasannya, proses automasi untuk digital marketing dapat meningkatkan jumlah leads yang berkualitas sebanyak 451%. Pada akhirnya, prospek ini berkontribusi bagi 20% lebih banyak penjualan.

Otomatisasi pemasaran sangatlah berguna untuk bisnis Anda, apa pun skalanya. Dengan kecanggihan teknologi ini, Anda dapat menjaring lebih banyak pelanggan yang memang  berminat pada produk atau jasa Anda dan meningkatkan efisiensi proses marketing untuk keuntungan yang lebih tinggi. 

Supaya penerapannya lebih efektif, Anda bisa mengandalkan bantuan profesional dari digital marketing agency yang berpengalaman di bidang otomatisasi. Salah satunya adalah IDEOWORKS yang siap memberikan solusi kapan pun Anda ingin mengembangkan platform serta strategi digital marketing bisnis Anda. Tertarik? Mari konsultasikan ide kreatif Anda bersama IDEOWORKS!

Let’s talk about your brand