Preloader
Social Media Reach

Mulai Gunakan Hashtags untuk Tingkatkan Social Media Reach Anda

Ada banyak trik menggunakan media sosial untuk brand Anda. Salah satu trik yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan hashtag yang tepat untuk konten yang Anda keluarkan.

Penggunaan hashtag pada dasarnya adalah untuk menyaring konten yang ingin dilihat oleh pengguna media sosial, seperti pengguna Twitter, Instagram, dan TikTok. Hashtags adalah cara yang bagus untuk memberi label dan menemukan konten media sosial khusus, sehingga membuat semua konten Anda mudah ditemukan. Karena itu, hashtags adalah cara yang bagus untuk meningkatkan traffic di Twitter, Instagram, dan platform media sosial lainnya. Anda dapat menggunakan jasa social media agency untuk membantu Anda melakukan social media management seperti ini. Social media agency memiliki tim ahli yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda.

Bagaimana Menggunakan Hashtags Secara Efektif

Di bawah ini IDEOWORKS.id akan memberikan tips-tips bagaimana Anda dapat menggunakan hashtags di dalam social media post Anda secara efektif:

  • Keep it simple and relevant

Ketika memilih hashtag, penting untuk memastikan bahwa Anda memilih sesuatu yang dapat dicari dan diingat dengan mudah oleh orang lain. Ada banyak hashtag yang tersebar di media sosial, dan hashtag yang panjang dan sulit untuk dieja atau diucapkan mungkin tidak akan memberi Anda hasil yang baik. Namun, hashtag yang tidak jelas, tidak pernah digunakan, atau generik juga tidak akan memberikan hasil yang Anda inginkan. Hashtag Anda harus singkat, tepat, dan mudah dieja. Hashtag tersebut harus memberi audiens ide yang jelas tentang topik pembicaraan. Hashtag media sosial membantu mengkategorikan konten Anda, biarkan orang mengikuti tren, dan bahkan membantu Anda terlibat dengan komunitas.

  • Utilize trending hashtags

Hashtag yang sedang tren adalah hashtag yang menjadi sangat populer. Terkadang, ini merujuk pada hashtag yang saat ini populer atau paling banyak diperbincangkan pada waktu tertentu. Seringkali hashtag populer berpusat pada topik berita utama dunia. Saat Anda melihat tren yang terkait dengan bisnis Anda, libatkan tren tersebut dengan menggunakan hashtag yang terkait. Menggunakan hashtag yang sedang tren di pembaruan konten Anda dapat menyampaikan pesan Anda ke audiens yang lebih besar. Lebih banyak orang dapat melihat pembaruan Anda, bukan hanya penggemar dan pengikut Anda.

  • Don’t overuse hashtags

Hashtag adalah bagian penting dari strategi media sosial. Mereka memberi brand Anda lebih banyak exposure sehingga Anda dapat menyebarkan berita tentang produk Anda ke audiens yang besar. Selain itu, ketika Anda menggunakan hashtag tersebut di beberapa channel yang berbeda, orang akan dengan mudah mengingat hashtag Anda. Namun, setiap social media platform memiliki frekuensi hashtag yang sesuai dan melewati batas frekuensi tersebut dapat menyebabkan keterlibatan yang lebih rendah. 

[nextpage title=” “]

Pembatasan karakter di Twitter memungkinkan Anda menggunakan maksimal 2 hashtag setiap tweet untuk hasil engagement terbaik. Hal ini juga dapat diaplikasikan ke Facebook, 1 hashtag populer dan 1 hashtag spesifik untuk brand Anda. Instagram memungkinkan Anda untuk menggunakan 30 hashtag, tapi idealnya untuk engagement terbaik adalah 9 hashtag setiap post.

  • Search the hashtags before you use it

Periksa social media platform masing-masing untuk memastikan bahwa hashtag Anda tidak digunakan untuk alasan yang salah. Pastikan juga Anda tidak memilih hashtag yang bisa diartikan negatif, atau brand lain menggunakan hashtag khusus untuk promosi mereka. Ketika Anda menggunakan hashtag dengan benar, hashtag dapat membantu menciptakan percakapan online, meningkatkan brand awareness, dan pada akhirnya mengarah pada lonjakan penjualan.

  • Be specific and unique

Sebagai pemilik bisnis, Anda ingin menjangkau komunitas Anda menggunakan hashtag, terutama selama acara khusus dan obrolan Twitter.  Namun jika Anda ingin orang lain bergabung dalam percakapan Anda, penggunaan hashtag yang unik dapat menjadi alat untuk melibatkan audiens. Gabungkan hashtag unik, sedang tren, dan bermerek dengan kiat social media marketing yang lebih baik untuk mendapatkan lebih banyak engagement dalam update media sosial mereka.

  • Create brand engagement

Hashtag memiliki kemampuan luar biasa untuk menghubungkan brand Anda dengan banyak topik yang populer dan dapat mendatangkan exposure. Penggunaan hashtag yang tepat akan mendorong audiens baru ke media sosial Anda Anda dan memungkinkan Anda untuk terlibat dengan mereka. Saat Anda menggunakan hashtag dengan hati-hati, hashtag dapat membantu memperluas jangkauan ke pengguna yang ditargetkan dan meningkatkan customer relation. Semakin nyaman follower Anda dengan brand Anda, semakin besar kemungkinan mereka berinteraksi dengan Anda di media sosial.

Hashtag dapat membantu meningkatkan engagement yang dibutuhkan. Namun, engagement itu sendiri perlu konsistensi. Di sini lah sebuah social media agency berperan. Social media agency adalah sebuah agency yang dapat membantu Anda menjalankan segala macam strategi marketing melalui media sosial. 

IDEOWORKS.id hadir sebagai salah satu social media agency yang dapat membantu Anda dalam menjalankan berbagai strategi media sosial. Kami memiliki tim ahli dalam social media dan dapat mengakomodasi segala kebutuhan social media marketing Anda.

Let’s talk about your brand