Articles

27 September 2021

Mengenal UX & UI dan Mengapa Anda Butuh Keduanya

Mendesain sebuah situs web bukanlah hal yang mudah. Banyaknya elemen yang digunakan untuk membangun sebuah situs web yang dapat berfungsi dengan baik dan indah bisa sangat banyak. Skema warna, server hosting, bahkan jumlah halaman memainkan peran besar dalam keberhasilan situs web Anda. Keseluruhan proses ini akan menjadi lebih sulit ketika Anda baru memulai membangun situs web Anda dan mengerjakannya sendiri. Seringkali, pemilik bisnis menggunakan digital agency Jakarta untuk mengerjakan situs web bisnisnya. Digital agency Jakarta ini yang akan membantu dalam pembuatan situs web sesuai keinginan Anda. Tak jarang, digital agency Jakarta ini memberikan input yang dibutuhkan oleh sebuah web untuk dapat bekerja dengan baik dan lancar.

Ketika sampai pada taktik pengembangan dan desain situs web, faktor terpenting yang harus diprioritaskan adalah user experience (UX) dan user interface (UI). Jika Anda menggunakan jasa digital agency Jakarta untuk membangun situs web Anda, tim digital agency Jakarta tersebut yang akan mengurus mengenai teknis UX & UI ini, dan menyesuaikannya sesuai dengan permintaan Anda. Namun, apa sebenarnya UX & UI ini, dan mengapa Anda membutuhkan keduanya? IDEOWORKS akan menjelaskannya untuk Anda. 

User Experience (UX)

UX atau user experience memperlihatkan layout dan fungsionalitas keseluruhan situs web Anda. UX menentukan bagaimana pengunjung situs web Anda bernavigasi, maka dari itu user experience penting untuk memastikan situs web Anda jelas, mudah digunakan, dan memiliki flow yang nyaman. Pada dasarnya, user experience berfokus pada fungsionalitas, kesederhanaan, kegunaan, dan kejelasan dalam penggunaannya.

User Interface (UI)

UI, atau user interface, mengacu pada tampilan dan nuansa situs web Anda. Di sini lah kreativitas desain dapat ditampilkan dan dapat membantu keberhasilan keseluruhan situs itu sendiri. User interface adalah tentang bagaimana penampilan atau visual dari situs web Anda dilihat oleh pengguna. User interface berfokus pada tampilan dan nuansa situs web Anda. Ini berarti memainkan warna, mengimplementasikan tombol-tombol shortcut, menggunakan warna yang identik dengan produk yang Anda tawarkan, dan sebagainya.

Baca Juga  Menganalisa “Misspelling” Sebagai Bentuk Creative Marketing

Biasanya, Anda ingin mengevaluasi UX sebelum UI, sehingga designer dan strategist Anda dapat menggunakan pendekatan yang lebih terpandu saat membuat persona dari situs web Anda, menentukan alur pengguna, dan kerangka keseluruhan. Ini dapat membuat designer dan strategist Anda memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai untuk siapa desain ini dibuat, akan terlihat seperti apa kerangka informasi yang Anda berikan, dan elemen-elemen apa yang akan ditampilkan pada halaman-halaman Anda. Jadi, UX berfokus pada overall experience seorang pengguna di situs Anda, UI adalah apa yang benar-benar akan dilihat dan berinteraksi dengan pengguna.

Mengapa Anda Membutuhkan Keduanya?

UI dan UX bekerja berdampingan dan pada waktu bersamaan. Karena itu, mereka sangat krusial dalam menentukan kesuksesan sebuah situs web. Bayangkan jika Anda sudah membuat sebuah situs web dengan desain yang indah dan flawless. Namun, pengguna Anda ternyata melaporkan user experience yang buruk karena mereka kesulitan menemukan apa yang mereka cari dan kesulitan untuk bernavigasi di situs Anda, dan kemungkinan tidak akan kembali. Atau sebaliknya, ketika Anda sudah merancang user experience yang optimal, namun ternyata situs Anda menggunakan font yang tidak mencerminkan profesionalitas Anda atau menggunakan warna yang sulit dilihat.

Anda tidak dapat memiliki UX tanpa UI, begitupun sebaliknya. Tanpa satu dan yang lainnya, situs web Anda akan kekurangan pengalaman yang lengkap dan menyeluruh. Di sini lah Anda membutuhkan IDEOWORKS sebagai partner digital agency Jakarta terbaik untuk Anda. Kami memiliki tim yang handal dan profesional, sehingga memudahkan Anda untuk membangun situs web Anda dengan mudah dan dapat mengimplementasikan nilai-nilai dari bisnis Anda ke dalam desain kami.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top