Yuk, Cari Tahu Pengertian Content Marketing & Detailnya

Penasaran? Yuk, Cari Tahu Pengertian Content Marketing & Detailnya

Ketika kamu memulai rasa penasaran dengan tren pemasaran TVC YouTube and content production tentu pernah mendengar istilah tagline “Content is the King”. Benar sekali, dampak content marketing digital sangat berperan penting dalam dunia digital marketing bisnis dalam menyampaikan pesan kepada audiens secara relevan dan konsisten. Untuk lebih memacu pebisnis lebih jeli memanfaatkan sebuah konten bisnis tentu perlu memahami secara mendalam pengertian content marketing bisnis itu sendiri. Terlebih untuk marketing digital, sebuah kunci pengertian content digital marketing menjadi kunci kesuksesan sebuah brand bisnis.

Tahukah kamu, bahwa terdapat informasi yang dihimpun oleh sebuah data analisis dari CoSchedule mengenai manfaat content marketing bisnis.

  • Bisnis yang dapat menulis lebih dari 16 artikel dalam waktu satu bulan dapat memperoleh traffic 3,5x lebih banyak dibanding yang hanya mampu mendistribusikan 0-4 artikel per bulan.
  • Metode content marketing digital lebih mampu mengkonversi penjualan 6x lebih besar dibanding metode marketing jenis lainnya.
  • Biaya yang dikeluarkan untuk strategi content marketing lebih rendah 62% dibanding cara traditional marketing.

Penasaran, kan. Kenapa kamu butuh pengertian content marketing bisnis secara detail? Di artikel ini kamu akan dapat pengertian content digital marketing secara tepat dan solusi untuk bisnis mencapai kesuksesannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Content Marketing Digital Menurut Ahli

Dilansir dari Forbes, maksud dari pengertian content marketing digital bisnis adalah strategi marketing dalam membuat, menyebarkan dan mengevaluasi konten relevan dan konsisten. Dengan menciptakan konten secara konsisten dengan tujuan yang tepat dapat menarik customer maupun audiens secara masif.

Adapun menurut Pulizzi (2009), pengertian content marketing bisnis digital adalah teknik memasarkan, mendistribusikan konten relevan dan berkualitas agar dapat melibatkan, memperoleh dan menarik target market potensial. Tujuan lainnya dengan mendorong tindakan audiens menjadi customer loyal.

Kemudian menurut Karen Handley at AI (2010), pengertian content digital marketing menjadi sesuatu yang dapat diciptakan atau dibagikan kepada individu maupun organisasi dengan menceritakan kisah atau sebuah percakapan. Content marketing tidak hanya dapat melakukan penjualan terus menerus, bukan pula menjadi taktik yang langsung menguntungkan bagi bisnis.

Sedangkan menurut Susan Gunelius dalam 30-Minute Social Media Marketing (McGraw-Hill, 2011) memberikan pengertian content marketing bisnis digital sebagai proses yang tidak langsung mempromosikan bisnis atau brand melalui konten teks atau video yang nilainya signifikan secara online maupun offline.

Dari pengertian para ahli di atas kamu dapat memahami informasi bahwa bisnis perlu membuat content marketing secara relevan dan konsisten, agar produk atau brand dapat selalu dekat dengan audiens. Selama mungkin bisnis dapat mempertahankan konten berkualitas untuk memperkuat kepercayaan dan keyakinan audiens terhadap brand bisnis.

Tujuan Bisnis Menggunakan Content Marketing

Secara umum, dalam membuktikan efektivitasnya, banyak perusahaan yang telah menggunakan strategi content marketing dalam mengembangkan bisnis mereka. Karena memiliki tingkat kesuksesan yang pasti, namun tujuan ini masih belum banyak diketahui oleh pebisnis baru yang ingin berkembang. Berikut tujuan content marketing untuk bisnis berhasil.

