Preloader
POV of male bloggers vlogging podcast talk on camera, using streaming equipment in studio with neon lights. Content creators having fun filming online episode for social media.

Keuntungan dan Tips Memaksimalkan Podcast di Dalam Strategi Konten

Podcast menjadi salah satu media informasi audio yang sangat trending dan banyak diminati di kalangan generasi muda. Melalui podcast, Anda tidak hanya dapat mendapatkan berbagai fakta menarik mengenai bermacam-macam topik, namun juga memperoleh awareness terkait brand tertentu. Popularitas podcast yang semakin meroket tajam inilah yang menjadikannya sebagai salah satu strategi content marketing terkini yang paling efektif. 

Mempraktekkan podcast marketing dengan tepat juga bisa memberikan pengaruh positif yang lebih besar terhadap promosi usaha atau bisnis yang sedang Anda bangun. Jadi, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan? Simak beberapa manfaatnya berikut ini!

Keuntungan Podcast Marketing untuk Bisnis

Berikut ini adalah berbagai keuntungan podcast marketing yang bisa membantu bisnis Anda berkembang.

1. Membangun Brand Awareness

Salah satu keuntungan terbesar yang bisa Anda dapatkan dari strategi podcast marketing adalah membangun dan meningkatkan visibilitas dan brand awareness di kalangan masyarakat. Podcast memberikan kesempatan emas bagi Anda untuk menunjukkan keahlian atau spesialisasi dari brand Anda mengenai sebuah topik tertentu. 

Hal tersebut didukung dengan survei yang dilakukan oleh BBC yang menunjukkan bahwa brand yang disebutkan di dalam sesi podcast menunjukkan lonjakan engagement rate sebesar 16% lebih tinggi dibandingkan media promosi lainnya. Fakta ini sangat menarik bagi industri podcast, karena tercatat benchmark untuk radio global sendiri tercatat 5% lebih rendah.

2. Membangun Hubungan Baik dengan Audiens

Selain membantu membangun brand awareness, strategi content marketing dalam bentuk siaran podcast juga sangat membantu Anda dalam membangun hubungan baik dengan audiens. Melalui podcast, Anda dapat lebih terhubung dengan calon konsumen, dengan cara berkomunikasi melalui sesi tanya jawab dan konsultasi dalam nuansa yang penuh kehangatan dan keakraban. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya atau trust serta loyalitas di kalangan konsumen.

3. Membuat Konten Berkualitas dan Bernilai

Podcast juga sangat bermanfaat dalam memberikan konten informatif yang berkualitas untuk audiens Anda. Mereka dapat mendengarkan informasi yang Anda berikan kapanpun dan saat mereka melakukan kegiatan apapun. Kemudahan akses informasi ini membantu bisnis Anda menjadi sumber informasi yang relevan dan sangat berharga.

4. Meningkatkan Traffic

Menggunakan strategi podcast marketing juga menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan traffic ke website bisnis maupun content platform yang bisnis Anda miliki. Secara tidak langsung, hal tersebut juga membantu meningkatkan visibilitas dari brand bisnis sekaligus meningkatkan jumlah leads.

5. Memperluas Jangkauan Channel

Podcast juga bisa menjadi salah satu channel untuk menyuarakan bisnis Anda sekaligus menjangkau target pasar yang lebih luas. Podcast seakan menjadi corong penghubung dari berbagai channel media pemasaran yang bisa Anda manfaatkan, termasuk di dalamnya adalah media sosial, email, hingga optimasi mesin pencari atau SEO.

Cara Menerapkan Podcast Marketing ke Dalam Strategi Pemasaran Konten

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mempraktekkan podcast marketing ke dalam strategi pemasaran konten Anda? Simak langkah-langkahnya berikut.

1. Menyematkan Episode Podcast ke Dalam Postingan Blog

Masing-masing orang memiliki cara berbeda dalam menikmati konten yang Anda tampilkan di situs. Menyematkan siaran podcast ke dalam konten blog bisa menjadi salah satu cara untuk mengakomodasi keinginan pengunjung situs yang lebih menyukai penyampaian informasi dalam bentuk konten audio dan visual. Selain itu, integrasi antara postingan blog dengan podcast juga sangat membantu dalam meningkatkan engagement pengunjung dan menarik lebih banyak traffic masuk.

