Brand development adalah strategi mengembangkan dan mengelola merek secara berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah membangun brand yang bertahan lama.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Anda harus menetapkan identitas merek terlebih dulu. Kemudian, tentukan brand value yang ingin Anda sampaikan kepada target audiens.
Berdasarkan value tersebut, kembangkan strategi komunikasi brand yang efektif. Di samping itu, Anda juga perlu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Tak kalah penting, strategi pengembangan brand juga mengharuskan Anda untuk memantau dan mengukur performa brand secara berkelanjutan.
Key Points:
-
- Salah satu penyebab utama branding bisnis bisa gagal adalah kurangnya pemahaman tentang brand development.
- Brand development adalah strategi mengembangkan dan mengelola merek secara berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah membangun brand yang bertahan lama.
- Brand development dapat meningkatkan jangkauan merek, menumbuhkan brand loyalty, mempermudah pengenalan opsi premium, dan mendorong fokus tim marketing.
Mengapa ada brand yang bisa bertahan lama hingga puluhan tahun? Lalu, mengapa beberapa brand justru mudah dilupakan? Artinya, brand pada kelompok kedua gagal melakukan branding yang tepat. Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya pemahaman tentang brand development.
Branding lebih dari sekadar logo dan slogan. Banyak aspek penting yang perlu Anda perhatikan dalam membangun sebuah merek. Seluruh aspek ini terangkum dalam proses brand development.
Ketahui informasi selengkapnya berikut ini untuk menghindari kegagalan branding.
Manfaat Brand Development Strategy
Berdasarkan penjelasan tentang apa itu brand development, bisa dikatakan bahwa strategi satu ini harus dilakukan secara terus-menerus. Dengan begitu, bisnis Anda dapat merasakan berbagai manfaat berikut:
-
Meningkatkan jangkauan brand
Brand development dapat membantu Anda membangun merek yang kuat. Hal ini akan membuat brand Anda lebih mudah dikenal dan diingat oleh target audiens. Dengan begitu, lambat laun brand Anda pun dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Semakin tinggi jangkauannya, akan semakin besar pula peluang untuk menghasilkan penjualan.
-
Menumbuhkan kesetiaan brand pada konsumen
Strategi brand development yang tepat mampu menumbuhkan kesetiaan konsumen terhadap brand. Kuncinya adalah menentukan brand values yang kuat, lalu konsistenlah mengkomunikasikannya. Jadi, konsumen yang memiliki values serupa pun akan mendekat kepada Anda. Dari sinilah brand loyalty dapat terbentuk, yang akan berdampak baik terhadap penjualan.
-
Mempermudah pengenalan opsi premium
Saat konsumen memiliki kesetiaan terhadap brand Anda, mereka akan sulit berpaling ke produk pesaing. Bahkan jika Anda menaikkan harga produk sekalipun. Situasi ini dapat mempermudah bisnis Anda jika suatu hari hendak menawarkan produk versi premium. Namun, pastikan kenaikan harga tersebut juga dibarengi dengan peningkatan kualitas.
-
Mendorong fokus dan produktivitas tim marketing
Strategi untuk mengembangkan branding mencakup pemahaman mendalam tentang target audiens dan tujuan yang ingin dicapai. Dengan informasi tersebut, tim marketing bisa fokus membuat konten yang tepat. Alhasil, konten-konten marketing Anda pun akan tepat sasaran dan relevan dengan target audiens, serta sejalan dengan tujuan bisnis.
Contoh Brand Development Services
Untuk merasakan berbagai manfaat di atas secara penuh, ada banyak aspek yang perlu Anda perhatikan. Kabar baiknya, Anda tidak harus melakukan segala sesuatunya sendiri. Anda bisa menggunakan jasa agency untuk menjalankan aspek-aspek berikut:
-
Riset pasar
Selalu awali dengan riset pasar. Tujuannya untuk mengenali target audiens secara mendalam; mulai dari demografis, kebutuhan, hingga kebiasaan belanja mereka. Tak hanya itu, riset pasar juga penting untuk memberi Anda pemahaman tentang kondisi pasar. Hal ini mencakup tren industri, selera pasar, hingga analisis kompetitor.
-
Pengembangan strategi content marketing
Konten merupakan aspek penting dalam brand development strategy. Ia dapat membantu Anda membangun interaksi dengan target audiens, meningkatkan visibilitas di tengah persaingan, hingga menaikkan penjualan. Gunakan hasil riset pasar untuk membuat content marketing yang relevan dan mampu menonjolkan brand values Anda.
-
Analisis performa
Pengembangan brand dalah proses berkelanjutan. Agar proses berikutnya lebih baik daripada sebelumnya, Anda perlu melakukan analisis performa merek. Hal ini dapat memberi Anda informasi tentang strategi yang berjalan baik dan masih kurang. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan strategi pengembangan merek sesuai kondisi.
Brand development merupakan strategi penting untuk membangun merek yang kuat dan bertahan lama. Supaya prosesnya berjalan efisien dan hasilnya pun efektif, percayakan kepada tim ahli yang berpengalaman seperti IDEOWORKS.
Mulai dari pengembangan identitas merek, perancangan strategi branding, hingga pembuatan content marketing, IDEOWORKS akan mendukung secara optimal. Tak hanya itu, layanan pengembangan merek dari IDEOWORKS juga mencakup monitoring dan analisis performa. Jadi, Anda pun bisa mengimplementasi strategy secara menyeluruh. Hubungi tim IDEOWORKS sekarang juga untuk memperkuat branding bisnis Anda!