Articles

02 September 2021

Membuat Video Advertising Terbaik Untuk Optimasi Social Media

Sudah mencoba berbagai strategi marketing namun income bisnis tak kunjung mengalami kenaikan yang signifikan? Mungkin anda bisa mencoba alternatif untuk merancang video advertising. Video menjadi alat yang tepat untuk memperkenalkan produk atau layanan anda dengan jelas pada audience. Secara tak langsung cara kreatif yang umumnya di handle oleh Creative Agency Jakarta ini akan membantu untuk meningkatkan hasrat pembelian audiens. 

Bahkan dilansir dari Bigcommerce, 85% generasi millennials mengatakan jika mereka biasanya akan melakukan pembelian setelah melihat advertising video. Melihat fakta ini, mengapa tidak mempertimbangkan untuk memulai video advertising dari sekarang?

 

Apa manfaat menggunakan video sebagai iklan?

Selain berkaca pada fakta di atas, mungkin anda bertanya-tanya tentang manfaat menggunakan video sebagai iklan bisnis anda. 

  1. Audiens lebih menyukai nonton video

Ketika anda berinvestasi dalam layanan iklan video, artinya anda sudah berinvestasi pada metode yang tepat. Saat ini video media sosial lebih menarik bagi audiens dan mendorong mereka untuk saling berinteraksi di halaman sosial media anda.

Video dianggap lebih menarik karena mampu menyediakan visual untuk mendapatkan informasi. Anda pasti setuju bukan jika lebih menarik menonton video dibandingkan harus membaca teks dalam paragraf? Dengan investasi layanan video, anda bisa berinvestasi pada sesuatu yang memang diinginkan untuk dilihat oleh audiens. Video iklan mampu membuat audience jatuh cinta pada pandangan pertama yang kemudian membuat mereka tertarik melihat konten Anda yang lain. 

  1. Kecenderungan audiens sharing video lebih tinggi

Banyaknya platform sosial media yang mengutamakan fitur video dibanding foto membuat video iklan memiliki persentase yang lebih tinggi untuk dilihat lebih banyak orang. Selain itu, audiens saat ini lebih suka sharing video dibanding hanya sekedar postingan. Video dianggap lebih mudah dibagikan dan dicerna orang lain. 

Faktanya, 92% audiens membagikan video pada teman mereka setelah menonton. Dalam satu video hanya butuh waktu kurang dari 2 menit untuk mendapatkan semua informasi. Saat anda berinvestasi dalam layanan iklan video, anda menciptakan peluang untuk menyebarkan konten dan brand anda ke user baru. 

  1. Video membantu Anda mendapatkan informasi lebih cepat

Di dunia yang sibuk ini, orang tidak memiliki banyak waktu untuk mengkonsumsi informasi. Jika diberi pilihan untuk menonton video 30 detik atau menghabiskan lima menit membaca artikel, mereka akan memilih untuk menonton video tersebut. Video menyampaikan informasi dengan cepat dengan visual yang menarik. Ketika anda menyampaikan informasi lebih cepat, maka anda akan mengekspos lebih banyak orang pada brand anda. Ini bisa jadi prospek bisnis baru. 

 

Media apa yang tepat untuk menayangkan video?

Berikut adalah beberapa platform sosial yang dapat Anda gunakan untuk beriklan kepada audiens Anda:

  • Facebook: Facebook adalah situs media sosial yang bagus untuk berbagi video. Banyak audiens menonton video secara organik di platform ini. Facebook juga menawarkan video iklan berbayar untuk membantu menjangkau audiens baru. 
  • Twitter: Sharing video di Twitter bagus untuk meningkatkan keterlibatan serta menarik perhatian audiens Anda saat mereka menelusuri berita. 
  • Instagram: Di Instagram, Anda bisa membuat video iklan dengan transisi yang mulus antar konten lain. 
  • YouTube: YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia karena begitu banyak orang mencari video di platform mereka. Ini menciptakan peluang besar bagi anda untuk mengunggah video dan membuat iklan video untuk menjangkau audiens baru.
  • Pinterest: Anda dapat menggunakan video untuk mengiklankan produk anda dan memberi orang ide yang lebih baik tentang produk anda.
  • LinkedIn: Di LinkedIn anda dapat membuat iklan profesional untuk menjangkau prospek dan terhubung dengan bisnis lain.

