Articles

08 June 2020

5 Alasan Anda Wajib Memonitor Pengaruh Pandemi Terhadap Brand

Pandemi memiliki dampak besar pada hampir semua aktivitas profesional. Bahkan, berjalan-jalan saja bisa terasa agak tidak aman.

Untuk pro pemasaran dan komunikasi, itu juga berarti mengatur ulang fokus bisnis. Bagaimana Anda memaksimalkan brand exposure di tengah peristiwa ini?

Untuk brand yang telah memilih untuk menjangkau dengan pesan empati, upaya-upaya ini akan membantu mereka mempertahankan koneksi dengan audiens mereka. Namun, bagi yang lain, pesan mereka dapat menjadi bumerang yang merusak reputasi.

Berikut adalah beberapa tips untuk memonitor brand Anda melalui social listening dan mengapa harus melakukannya.

1. Dengarkan apa yang dikatakan orang tentang brandAnda

Untuk mendapatkan perasaan sentimen audiens, Anda memerlukan social listening tool untuk memantau brand mention Anda di seluruh web. Ada beberapa tools untuk ini, seperti Awario, Brandwatch, atau Talkwalker.

Ketiga alat tersebut bermanfaat karena masing-masing menyertakan elemen analisis sentimen, yang akan memecah berbagai brand Anda menjadi daftar 'positif', 'negatif', dan 'netral'.

Pantau grafik sentimen Anda dan perhatikan lonjakan. Lonjakan sinyal penyebutan ‘negatif’ dapat mengarah pada krisis reputasi yang akan datang, sementara lonjakan penyebutan ‘netral’ atau ‘positif’ dapat berarti bahwa orang membicarakan brand Anda lebih dari biasanya.

Mengapa Anda perlu melakukan ini?

Memonitor grafik sentimen brand dapat membantu Anda memaksimalkan peluang perbaikan.

2. Pantau dampak COVID-19 pada brandAnda

Idealnya, social listening tools akan mengambil setiap topik dan setiap percakapan tentang brand Anda. Jika Anda tertarik untuk menggali sedikit lebih dalam, Anda perlu melakukan pemantauan upaya ke tingkat berikutnya.

Untuk itu, Anda memerlukan social listening tool yang memiliki kemampuan pencarian Boolean. Singkatnya, pencarian Boolean adalah tipe manual dari permintaan pencarian yang memungkinkan Anda membuat parameter yang lebih rumit, termasuk operator logika tambahan, seperti AND, OR, yang dapat memfasilitasi persyaratan yang lebih spesifik.

Dengan menggunakan kualifikasi tambahan tersebut, Anda dapat membuat string pencarian yang menyaring key mentions dari yang lain. Jadi, hanya untuk memilih poin-poin utama yang perlu Anda ketahui.

Mengapa Anda perlu melakukan ini?

Ini dapat membantu Anda meningkatkan pendekatan strategis di situasi seperti COVID-19, karena memungkinkan Anda untuk tetap update dengan mention terbaru dari bisnis Anda sehubungan dengan skenario khusus ini.

3. Tanggapi mentionnegatif ASAP

Setelah Anda memiliki daftar semua brand mention Anda terkait dengan masalah yang mengemuka, pisahkan menjadi mention positif dan negatif. Langkah berikutnya, dimulai dengan menanggapi elemen yang paling penting: penyebutan negatif.

Sebutan negatif adalah yang paling mungkin merugikan perusahaan Anda. Namun, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang umumnya menghargai tanggapan yang cepat dan aktif.

Mengapa Anda perlu melakukan ini?

Masuk ke post dan komentar dengan cukup cepat dapat memungkinkan Anda mengubah sentimen negatif sehingga menghindari kerusakan yang lebih luas.

Anda sebaiknya langsung menanggapi keluhan dan komentar negatif segera setelah Anda melihatnya. Ini juga menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat dan masalah audiens Anda, yang dapat membantu membangun koneksi lebih lanjut.

4. Tanggapi penyebutan influencer

Idealnya, Anda dapat menanggapi semua mentions, baik positif maupun negatif, tepat waktu, seperti yang dipersyaratkan. Namun, tergantung pada berapa banyak penyebutan yang Anda lihat, dan waktu Anda harus berkomitmen untuk tugas tersebut, itu tidak akan selalu mungkin.

Jika kapasitas Anda terbatas, ada baiknya mencatat mention dari pengguna yang paling influensial. Pengalaman mereka dapat memiliki dampak yang jauh lebih besar pada keseluruhan sentimen brand Anda.

Mengapa Anda perlu melakukan ini?

Anda tidak ingin berada dalam posisi di mana Anda harus memprioritaskan respons berdasarkan jumlah pengikut. Namun, ketika mengatur waktu Anda, ini adalah tempat yang harus Anda perhatikan, terutama dalam kasus penyebutan negatif yang ingin Anda selesaikan sebelum menjadi bermasalah.

5. Periksa liputan media Anda

Mengetahui reputasi Anda di antara pelanggan, audiens target, dan pengguna social media sangat penting. Namun, ketika kita berbicara tentang kegagalan reputasi yang serius (atau sebaliknya: keberhasilan reputasi yang serius), media massa memugkinan perubahan besar terjadi.

Social media listening tool dapat memonitor berbagai sumber online, di samping platform sosial, blog pribadi, dan situs-situs berita ternama

Mengapa Anda perlu melakukan ini?

Jika bisnis Anda disebut-sebut dalam publikasi besar, Anda perlu mengetahuinya. Social media listening secara aktif, ditambah dengan analisis sentimen, akan membantu Anda tetap di atas mention. Pemberitahuan awal dalam hal ini akhirnya menjadi tak ternilai, tergantung pada situasinya.

Situasi tak terduga seperti pandemi dapat membuat orang merasa di luar kendali, takut akan semuanya sekaligus, dan dengan asumsi bahwa Anda sudah menjaga kesehatan pribadi dan fisik Anda, ada baiknya juga memperhatikan kesehatan brand Anda.

Menyadari bagaimana situasi dapat mempengaruhi persepsi brand memungkinkan Anda untuk bertindak dengan bijak dan menghindari kesalahan umum. Untuk itu, tim digital marketing agency IDEOWORKS akan menganalisis brand Anda dengan social media listening agar brand Anda tetap terkendali.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150