Popularitas content marketing terus meningkat, terbukti oleh data HubSpot yang menunjukkan bahwa 82% marketer di dunia menerapkan pemasaran melalui konten. Apalagi, pemasukan dari strategi ini sangat signifikan karena angkanya terus bertumbuh hingga ratusan juta dolar dari waktu ke waktu.
Namun, keuntungan effective content marketing tidak terbatas pada pemasukan yang besar. Justru, ada banyak manfaat lain yang akan menunjang pertumbuhan bisnis Anda dalam jangka panjang.
7 Manfaat Jangka Panjang Content Marketing
Selain keuntungan finansial yang menggiurkan, berikut adalah manfaat content marketing bagi kesuksesan jangka panjang bisnis Anda:
1. Meningkatkan traffic pengunjung
Apabila Anda ingin memperkenalkan bisnis Anda kepada lebih banyak orang, content marketing dapat menjadi solusi terbaik. Sebab, dengan demikian, calon pelanggan Anda bisa menemukan website resmi Anda dengan lebih mudah. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mereka akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain untuk menarik lebih banyak pengunjung website.
2. Membangun reputasi positif di mata konsumen
Tak hanya meningkatkan jumlah pengunjung, pemasaran dengan konten juga bisa memperkuat eksistensi Anda di internet. Apalagi, jika dipadukan dengan review positif dari pelanggan setia Anda. Hasilnya, semakin banyak orang yang akan mempercayai bisnis Anda, dan Anda pun bisa menciptakan kesan yang lebih positif di pasar.
3. Memperkuat reputasi brand di industri
Selain berguna untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, strategi pemasaran yang dibuat dengan bantuan content strategy services juga bisa mengukuhkan positioning Anda di industri. Sebab, dengan konten yang substansial, Anda dapat menunjukkan pengalaman serta keahlian di bidang yang dipilih untuk menjalin hubungan kerja sama bisnis dengan lebih mudah.
4. Menarik dan mempertahankan pelanggan secara bersamaan
Salah satu keunggulan utama dari content marketing adalah kemampuan untuk berbagai segmen pelanggan. Spesifiknya, konten online bisa memancing rasa penasaran calon konsumen tentang bagaimana produk Anda bisa memecahkan masalah mereka. Pada saat yang bersamaan, konten tersebut juga bisa menjadi solusi untuk pelanggan lama, terutama kalau dikombinasikan dengan keuntungan loyalty program yang menarik.
5. Mempersingkat customer journey
Saat berbelanja, pelanggan Anda akan menghabiskan waktu mencari sebuah brand dan membandingkan kelebihannya dengan brand lain. Di sisi lain, konten pemasaran Anda bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan. Sebab, setelah mengetahui keunikan dari penawaran brand Anda, pelanggan bisa langsung membeli produk atau jasa yang dibutuhkan.
6. Menghemat biaya pemasaran
Melalui pemasaran dengan konten digital, Anda bisa menciptakan konten yang evergreen atau tak lekang oleh waktu, tapi masih dibutuhkan oleh banyak orang. Selain itu, bahkan strategi ini juga bisa mendukung channel lain seperti media sosial. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk beralih ke kanal pemasaran baru dan mulai dari awal.
7. Bisa diterapkan untuk berbagai industri
Industri dan jenis bisnis apapun membutuhkan pemasaran yang efektif agar bisa meningkatkan recognition di berbagai kalangan. Namun, karena karakteristiknya yang berbeda, strategi yang dibutuhkan juga berbeda.
Untungnya, content marketing mampu menjembatani perbedaan tersebut karena bisnis B2C, B2B, atau bahkan B2A bisa menerapkan konsep dasarnya untuk mempromosikan bisnis mereka, terlepas dari bidang yang mereka jalani.