 

Baca Juga  5 Cara Kerjasama dengan Creative Agency

Berapa durasi ideal dalam membuat iklan video?


Selain mengetahui platform terbaik untuk menyebarkan iklan video anda, anda juga perlu tahu durasi terbaik sebuah video iklan supaya pesan dapat tersampaikan secara efektif. Rumus video iklan terbaik adalah membuatnya tetap pendek namun informatif.

  • Facebook: Jika Anda ingin melihat kesuksesan dengan video di Facebook, pastikan video Anda berdurasi dua menit atau kurang. Untuk hasil terbaik, pertahankan video yang lebih pendek, sekitar 30 detik.
  • Twitter: Platform ini memiliki batas 30 detik untuk video mereka dan sangat ideal. Platform ini adalah platform yang tepat untuk membuat video teaser. 
  • Instagram: Durasi terbaik video di Instagram antara 30-60 detik. Durasi yang ideal untuk melibatkan audiens. 
  • YouTube: Orang membuka YouTube dengan tujuan menjelajahi video, anda bisa membuat video terpanjang dengan durasi 2 menit. Sedangkan khusus untuk video iklan gunakan durasi 30 detik atau kurang. 
  • Pinterest: Pinterest memiliki batas 30 menit untuk video.
  • LinkedIn: LinkedIn memungkinkan bisnis untuk membuat video hingga 10 menit. Tapi di sarankan anda cukup membuat video sekitar 30 detik. 

Secara keseluruhan, durasi ideal untuk membuat video iklan sekitar 15-30 detik. Ini adalah waktu yang cukup untuk melibatkan audiens anda sekaligus menyampaikan informasi penting. 

 

Mengapa butuh jasa creative agency untuk video advertising yang efektif?

Video iklan memiliki kompleksitas yang lebih tinggi dibanding jenis konten lainnya. anda butuh jasa creative agency untuk menghasilkan video iklan yang efektif sekaligus mempromosikannya di berbagai platform. Inilah 3 alasan mengapa Anda butuh creative agency sebagai partner bisnis anda. 

Tepat sasaran

Anda mungkin memiliki banyak ide konten video yang luar biasa, namun belum tentu ide tersebut dapat diterima dan dicerna oleh audiens yang tepat. Creative agency dapat membantu anda mengembangkan ide konten video yang tepat sasaran.

Menggunakan sumber daya yang lebih baik

Jika anda tidak memiliki waktu atau resource untuk mengembangkan campaign iklan video, maka creative agency adalah partner yang bisa anda andalkan. Creative agency akan memastikan ceritanya menarik, alat yang digunakan sudah sesuai standar dan didukung oleh banyak crew yang berpengalaman.

Sudah pasti hasilnya keren

Jika anda tidak tahu harus mulai dari mana, ragu dengan ide yang sudah ada, atau belum yakin cara mengukur efektivitas campaign video tersebut, anda dapat mengandalkan creative agency.

Creative agency tahu bagaimana membuat konten video yang tidak hanya menarik namun juga bisa melakukan optimasi, serta mendorong hasil yang maksimal untuk bisnis anda menggunakan media video iklan. 

Sebagai salah satu creative agency Jakarta terbaik, IDEOWORKS.ID siap menjadi partner bisnis anda. Dengan pengalaman, jaringan, dan kinerja professional, kami akan menyajikan campaign video iklan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, brand image, dan goal bisnis Anda. 

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top