Articles

08 Juni 2020

Cara Sesuaikan Strategi Digital Media Anda terhadap Perubahan Bisnis

Dunia telah mengalami perubahan gaya hidup baru pada tahun 2020. Bagi digital marketer, perubahan situasi bisnis yang terjadi mengharuskan mereka untuk meninjau strategi sebelumnya dan membuat penyesuaian yang memungkinkan klien untuk terus berkembang di tengah situasi tak terduga.

Berita baiknya, tantangan saat ini dapat ditransfer menjadi peluang jika Anda dapat menemukan cara efektif untuk terus menjangkau audiens. Setiap bisnis berbeda dan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Namun, memahami tren media saat ini adalah langkah penting dalam menyesuaikan pendekatan Anda terhadap ads.

Haruskah Anda memasang iklan di tahun 2020?

Ada jawaban yang bervariasi atas pertanyaan tersebut, tergantung pada keadaan Anda.

Industri maskapai dan perhotelan menghadapi tantangan serius saat ini, tetapi pada saat yang sama memberikan peluang unik untuk brand yang berfokus pada vertikal lainnya.

Untuk brand digital marketing, ini dapat berarti peningkatan penjualan dari pelanggan baru dan lama. Ini bisa menjadi waktu yang sangat menguntungkan untuk mempromosikan brand Anda dan menyampaikan value Anda.

Untuk vertikal layanan kesehatan dan pendidikan, sekarang adalah kesempatan ideal untuk meningkatkan brand awareness Anda dan menciptakan sentimen positif di sekitar brand Anda. Tunjukkan dukungan Anda untuk komunitas secara keseluruhan dan jelaskan bagaimana Anda bisa menjadi bagian dari solusi.

Ketika konsumen mulai beradaptasi dengan perubahan gaya hidup baru-baru ini, penting untuk brand mengembangkan rencana advertising yang bergeser seiring dengan perilaku konsumen

Di mana Anda harus beriklan?

Jika bisnis Anda memungkinkan investasi digital, pertimbangkan bagaimana memanfaatkan anggaran Anda sebaik mungkin.

  • Inventaris CTV/OTT

Digiday menggambarkan Over-The-Top (OTT) sebagai video yang dikirimkan "melalui internet, tanpa mengharuskan pengguna untuk berlangganan layanan TV kabel atau satelit tradisional", seperti Netflix, HBO Go, dan lain-lain.

  • Connected TV (CTV) merujuk pada perangkat tempat video streaming(Smart TV, Roku, Chromecast, dan sebagainya).

Karena masyarakat terus menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, kita dapat mengharapkan peningkatan konsumsi TV untuk terus menjadi tren. Akan tetapi, apa artinya ini bagi pengiklan?

Itu artinya ada peningkatan inventaris CTV/OTT. Apakah brand Anda memiliki aset video yang tersedia? Apakah Anda memiliki marketing campaign yang berfokus pada branding, awareness, reach, atau tujuan lainnya? Jika demikian, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menilai CTV/OTT ke dalam mixed media Anda.

Bisnis home improvement dan B2B meraup keuntungan dari inventaris iklan ini dengan memasukkan OTT ke dalam anggaran awareness mereka. Untuk brand hiburan atau CPG, investasi di bidang ini semakin meningkat.

Persediaan Premium

Dalam ekosistem terprogram, transaksi Private Marketplace (PMP) tersedia. Kesepakatan ini mencakup inventaris ad tertentu (premium) yang tersedia di situs web penerbit.

Inventaris premium sering menjadi topik diskusi hangat karena jumlah persediaannya terbatas dan permintaan terkait. Namun, peningkatan konsumsi digital terutama konten berita dan peristiwa terkini, telah diterjemahkan ke sejumlah besar persediaan premium.

Dalam kasus tertentu, CPM mengalami penurunan sebanyak 15% dari harga normal. Karena pengiklan terus menarik kembali anggaran sementara publisher berjuang untuk memenuhi fill rate, ini menjadi tren yang dapat berlanjut hingga Q2.

Tingkatkan fokus Anda pada kesepakatan PMP dan perhatikan relevansi kontekstual. Manfaatkan peningkatan pasokan dan penurunan permintaan dengan meningkatkan fokus Anda pada inventaris publisher premium.

Cara termudah untuk meningkatkan penawaran PMP adalah dengan membeli media melalui demand side platform (DSP). Ini dapat dilakukan secara self-serve atau dikelola, atau menggunakan vendor media.

Volume Pencarian & Cost per Click

Saat beralih ke paid search, perubahan iklim bisnis juga mempengaruhi istilah pencarian, volume, dan CPC. Paid search selalu menawarkan peluang luar biasa untuk mendorong penjualan dan menumbuhkan bisnis Anda. Maka saat lanskap digital berubah, penting untuk terus mengelola strategi dan anggaran Anda secara efektif untuk memaksimalkan hasil.

Untuk terus mengembangkan bisnis Anda dan memaksimalkan hasil, penting untuk memperbarui strategi bidding Anda dan optimasi kata kunci agar sesuai dengan tren saat ini.

Pertimbangkan untuk mengurangi investasi pada campaign yang fokus pada produk atau layanan yang low demand. CPC mungkin lebih tinggi dari biasanya, tetapi fokuslah pada bidang yang paling menguntungkan untuk bisnis Anda.

Efisiensi Paid Social 

Ketika pengguna mulai menghabiskan lebih banyak waktu online, tak dimungkiri jika social channel akan menguntungkan. Peningkatan ini telah membantu mengurangi CPM di Facebook & Instagram. Beberapa kampanye telah melihat CPM berkurang 10-20% di seluruh vertikal, mulai dari hiburan hingga layanan kesehatan dan B2B.

Ini telah membantu meningkatkan pencapaian KPI untuk banyak klien. Mulai dari menurunkan cost per engagement pada awareness hingga penurunan cost per acquisition (CPA) dan peningkatan ROAS pada upaya direct response (DR).

Anggaran media Anda dapat memanfaatkan efisiensi CPM ini dalam berbagai cara.

Untuk kampanye DR yang menunjukkan kinerja kuat, ini bisa berarti meningkatkan pengeluaran untuk memaksimalkan pendapatan.

Dalam kasus lain, bisnis Anda mungkin dapat menghasilkan tingkat brand exposure yang sama dengan biaya lebih rendah. Artinya, Anda dapat menghemat biaya periklanan tambahan untuk tahun depan.

Ini bukan pertama kalinya peristiwa dunia menggeser lanskap bisnis. Penting bagi marketer untuk mengantisipasi perubahan ini, tetapi lebih penting lagi untuk menerimanya.

Banyak brand akan melihat ke masa lalu dan masa kini, menyadari ada peluang yang terlewatkan untuk terlibat dengan pelanggan mereka.

Namun, bisnis yang berhasil mengubah strategi marketing mereka dapat terus mendorong pendapatan dan menciptakan value bagi pelanggan mereka. Untuk itu, IDEOWORKS.id siap membantu Anda memperbaiki strategi digital advertising Anda menjadi lebih relevan dengan situasi terkini.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150