Digital marketing bukan hanya tentang menciptakan konten yang menarik atau mengatur strategi tepat untuk suatu produk. Hal yang paling utama dalam digital marketing adalah digital analytic & measurement. Menganalisis data dari sebuah campaign akan membantu pebisnis untuk menentukan arah pasar sekaligus menciptakan produk yang tepat sasaran.
Mengenal apa itu digital analytic
Digital analytic adalah proses pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber digital untuk menentukan strategi marketing. Umumnya, akan ada tiga tahapan digital analytic, yakni pengumpulan data, analisis, dan terakhir pelaksanaan strategi berdasarkan analisis data dari berbagai sumber digital.
Data-data tersebut berasal dari beberapa sumber, antara lain data website, data produk, data digital marketing, dan data internal customer. Data website biasanya berupa data demografis yang mengidentifikasi pengunjung situs dan apa yang mereka lakukan di situs tersebut.
Product data berisi mengenai data kebiasaan customer saat berinteraksi dengan produk Anda. Sementara itu, data digital marketing berisi data dari campaign digital marketing yang berisi informasi mengenai calon pelanggan, yakni dalam bentuk data keyword dan data media sosial. Data terakhir adalah data internal customer, yakni data yang biasanya digunakan untuk mencari tahu komplain pelanggan, rincian akun, hingga histori transaksi.
Contoh sederhananya adalah Netflix dan Amazon. Kedua perusahaan ini mengambil data customer berupa histori pencarian dan preferensi konten mereka, kemudian menganalisis data tersebut untuk menentukan rekomendasi konten dan produk yang relevan.
Perlukah bisnis menggunakan digital analytic?
Penggunaan digital analytic tools dalam kondisi bisnis di masa sekarang bisa dibilang sangat krusial. Bila dulu manajer dan marketer produk mengandalkan pengalaman di masa lalu serta intuisi untuk menentukan keputusan bisnis, maka saat ini digital analytic adalah jawaban yang ilmiah atas kebutuhan tersebut.
Keputusan bisnis yang diambil cenderung lebih akurat karena pendekatan yang digunakan dibuat berdasarkan fakta. Dengan begitu, tidak ada lagi yang namanya salah langkah hanya karena kesalahan analisis.
Digital analytic & measurement tools
Ada banyak digital analytic & measurement tools yang dapat digunakan oleh pebisnis untuk menganalisis kondisi bisnis mereka sendiri. Berikut ini adalah rekomendasi digital analytic & measurement tools yang bisa Anda pelajari agar bisnis yang Anda jalankan bisa naik level.
- Google Analytics
Google Analytics merupakan tool yang paling populer, gratis, sederhana, dan dapat didukung dengan tool lainnya. Tool ini biasanya dipakai untuk mengukur banyaknya customer masuk ke dalam website Anda. Sedikit tips, analis biasanya memanfaatkan Google Analytics dan tracking tool lain secara paralel sebagai perbandingan.
- Google Tag Manager
Google Tag Manager memungkinkan penggunanya untuk menentukan tags marketing sekaligus analisisnya dalam satu tempat. Data tags nantinya akan digunakan untuk menganalisis kebiasaan pelanggan saat berada di suatu website.
- Amplitude
Amplitude digunakan untuk menyatukan dan menganalisis data dari berbagai channel dan platform pada satu produk. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan A/B test sekaligus menganalisis hasilnya secara real-time. Pebisnis kerap menciptakan prediksi-prediksi bisnis berdasarkan data yang dianalisis dengan aplikasi ini.
Implementasi strategi digital analytic
Ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan sebelum mulai menganalisis data digital. Langkah-langkah tersebut antara lain:
- Kenali keterbatasan bisnis Anda
Apakah Anda punya alasan untuk meng-upgrade bisnis Anda secara digital? Bisnis Anda mungkin saja tidak memungkinkan Anda untuk melakukan perhitungan prediksi dan rekomendasi perkembangan bisnis. Sebagai langkah pertama, pebisnis hendaknya mencoba mengumpulkan data serta menganalisisnya sendiri.
- Tetapkan tujuan dengan jelas
Menentukan tujuan analisis bisnis akan membantu Anda menemukan jenis analisis seperti apa yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda. Beberapa tujuan digital analytics yang paling umum antara lain pengembangan produk dan fitur, personalisasi pengalaman pelanggan, hingga optimalisasi conversion flow.
- Pilih tool yang tepat
Tidak semua tools cocok untuk semua jenis bisnis. Manfaatkan penawaran demo atau trial gratis untuk melihat apakah tools digital analytic & measurement yang mereka tawarkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.
Mengatur dan menggunakan digital analytic & measurement tools memang butuh ketelitian dan pengalaman. Sebagai digital agency yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun, Ideoworks membantu pebisnis untuk mengimplementasikan strategi digital analytic & measurement sehingga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan bisnis yang selama ini menjadi beban pikiran.
Selain itu, pebisnis juga bisa meminta Ideoworks untuk membuat rekomendasi mengenai langkah digital terbaik yang efektif untuk bisnis mereka. Klik di sini untuk terhubung dengan Ideoworks!