Articles

29 November 2021

Kenali Lebih Dalam Youtube Shorts untuk Content Marketing Ampuh Tarik Audiens!

Belum lama ini, Youtube mulai mengikuti jejak platform lain dengan meluncurkan fitur andalan terbarunya bernama Shorts. Fitur baru ini adalah cara Google menarik perhatian audiens dengan video durasi singkat. Memiliki kegunaan yang sama dengan TikTok dan Reels, Youtube Short dipercaya oleh berbagai orang yang melakukan content marketing sebagai salah satu tempat terbaik untuk meningkatkan brand awareness dan hal-hal marketing lainnya.

Apa Itu Youtube Shorts?

Youtube Shorts merupakan tempat di mana content creator dapat membuat video singkat secara langsung di aplikasi Youtube. Video ini berdurasi hingga 60 detik, dan berbentuk video vertikal. Video berdurasi pendek ini sebenarnya bisa dibuat di luar aplikasi, namun untuk terhitung sebagai sebuah Shorts, maka deskripsi video tersebut harus menggunakan #shorts. Meskipun saat ini Youtube Shorts masih berbentuk beta, namun fitur ini sudah menunjukkan kinerja yang sangat baik di beberapa negara.

Kehadiran Youtube Shorts adalah sesuatu yang tidak terduga bagi banyak brand yang sudah terlebih dulu mempelajari algoritma marketing di TikTok, dan membuat brand mempertimbangkan apakah akan memakai keduanya sebagai platform untuk content marketing atau salah satunya.

Tetapi, sebenarnya menggunakan kedua platform ini secara bersamaan tidak jadi masalah. Ini justru menjadi peluang bagi perusahaan untuk menarik lebih banyak audiens dan mendapatkan manfaat lain dari platform yang baru. 

Kesuksesan content marketing di Youtube Shorts dapat dilihat dari suksesnya campaign #PermissionToDance hasil kolaborasi Youtube dengan BTS.

Kelebihan Fitur Youtube Shorts untuk Content Marketing

  • Video search engine

Kelebihan yang dimiliki Youtube adalah fitur video search engine, dimana konsumen dapat mencari konten berdasarkan minat mereka. Marketer dapat memanfaatkan fitur ini untuk membangun gambaran yang lebih detail dan jelas mengenai cara menempatkan konten yang benar. Menggunakan kata kunci yang tepat di judul Shorts Anda, maka video tersebut akan menarik audiens yang tepat sasaran.

  • Content library

Semua video yang diunggah ke Youtube akan ditambahkan secara otomatis ke channel library, sehingga video-video tersebut dapat diakses secara mudah oleh para pengguna Youtube. Berbeda dengan platform lain yang hanya akan menyimpan video pendek selama 24 jam, Shorts memastikan bahwa video yang Anda upload sama seperti video biasa dan akan tersimpan sampai Anda memutuskan untuk menghapusnya.

Baca Juga  4 Tips Membangun Social Media Campaign yang Tepat Sasaran

  • Wadah eksperimen yang baik

Video yang berdurasi panjang membutuhkan investasi besar dalam hal waktu dan sumber daya. Anda juga harus mengeluarkan usaha lebih untuk memasukkan ide-ide marketing dalam video tersebut yang mungkin belum teruji dengan pasti. Ini dapat menjadi hal yang membuat banyak brand ragu untuk mengeluarkan video berdurasi panjang. Youtube Shorts dapat menjadi salah satu wadah untuk Anda menguji ide-ide marketing yang akan Anda keluarkan. Anda dapat mengeluarkan video pendek untuk menguji konten yang akan Anda buat dalam video berdurasi panjang. Jika ternyata ide tersebut disambut baik oleh audiens, maka Anda memiliki ide konten yang sudah teruji untuk diproduksi secara lebih besar.

Youtube Shorts ini sendiri pernah menjadi platform untuk melakukan challenge yang biasa ditemui di TikTok. Pertama kali munculnya challenge adalah dengan diadakannya challenge #PermissionToDance yang menandai kolaborasi besar antara Youtube dengan BTS, grup musik dari Korea Selatan yang popularitasnya tidak perlu diragukan lagi. Setelah challenge ini berhasil menarik massa yang besar ke Shorts, artis berikutnya yang mengikuti jejak BTS adalah Ed Sheeran dengan campaign dari album barunya bertajuk “=”.

Pada dasarnya, dengan Youtube Shorts yang masih dalam tahap beta, kita tidak akan benar-benar bisa memprediksi peluang yang ada di dalamnya. Tapi yang perlu diketahui adalah Youtube adalah platform yang memiliki jutaan jam dalam brand content. Basis audiens yang luas tentunya dapat dimanfaatkan bagi brand yang ingin melakukan content marketing dengan cara yang mudah dan tidak memakan banyak waktu dan sumber daya.

IDEOWORKS.id dapat menjadi jembatan Anda untuk memahami dan menggunakan Youtube Shorts untuk keperluan content marketing Anda. Kami memiliki tim ahli dalam content marketing dan dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan content marketing sesuai dengan yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 8111 846466

Back to top