Preloader
Content Production

Membangun Hyper Personalization Content dengan Data Digital

Bila Anda sudah terbiasa menggunakan media digital dan media sosial untuk membangun persona brand Anda, tentu Anda mengetahui pentingnya data dalam menganalisis kebutuhan customer hingga merancang strategi marketing Anda. Salah satu taktik content marketing yang efektif saat ini adalah personalized content. Kini, apakah Anda sudah tahu bahwa personalized content dapat dikembangkan menjadi Hyper Personalization Content?

Apa Itu Hyper Personalized Content?

Secara umum, hyper personalization content adalah pendalaman dari personalized content yang telah kita ketahui. Dalam content production untuk hiperpersonal, semua konten akan disesuaikan dengan kebutuhan tiap customer, bukan lagi segmentasi customer. Jenis content production satu ini telah menunjukkan kesuksesannya dalam berbagai campaign dan marketing yang dilakukan oleh Netflix. Sebagai salah satu pionir dari teknik ini, Netflix berhasil memanfaatkan data customer yang berlimpah dan menggunakan Artificial Intelligence (AI) yang sudah ada saat ini untuk membangun hubungan intens dan personal dengan tiap customer.

Ada banyak keuntungan dan potensi dari hyper personalization content untuk strategi marketing di masa depan. Agar Anda dapat mengenal taktik ini, IDEOWORKS.id akan mengulasnya dengan singkat dan padat untuk Anda.

Hyper Personalization, Memecah Customer Segmentation Experience Menjadi Individual Experience

Secara umum, hyper personalization adalah membangun relasi dengan customer sesuai dengan jejak real time tiap pengguna yang tersimpan di bank data Anda. Dominasi media digital dalam memasarkan berbagai produk dan jasa membuat strategi marketing lebih bervariasi dan persaingan semakin ketat. Karena itu, Anda perlu menggali lebih dalam preferensi customer dan membangun ikatan yang lebih personal, yaitu dengan content production yang bersifat individual. 

Hyper personalization content bergantung pada AI untuk menghubungkan semua sumber dan jenis data menjadi satu. Dengan keberadaan AI, Anda tidak lagi mengumpulkan data dari berbagai sumber yang terpisah dan bersifat outdated dan mengolahnya kembali. Pemanfaatan AI ini tidak hanya berguna untuk content production saja, bahkan dapat memudahkan Anda merancang strategi marketing dan mengambil keputusan bisnis dengan cepat.[nextpage title=” “]Keuntungan Hyper Personalization Content

Dalam sebuah content production, ada beberapa keuntungan yang didapat dari hyper personalization data

  1. Membangun konten ads yang sesuai dengan preferensi customer Anda.

    Dulu, ketika Anda mengembangkan personalized content, Anda akan membangun ads sesuai dengan segmentasi yang dipilih. Sekarang, Anda cukup mengembangkan berbagai varian ads dengan kata kunci yang sesuai untuk menyasar tiap customer.

  2. Menawarkan jasa dari brand Anda yang sesuai dengan kebutuhan real time audiens.

    Apakah Anda pernah melihat konten brand yang muncul setelah Anda mencari suatu layanan? Itu adalah salah satu hasil dari AI. Anda dapat menyasar audiens dengan lebih cepat dan tepat. Ketiga, ketika Anda sedang membangun content production yang menawarkan loyalty program atau diskon, Anda bisa menyesuaikan konten seputar loyalty program sesuai status customer di data Anda. Penyesuaian keuntungan yang didapat setiap customer dapat memotivasi konsumen baru untuk loyal dan mempertahankan loyalitas konsumen setia Anda.

Bagaimana Cara Mengembangkan Hyper Personalization Data?

Anda memiliki data customer yang berlimpah. Bila Anda belum mampu mengolahnya secara mandiri, ada sangat banyak sumber daya yang bisa Anda gunakan dan ajak kerja sama untuk memaksimalkan data Anda. Biasanya, Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga di bidang teknologi untuk meningkatkan pengumpulan data Anda.

Selain mengumpulkan data, Anda pun dapat menggunakan pihak ketiga untuk menggabungkan content production yang Anda rancang dengan sistem AI sehingga hyper personalization content dapat terwujudkan.

Hyper personalization content sangat mungkin untuk dilakukan. Meski terlihat rumit, namun teknologi AI saat ini sudah sangat mumpuni dan mampu membantu Anda mengoptimalisasi penyebaran konten sekaligus menekan biaya dalam pemasaran. Bila Anda ingin mengulik berbagai jenis content production terkini lainnya yang dirasa cocok untuk kebutuhan Anda, jangan ragu untuk menghubungi IDEOWORKS.id. Sebagai digital agency yang sudah membantu banyak brand mengembangkan potensinya, IDEOWORKS.id akan selalu siap membantu brand Anda mencapai potensi tertingginya.

Let’s talk about your brand