2. Ubah Podcast Anda Menjadi Media Assets

Sebagai bisnis yang ikut berkembang di era digital, tentunya bisnis Anda sudah memiliki social channel yang tentunya sangat sayang jika tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Apabila Anda berencana untuk mengaplikasikan strategi podcast marketing, gunakan saja social channel tersebut untuk mempromosikan konten podcast Anda.

Melalui social channel tersebut, Anda bisa membagikan berbagai insights bermanfaat dari podcast. Anda bisa membagikan hal-hal berikut untuk membantu menghubungkan antara podcast dengan channel media sosial yang bisnis Anda miliki:

  • BTS (Behind-The-Scene)
  • Kutipan intisari dari masing-masing episode (dalam bentuk tertulis, video, atau audio)
  • Pengenalan dari masing-masing episode yang dibawakan oleh host maupun bintang tamu
  • Sesi tanya jawab tambahan

3. Bangun Kolaborasi dengan Content Creator Lainnya

Untuk membuat podcast yang ‘berdaging’ dan bermanfaat, terkadang Anda perlu melakukan kolaborasi dengan content creator lainnya. Kolaborasi dengan podcaster lainnya tidak hanya dapat membuat konten yang Anda sajikan menjadi lebih diverse, namun juga menjangkau segmen audiens yang baru dan tentunya lebih luas. Pada akhirnya, kolaborasi ini juga dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda.

Beberapa wujud kolaborasi podcast yang paling umum antara lain:

  • Pertukaran tamu di episode podcast
  • Promosi podcast di platform media sosial
  • Shoutout saat sesi podcast, dan
  • Pertukaran RSS feeds.

4. Optimalkan Podcast sebagai Media Brand Storytelling

Storytelling atau bercerita adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling kuat. Karena, tindakan ini dapat mempengaruhi audiens, termasuk membangkitkan emosi dan menginspirasi mereka untuk melakukan sesuatu. Melalui storytelling yang dalam bentuk podcast, branding bisnis Anda tidak lagi soal jual-beli maupun promosi produk. 

Brand Anda bisa membangun koneksi yang lebih mendalam dengan para audiens. Melalui metode storytelling di dalam podcast, Anda dapat menginspirasi sekaligus membangkitkan pembeli untuk melakukan suatu aksi yang dapat memberikan manfaat untuk pemasaran brand tersebut. 

5. Ubah Konten Audio Menjadi Video

Bentuk paling sesuai dari sebuah podcast sudah pasti adalah bentuk video, yang membuat audiens dapat menikmati penjelasan dalam bentuk audio dan visual. Namun, bukan berarti Anda harus dengan segera merekam sesi penuh podcast, karena hal tersebut bisa menyita waktu yang cukup banyak.

Sebagai alternatif, Anda tidak hanya dapat membuat konten video berupa podcast, namun juga:

  • Sesi tanya jawab yang berkaitan dengan brand yang dipasarkan
  • Rekaman di balik layar (BTS), dan
  • Klip video pendek yang menampilkan keahlian atau khasiat brand.

Tonton IDW Make Impact Untuk Strategi Bisnis Anda Semakin Berdampak

Salah satu tujuan dalam mendirikan bisnis adalah untuk memberikan impact untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Agar bisnis Anda bertumbuh dan memberikan manfaat positif sesuai dengan yang diharapkan, wajib belajar langsung dari para suhu! IDW mendekatkan jarak antara Anda dengan pemilik bisnis sukses melalui channel IDW Make Impact. Di dalam channel ini terdapat beberapa episode podcast yang mengenai strategi pemasaran dan kisah-kisah inspiratif dari para pelaku bisnis maupun seniman modern yang populer di tengah-tengah masyarakat. Ilmu yang mereka bagikan tentunya akan sangat bermanfaat dalam membuat bisnis Anda semakin bertumbuh.

Bingung bagaimana mengimplementasikan informasi bermanfaat yang peroleh dari podcast IDW Make Impact? Sebagai agensi digital marketing yang berkompetensi, tim Ideoworks siap membantu Anda menyusun strategi terbaik untuk memasarkan produk atau bisnis Anda melalui berbagai platform digital. Jadi, jangan ragu untuk memulai kisah sukses bisnis Anda bersama Ideoworks, ya!

Tags

Further Reading: