Mengenal Guerilla Marketing ala Creative Agency Jakarta
Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda akan melakukan marketing di dalam pengembangan bisnis Anda, dan banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai marketing effort Anda. Banyak pelaku bisnis yang memiliki tim marketing sendiri, namun tidak jarang pelaku bisnis beralih ke creative agency Jakarta untuk menjalankan marketing agar mereka dapat berfokus pada operasional bisnisnya.
Creative agency Jakarta harus memiliki banyak ide untuk menjalankan sebuah campaign. Salah satu cara yang dapat mereka jalankan adalah guerilla marketing. Apa itu guerilla marketing, dan apa manfaatnya?
Creative agency Jakarta sering menggunakan guerilla marketing untuk menarik perhatian audiens tanpa mengganggu aktivitas mereka dengan cara yang unik dan non-konvensional.
Memahami Strategi Guerilla Marketing
Guerilla marketing adalah sebuah bentuk marketing yang non-tradisional. Poin dari menggunakan guerilla marketing adalah menarik perhatian yang melihatnya, sampai titik di mana mereka memalingkan kepala dan harus melihatnya lebih lama karena sangat menyita perhatian. Guerilla marketing juga digunakan untuk menarik perhatian audiens Anda dengan cara yang tidak konvensional sehingga meningkatkan brand awareness tanpa mengganggu audiens itu sendiri.
Guerilla marketing itu sendiri berasal dari kata guerilla warfare, sebuah bentuk strategi dalam peperangan di mana satu pihak menyusup dan bergerilya untuk mengalahkan musuh. Di dalam marketing, istilah ini digunakan untuk tujuan yang serupa, yaitu “menyusup” tanpa ada yang menyadari, sampai ketika audiens menyadarinya mereka akan terpesona.
Guerilla marketing berbeda dari marketing tradisional karena guerilla marketing seringkali bertumpu pada interaksi personal, memiliki budget yang sedikit, dan berfokus pada grup promoter yang lebih kecil yang bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi di titik-titik tertentu dibandingkan dengan full-scale media campaign yang tersebar luas.