  • Investasi Jangka Panjang – Tujuan content marketing tidak berlaku untuk sesaat. Terutama dengan penerapan TVC YouTube and content production, audiens dapat menemukan konten bisnis kapan saja, dimana saja, ketika membutuhkan informasi yang kredibel dan relevan.
  • Menciptakan Brand Awareness – Tujuan berikutnya adalah membangun brand awareness. Ini sangat tepat untuk bisnis pemula. Karena strategi terbaik untuk membangun brand image yang bisa kamu siasati pada setiap konten yang dibuat untuk mengenalkan perusahaan bisnis.
  • Menjangkau Customer – Mendapatkan banyak customer atau pelanggan setia tentu menjadi tujuan brand bisnis. Dengan content marketing, bisnis dapat menjangkau banyak customer dari platform populer di social media.
  • Membentuk Kepercayaan – Untuk tujuan ini dapat berhasil, sebagai pebisnis kamu membutuhkan konsistensi konten kreatif agar audiens dapat mempercayai brand bisnis. Salah satunya dengan memberikan konten informatif maupun edukatif produk atau layanan bisnis.
  • Meningkatkan Traffic – Tentu dengan keempat tujuan di atas dapat memastikan peningkatan pengunjung terhadap brand bisnis di situs website maupun social media. Tentunya dengan konsisten, bisnis akan mendapat traffic tinggi yang mampu digemari banyak pengunjung konten di mesin pencarian.

Jenis Content Marketing Populer dan Detailnya

Setelah kamu mengetahui manfaat dan tujuan dari pengertian content digital marketing di atas, tentu ada jenis atau media yang harus kamu kuasai dalam menciptakan konten relevan dan berkualitas. Setidaknya ada 8 jenis content marketing yang tepat untuk bisnis digital.

Email Marketing

Email marketing merupakan jenis content marketing populer sejak kehadiran internet. Menurut mckinsey.com, aktivitas email memiliki tujuan marketing paling konsisten dan tinggi, yaitu 40 kali lipat lebih efektif dibandingkan dengan Twitter dan Facebook. Bentuk konten email marketing cukup bervariasi, mulai dari email promosi, newsletter, email shopping cart, sampai promosi ebook.

Baca Juga  6 Ide Brilian Content Marketing yang Siap Tingkatkan Engagement

Detail email marketing:

Salah satu detail bisnis dengan penerapan content digital marketing melalui email adalah konten IDEOWORKS.ID. Agency digital marketing tersebut dapat mengirimkan pesan newsletter produk atau layanan dengan memiliki pesan visual menarik dan relevan terkait layanan B2B digital marketing agency.

Paid Ads

Layanan iklan berbayar yang disediakan beberapa platform social media populer. Paid Ads ini dapat dimasukkan sebagai jenis content marketing efektif. Sebab, iklan mampu menarik audiens untuk mengambil sikap.

Detail Paid Ads:

Bisa kamu lihat brand bisnis yang menggunakan Paid Ads mampu berada di urutan pertama pencarian Google melalui keyword “Content Marketing”. Dengan begitu untuk meningkatkan engagement, bisnis dapat menerapkan Paid Ads mulai sekarang.

Ebook Marketing

Sebagai media yang bisa diandalkan untuk memuat informasi secara detail, ebook dibutuhkan oleh audiens bisnis. Biasanya, topik yang diangkat pada ebook cukup spesifik dan tidak terlalu banyak penjelasan (to the point), yang dilengkapi dengan hasil riset, uji coba, literasi dan lain sebagainya.

Detail Ebook marketing:

Salah satu perusahaan yang mendistribusikan ebook adalah website seachenginejournal—dengan konten yang mengulas panduan, tips and trik serta checklist yang lebih mudah ditemui secara online. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk profesional dan pebisnis.

Video Marketing

Video sangat efektif meningkatkan perhatian audiens di social media. Bahkan, sebuah penelitian menilai setidaknya ada 88% customer mengatakan kepercayaan terhadap produk atau layanan dengan menonton konten video marketing. Oleh karena itu, jenis strategi ini sangat tepat untuk bisnis.