Contoh Content Distribution Strategies yang Populer
Apa saja content distribution strategies yang bisa Anda coba untuk mendapatkan semua manfaat dari marketing dengan konten? Dapatkan ide populernya di sini:
1. Podcast
Dengan podcast atau rekaman audio yang formatnya menyerupai talk show di radio, Anda bisa mengangkat topik apapun yang relevan dengan industri Anda sebagai bahan pembicaraan. Maka dari itu, Anda juga berpeluang menjangkau beragam niche kapan saja dan di mana saja. Tak mengherankan jika Pew Research Institute menemukan bahwa jumlah pendengar podcast terus meningkat dari waktu ke waktu.
2. Iklan video
Riset ilmiah telah membuktikan bahwa otak manusia dapat menyimpan informasi dengan lebih baik melalui media audiovisual. Iklan berbentuk video menjadi pilihan yang ideal untuk memperkuat brand positioning Anda hingga menjadi top of mind konsumen karena video bisa menggabungkan teks dan gambar bergerak dengan lagu.
Penemuan tersebut semakin kuat berkat survei Statista yang menunjukkan bahwa video bisa menjangkau 92% pengguna internet di dunia. Uniknya, saat marketing dengan iklan video, Anda juga dapat bereksperimen dengan lebih banyak jenis konten yang paling relevan dengan bisnis sekaligus menarik perhatian konsumen.
3. Infografis
Selain gabungan audio dan visual, otak manusia juga dapat lebih mengingat informasi baru dengan adanya warna dan ilustrasi. Rangkuman informasi dalam bentuk yang mudah dipahami dan diingat dengan desain menarik tentunya akan membuat konten Anda lebih mudah dibagikan. Oleh sebab itulah, kini sudah ada semakin banyak marketer B2C maupun B2B yang mempromosikan bisnis mereka dengan infografis.
4. Artikel blog
Data menunjukkan bahwa 56% pengguna internet tertarik membeli sebuah produk setelah menemukan informasinya di blog milik bisnis. Mengapa? Umumnya, konten untuk media sosial lebih singkat untuk menghindari information overload.
Namun, dengan tulisan di blog, Anda bisa menjabarkan sebuah topik selengkap mungkin. Jadi, pelanggan akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas dari sebuah solusi.
5. Webinar
Tahukah Anda bahwa 91% pelanggan di segmen B2B menyatakan bahwa mereka sangat menyukai format webinar? Sebab, dari sana, mereka dapat memperoleh informasi praktis secara langsung dari ahlinya.
Jadi, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan webinar yang menarget masalah di industri serta solusi inovatifnya yang berkaitan dengan keunikan produk Anda. Dengan strategi distribusi ini juga, Anda dapat mendorong conversion rate yang lebih tinggi.
Rekomendasi Content Creation Agency Bagus di Jakarta
Marketing dengan konten memang membawa sejumlah manfaat bagi bisnis, terlebih dengan banyaknya pilihan metode distribusi yang tersedia. Namun, supaya strategi Anda lebih efektif menjangkau target pasar, Anda bisa mendapatkan bantuan dari content creation agency yang profesional. Salah satu rekomendasi terbaiknya untuk Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya adalah IDEOWORKS.
Sebagai agensi digital yang sudah berdiri selama hampir 10 tahun, IDEOWORKS telah bekerja sama dengan lebih dari 3.000 bisnis untuk mengembangkan kampanye pemasaran mereka dengan berbagai format. Apalagi, layanan yang ditawarkan sudah mencakup setiap tahap perancangan konten secara menyeluruh dan lengkap.
Content marketing yang efektif sangat menguntungkan berbagai aspek bisnis Anda, mulai dari efisiensi biaya sampai brand recognition. Semuanya akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak keuntungan agar bisnis terus berkembang. Tentunya, strategi ini memerlukan perencanaan yang matang supaya sukses, sehingga tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan agensi profesional. Jangan lupa, pilihlah agensi yang menawarkan layanan komprehensif, contohnya IDEOWORKS. Sampaikan ide kreatif yang dimiliki kepada marketer berpengalaman di IDEOWORKS untuk memulai pertumbuhan jangka panjang bisnis Anda dari sekarang!