Pernah bertanya-tanya gak, apa pentingnya konten YouTube marketing? Sebenarnya krusial gak, sih, SEO dalam YouTube dan pemanfaatannya dalam pemasaran digital di bisnis kamu? Untuk menjawabnya, coba kita pelajari satu per satu ya. Pertama-tama, YouTube marketing pada dasarnya sama seperti website bisnis karena bermodalkan kepada SEO. Dan sama seperti SEO di website, SEO YouTube sama krusialnya terutama kalau kamu ingin bisnis kamu dilihat banyak orang. Tapi perlu diingat, meski sama-sama berkutat di SEO, pendekatan konten YouTube marketing dan di Google marketing berbeda ya. SEO YouTube sederhananya merupakan proses pengoptimalisasian kanal YouTube di bisnis kamu terkait beberapa hal di dalamnya yakni metadata, deskripsi di video, daftar putar atau playlist, hingga isi konten video kamu tersebut.
Alurnya adalah setelah dioptimalkan melalui beberapa hal di atas, diharapkan konten-konten video di kanal YouTube kamu bisa muncul di mesin pencari seperti Google atau Bing, misalnya. Simpelnya, jika ingin bisnis kamu optimal, konten YouTube marketing harus kamu kuatkan karena strategi SEO bisnis kamu secara umum akan optimal jika kanal YouTube kamu juga diperhatikan detailnya. Jangan salah, meski di era gempuran video pendek di TikTok, YouTube masih merupakan situs web online yang paling banyak dikunjungi orang di dunia pada nomor dua di bawah Google menurut statistik dari Alexa.
Lalu, bagaimana cara kerja konten YouTube marketing ads yang berbasiskan SEO?
Begini, untuk memahami garis besarnya, kamu perlu tahu bahwa Google adalah pemilik YouTube. Sehingga wajar saja jika keduanya berbagi data secara otomatis dan berkelanjutan. Dengan mengoptimalkan konten YouTube marketing kamu dengan SEO, secara otomatis, kamu juga memberi ‘izin’ bagi Google untuk mengindeks video di kanal YouTube bisnis kamu. Nah, supaya video kamu diindeks di peringkat tertinggi pada laman web YouTube, kamu perlu menerapkan strategi SEO yang baik. Beberapa detail yang perlu dipahami adalah kamu perlu menambahkan teks untuk menjelaskan isi konten video kamu. Lalu, teks untuk video kamu juga harus mencakup judul video, deskripsi, dan tag.
Pengertian SEO YouTube sudah, memahami cara kerja YouTube marketing ads berbasis SEO juga sudah, nah selanjutnya kita bahas satu per satu bagaimana cara mengoptimalkan konten video kamu di YouTube ya. Yang pertama, selalu mulai dan utamakan dengan kata kunci alias keywords. Seperti SEO pada umumnya hingga layanan Google PCC, kata kunci adalah keniscayaan. Mencari tahu kata kunci yang dipakai target audiens kamu adalah hal pertama yang harus kamu cari dan temukan. Kata kunci ini pastinya harus relevan dengan isi konten kamu nantinya.
Prosesnya pun sama seperti ketika kamu memakai Google Keyword Planner. Dengan memulai lewat membuat daftar kata di niche, kamu harus bisa menemukan kata kunci dengan volume pencarian bulanan yang paling tinggi. Dan ketika sudah dapat sekian kata kunci yang ideal dengan konten kamu, coba masukkan kata kunci ini di laman Google dan perhatikan SERP mana di website yang memunculkan konten video YouTube. Idealnya, keywords yang kamu butuhkan untuk pengoptimalan konten YouTube marketing memiliki ratusan volume pencarian per bulan.
Kedua, perkuat judul video kamu. Seperti halnya judul di blog yang harus relevan dengan SEO, judul video kamu di YouTube juga harus optimal. Untuk hasil yang baik, gunakan salah satu kata kunci yang kamu temukan tadi sebagai kata-kata di dalam judul video YouTube kamu. Dia harus singkat, padat, dan jelas. Semakin simpel kalimatnya, semakin bagus.
Yang ketiga, YouTube marketing juga bergantung penuh kepada isi deskripsi video. Jangan malas atau lupa untuk mengisi deskripsi video kamu ya! Sebabnya, bot yang ada di YouTube bisa membantu mengoptimasi konten video kamu melalui deretan kata kunci yang kamu selipkan secara rapi dan terstruktur di dalam deskripsi video. Yang keempat adalah maksimalkan pemakaian tag. Memberi tag itu ibaratnya menempelkan kata kunci yang cocok saat mengunggah video kamu sehingga hasilnya konten kamu bisa mendapatkan lebih banyak views. Semakin relevan tag yang kamu pakai, akan semakin besar peluang video kamu ditemukan dan ditonton oleh pengguna. Contohnya saja, jika video kamu tentang produk sayuran, masukkan kata kunci seperti ’tips mengolah sayur’ atau ‘resep olahan sayur’ ke dalam tag. Tapi ingat, jangan banyak tag ya karena jika lebih dari 10 tags, konten video kamu tidak akan optimal. Yang berlebihan itu tidak baik, teman-teman.
Berikutnya yang nomor lima adalah ajakan untuk melalukan sesuatu atau call to action (CTA). YouTube akan memberikan rekomendasi tinggi kepada konten video populer yang dihiasi banyak komentar. Seperti halnya media sosial yang lain, metrics soal komentar adalah bagian YouTube marketing yang krusial. Jadi jangan lupa selipkan ajakan untuk melakukan sesuatu atau berkomentar agar penonton video kamu meninggalkan komentar di konten kamu.
Yang keenam adalah ajak audiens kamu untuk subscribe. Jika di media sosial lain ada namanya followers, di YouTube kekuatannya ada pada subscribers. Jadi pastikan saat mengunggah video, kamu mengajak penonton untuk subscribe kanal YouTube kamu. Ajakan itu bisa dengan komitmen bahwa kamu akan posting video secara rutin atau kamu berjanji akan berusaha menyajikan konten bermanfaat ke depannya.
Yang ketujuh, jangan lupa sertakan closed captions atau CC. Ini sering diabaikan padahal krusial. Apa sebab? Karena audiens di YouTube sangat beragam termasuk di antaranya orang tunarungu atau tunawicara. Dan tentu saja, teks CC ini sangat krusial dalam bagian YouTube marketing karena berkaitan dengan SEO dan jika terbaca oleh bot, akan membantu video kamu terekomendasi oleh mesin YouTube.
Nah, sampai sini, sudah paham satu per satu poinnya? Atau kamu masih kebingungan? Tenang saja, kalau kamu merasa kesulitan memahami dan menerapkannya sekaligus, kamu bisa serahkan optimasi kanal kamu kepada jasa YouTube marketing yang kini mulai menjamur. Salah satu yang bisa kamu pertimbangkan adalah IDEOWORKS. Digital agency di Jakarta Selatan ini bisa membantu kamu mengoptimasi konten YouTube marketing hingga pemanfaatkan YouTube marketing tools secara optimal.