Detail Video Marketing:

Salah satu video marketing yang menginspirasi adalah platform ecommerce. Karena setiap harinya mereka membagikan konten video di social media melalui reels Instagram berdurasi 60 menit. Pada video tersebut mereka menampilkan konten informatif seputar promosi yang relevan dan konsisten.

Podcast Marketing

Podcast saat ini telah menjelma sebagai salah satu jenis content marketing yang populer ditonton maupun didengarkan. Menurut Podcast Insight, ada sekitar 80% pendengar podcast tertarik untuk mendengarkan setiap episode-nya. Tentu hal ini menjadi peluang bisnis untuk memasarkan produk melalui podcast.

Detail Podcast Marketing:

Brand bisnis seperti Shopify, Basecamp, hingga Slack telah berinvestasi dalam membuat podcast bermerek. Statistik yang menunjukkan bahwa pemasar harus mempertimbangkan untuk beriklan di podcast. Berdasarkan data Statista, pengeluaran iklan podcast di AS telah mencapai $1,74 miliar pada 2022 (meningkat 23% dari tahun sebelumnya). Sementara menurut Edison Research, pendengar podcast mingguan dapat mendengarkan rata-rata delapan podcast per Minggu-nya.

Blog Marketing

Blog berperan penting dalam meningkatkan traffic website untuk informasi bisnis trend. Bahkan sebesar 70% audiens lebih menyukai informasi dari blog dibandingkan iklan tradisional. Artinya, blog berpotensi untuk meningkatkan penjualan dan membangun awareness bisnis.

Detail Blog marketing:

Dalam hal ini brand bisnis yang memanfaatkan content marketing blog adalah IDEOWORKS.ID. Dalam blog artikel-nya, IDEOWORKS telah membagikan konten seputar layanan bisnis marketing & advertising, strategi komunikasi, creative campaign, hingga integrated marketing terpercaya. Melalui konten tersebut, IDEOWORKS.DI, telah dipercaya audiens atau pembaca dengan meningkatnya traffic website.

Infografis Marketing

Infografis menjadi pengertian content marketing bisnis yang menonjolkan sisi visual dengan teks singkat sebagai penjelasannya. Teks berisikan informasi penting yang mendukung grafis dan diagram yang berisi data faktual.

Detail infografis marketing:

Konten infografis yang biasa digunakan oleh perusahaan Kementerian maupun ecommerce untuk mendukung data-data penting dalam satu poster konten website maupun social media.

Social Media Marketing

Penggunaan yang paling utama untuk bisnis setiap harinya adalah social media marketing platform. Berdasarkan CMI, bahwa B2C yang telah membagikan konten di 2 platform social media mendapatkan persentase yang memuaskan, Facebook (59%) dan Instagram (21%).

Detail social media marketing:

Hampir seluruh perusahaan kecil, menengah dan besar di era modern memanfaatkan social media dengan membagikan content marketing. Salah satunya adalah IDEOWORKS.ID yang memberikan seputar informasi layanan brand bisnis, keunggulan, dan solusi informatif setiap harinya. Selain itu IDEOWORKS.ID terus berusaha membangun brand awareness melalui logo brand, deskripsi bio, hingga visual yang memanjakan audiens.

IDEOWORKS Solusi Content Marketing Bisnis Kamu

Setelah mendapatkan informasi seputar pengertian content marketing bisnis digital, bisnis butuh layanan yang tepat dan efektif dalam menerapkannya. IDEOWORKS.ID telah menjadi solusi efektif dan terpercaya bagi ratusan bisnis di Indonesia yang menyukseskan layanan TVC YouTube and content production untuk brand bisnis mereka. Tentu kamu gak mau melewatkan kesempatan ini, kan? Hubungi IDEOWORKS.ID sekarang!

 

Baca Juga :

5 Macam Strategi Content Marketing yang Ampuh untuk Tahun 2023



Let’s talk about your brand

    Add comment: