Preloader
Ragam Jenis Pekerjaan Seru di Digital Agency yang Perlu Kamu Tahu

Ragam Jenis Pekerjaan Seru di Digital Agency yang Perlu Kamu Tahu

Ketika mendengar seruan bekerja di digital agency pasti yang terbesit dalam benak Anda adalah pekerjaan yang lebih banyak berpikir keras dan hanya menuntut kreativitas tinggi. Banyak dari pekerja kreatif agency harus menekuni bidang yang under pressure dari klien dan manajemen digital agency. Anda salah besar! Pekerjaan seru tentu lebih dominan di bidang jasa digital advertising agency, khususnya digital agency Jakarta. Oleh karena itu semakin hari, semakin banyak dibutuhkan.

Bahkan, istilah digital marketing agency Indonesia semakin populer dikalangan anak muda milenial untuk menjadi salah satu perusahaan favorit. Alasannya pun beragam, mulai dari menyukai industri kreatif, jam kerja fleksibel, dan pastinya culture company yang dibutuhkan anak muda untuk berkembang lebih pesat dari perusahaan lain. Karir di digital agency menjadi satu pilihan tepat saat ini, karena akan ada beragam macam passion yang berkesinambungan untuk belajar dan bekerja intensif demi mengeksplorasi lebih banyak pengalaman baru.

Bagi Anda yang mampu bersaing di era digitalisasi pasti dapat berkembang pesat meraih karir dan ilmu pengetahuan. Di bidang digital marketing agency Indonesia memiliki banyak fokus karir dan skill seperti SEO, SEM, content creator, social media marketing dan masih banyak lagi yang bisa Anda kuasai. Meski pada umumnya Anda tidak harus kuasai semua, dengan bergabung di perusahaan digital advertising agency, benefit skill yang Anda dapatkan itu pasti. Sedangkan fokus skill yang menjadi dasar Anda tekuni bisa mencapai tahap expert, lho.

Jadi, masih ragu dengan skill yang Anda miliki saat ini? Kalau begitu cari tau lebih lanjut ragam jenis pekerjaan seru di digital marketing agency Indonesia berikut ini.

Apa itu Digital Agency?

Digital agency adalah perusahaan atau model bisnis yang menyediakan jasa atau layanan untuk meningkatkan sebuah tujuan marketing brand atau produk. Menurut AdExchanger yang mengutip Stefan Farella, secara historical agency merupakan perusahaan atau agen yang bertanggung jawab dalam pengembangan pesan digital. Maksudnya pesan di sini adalah penyampaian campaign brand marketing.

Masih banyaknya bisnis di luar sana yang belum mengetahui bila seseorang bekerja untuk digital advertising agency, maka mereka melakukan pekerjaan yang berafiliasi dengan beberapa bisnis, perusahaan, kelompok maupun individu. Dengan perkembangan zaman teknologi inilah, bisnis dan digital agency pun semakin melebarkan sayap mereka. Kebutuhan sumber daya manusia pun semakin besar untuk mengisi posisi di digital agency. Salah satunya digital agency Jakarta yang telah dipercaya untuk berkompetisi meningkatkan persaingan antar lini bisnis yang pesat di Ibu Kota.

Berikut pekerjaan seru di digital agency yang bisa Anda ketahui:

Social Media Specialist

Secara sederhana, pekerjaan seru seorang social media specialist memiliki tanggung jawab dan kendali mengelola seluruh isi jenjang sosial perusahaan bisnis. Sebagai jasa digital agency terbaik, pekerjaan ini bukan hanya memposting foto, video, caption, dan tagar di dalamnya. Tetapi lebih mempunyai sifat manajerial dan perencanaan strategis yang matang.

Mulai dari membuat content planning, penempatan konten untuk masing-masing social media berbeda, pemilihan visual desain, deskripsi dengan kata-kata dan hashtag yang tepat, sampai menentukan waktu publikasi yang efektif.

Dalam prakteknya, social media specialist akan melakukan koordinasi dengan tim digital marketing untuk segala sesuatu insight strategi yang tepat. Saat ini, pekerjaan seru social media specialist sangat penting dalam membangun citra dan popularitas brand ke publik, bisa juga dianggap sebagai kunci kesuksesan dan pertahanan karir di masa depan.

Ragam tugas Social Media Specialist secara umum di digital agency Jakarta:

  • Dapat berinteraksi dengan audiens secara aktif di social media
  • Mampu menganalisa dan mengevaluasi respon audiens
  • Dapat membangun dan memperkuat identitas brand image
  • Mampu memelihara kredibilitas brand dan menjaga kepercayaan customer
  • Dapat merencanakan strategi event secara langsung
  • Mampu membuat reporting social media perusahaan
  • Dapat mengikuti perkembangan tren social media
  • Dapat memberikan arahan kepada tim desain terkait visual konten

Content Strategist/Social Media Strategist

Pekerjaan seru menjadi content strategist atau social media strategist sebagian besar tugasnya sama, yaitu bertanggung jawab dalam mengatur strategi yang tepat. Keduanya dapat memberikan insight terkait konten-konten yang akan build-up oleh timnya, membuat rencana untuk sebuah campaign agar mencapai Key Performance Indicator (KPI), dapat merancang strategi promosi produk di berbagai social media. Seseorang content strategist atau social media strategist harus mampu menganalisis traffic social media dengan kemampuan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing).

Content Writer/Copywriter

Sama halnya content dan social media specialist, jasa digital agency terbaik memiliki pekerjaan seru di bidang copywriter dan content writer. Kedua memiliki satu kesatuan skill dan beban target yang hampir sama, yaitu dapat membuat tulisan menjadi sebuah senjata untuk meningkatkan traffic campaign maupun promosi produk. Untuk menjadi seorang copywriter, kemampuan yang harus Anda miliki yaitu mengolah kata menjadi kalimat call to action. Kata maupun kalimat yang dirangkai seorang copywriter harus persuasif dan sesuai target pasar.

Sedangkan, menjadi seorang content writer Anda difokuskan untuk membuat konten dalam bentuk tulisan yang bertujuan mengedukasi dan menghibur pengunjung situs. Content writer tentunya dituntut untuk menjadi kreatif dengan menulis di berbagai platform seperti blog dan website, terkadang juga mampu membuat skrip video.

SEO (Search Engine Optimization dan SEM (Search Engine Marketing) Specialist

Pekerjaan seru berikutnya di digital advertising agency menjadi SEO/SEM Specialist yang bertujuan memaksimalkan traffic website, membuat website untuk terus berada di pencarian paling atas. Jasa digital agency terbaik memiliki seorang SEO/SEM specialist yang memahami algoritma dari mesin pencarian seperti Google. SEO merupakan bagian dari SEM yang keduanya sama-sama berfokus pada memaksimalkan traffic, memasarkan website melalui iklan maupun hasil pencarian organik.

Ragam tugas SEO yang umum di digital agency Jakarta:

  • Bertanggung jawab dalam memastikan website yang dikembangkan sudah optimal secara teknis
  • Mengatur strategi konten yang akan di posting, konten tersebut berisi keywords atau phrase tertentu
  • Mampu membuat rincian laporan kepada klien tentang performa website yang sudah dioptimalkan SEO-nya
  • Bertanggung jawab mempromosikan website secara onsite maupun offsite
  • Bertanggung jawab membuat arsitektur teknis
  • Memiliki pengetahuan SEO Copywriting, desain layout, teknik iklan secara maksimal
  • Bertanggung jawab untuk memastikan semua konten sudah optimal di semua platform bisnis
  • Mampu menganalisa sistem seharusnya bekerja dan bagaimana pengaruh perubahan
  • Bertanggung jawab meningkatkan interaksi yang membangun peringkat di mesin pencaria

Graphic Designer

Pekerjaan seru satu ini memang menjadi favorit anak muda milenial untuk bekerja, hobi, maupun freelancer. Apabila Anda memiliki keterampilan mendesain, tepat sekali untuk bergabung dengan jasa digital agency terbaik. Seorang graphic designer menjadi salah satu bagian dari marketing bisnis yang cukup potensial. Untuk menjadi graphic designer, Anda wajib mengerti beberapa software editing foto dan video seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Figma, dll.

UI/UX Designer

Perbedaan jenis pekerjaan UI/UX Designer dengan Graphic Designer adalah merancang konsep sebuah website yang futuristik atau catchy. UX designer bertanggung jawab untuk penggunaan kata puas atau merasa cukup bagus ketika mengakses website/mobile bisnis. Sedangkan seorang UI dapat bertanggung jawab untuk membuat desain menarik sesuai arahan UX designer.

Web/Mobile Developer

Ketika menjadi seorang web/mobile developer pada jasa digital agency terbaik, tentu membuka peluang Anda menjadi ahli membangun website bisnis. Karena membangun website membuka peluang 24 jam mendatangkan customer secara profesional. Oleh sebab itu, seorang web/mobile developer sangat menjanjikan dan dibutuhkan dalam bidang ini. Pekerjaan seru untuk menjalankan bahasa pemrograman seperti JavaScript, HTML, CSS, Jquery, dan lain sebagainya.

CRM (Customer Relationship Management) Staff

Pekerjaan seru CRM staff adalah bertanggung jawab menjaga hubungan baik antar pengguna dan perusahaan bisnis. Seorang CRM harus mampu membantu bisnis melacak perilaku calon customer potensial dengan merekam riwayat percakapan yang terjadi dalam bisnis melalui email, telepon, aplikasi message, dsb.

Secara keseluruhan, jenis pekerjaan seru di atas tentu digunakan oleh digital marketing agency Indonesia, termasuk digital agency Jakarta secara profesional. Semua pekerjaan tersebut saling terhubung yang terfokus pada satu tujuan digital marketing sukses untuk pebisnis maupun perusahaan. Meski beberapa perusahaan masih memberikan task yang dijadikan dalam satu job—asal tidak terbukti membebankan proyek bisnis-nya. So, tunggu apalagi untuk berkarir di industri digital agency yang jenis pekerjaannya sangat seru untuk karir dan masa depan Anda.

Let’s talk about your brand