Articles

19 Mei 2021

Search Marketing atau Search Engine Marketing, Apa Bedanya?

Search Marketing atau Search Engine Marketing? Kami mengajukan pertanyaan ini sejak awal karena secara online ada perbedaan mengenai apa itu Search Engine Marketing dan Search Marketing. Seperti apa perbedaan antara dua istilah tersebut dan apa perannya dalam pemasaran digital bisnis Anda? Kami, sebagai advertising agency Indonesia akan memberikan gambaran detailnya. 

Awal mula Search Marketing

Mari dibuat sederhana, Jika Anda ingin memasarkan bisnis di internet, Anda memerlukan campuran aktivitas berbayar dan tidak berbayar untuk menggaet para user. Dan itu termasuk:

  • Search Engine Optimisation - mengubah situs web Anda untuk mendapatkan hasil traffic organik
  • Search Marketing - menggunakan strategi berbayar online untuk meningkatkan visibilitas yang pada akhirnya membuahkan traffic.

Saat Anda memasukkan istilah ‘search engine’ dan tekan tombol 'enter', Anda mendapatkan halaman hasil. Hasil ini disebut Search Engine Results Page, atau SERPs. Beberapa hasil SERP organik - yang diperoleh secara alami karena konten situs memberikan apa yang dicari pengguna. Hasil lainnya, yang biasanya muncul di atas, di satu sisi atau di bawah, adalah hasil 'sponsor' atau 'iklan'.

Secara teori, semakin tinggi peringkat Anda baik itu melalui iklan atau organik, makin tinggi juga klik yang akan Anda dapatkan. Dan hampir semua brand ingin memiliki posisi teratas pada Search Engine Results Page di Google. 

 

SEO

Pengoptimalan SEO (Search Engine Optimisation) adalah aktivitas membuat situs web Anda lebih relevan dengan penelusuran online, dan meningkatkan peringkat search engine. Ini termasuk elemen on page (seperti kata kunci), off page (seperti pembuatan tautan) dan teknis (seperti kecepatan situs). SEO terbaik adalah perpaduan sempurna dari semuanya.

Search engine mengirimkan 'spider' untuk merayapi halaman web dari setiap situs, mengambil cuplikan dari konten halaman. Algoritma search engine kemudian memutuskan seberapa baik sebuah halaman harus diberi peringkat berdasarkan pencariannya. Secara umum, sebuah halaman harus memiliki unsur di bawah ini:

  • Sangat relevan dengan topik tertentu
  • Menyertakan topik halaman dalam tag judul, di URL, dan dalam teks gambar. 
  • Sebutkan subjek lebih dari sekali di seluruh teks
  • Jadilah unik dalam konten
  • Tautan eksternal
  • Memiliki tautan kembali ke kategori dan halaman sub kategori

Paid Search

Pencarian berbayar dalam definisi paling dasar adalah iklan yang muncul ketika seseorang mencari sesuatu secara online dan ketika seseorang mengklik, maka Anda harus membayar iklan tersebut. Idealnya, karena Anda tetap membayar untuk klik tersebut, Anda ingin orang yang telah mengklik tersebut menjadi pelanggan. Ada kesamaan antara keduanya, dan tentu saja perbedaan - di luar dasar-dasar bahwa yang satu dibayar dan yang lainnya organik. Sebagai contoh:

 

Kesamaan : 

1. Kata kunci (keyword) dan Frase unik

Dibayar dan organik keduanya membutuhkan penelitian untuk menghasilkan keyword terbaik yang ditargetkan. 

2. SERPS

Bagian dari pemasaran berbayar dan organik adalah tentang peningkatan visibilitas dalam hasil mesin pencari

3. Memahami Audiens Anda

Keduanya membutuhkan pengetahuan yang baik tentang audiens Anda, serta apa yang mereka inginkan ketika mengklik sebuah postingan.

 

Perbedaan :

1. Waktu

Dengan SEO, dibutuhkan waktu untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman hasil pencarian, sedangkan SEM dimulai saat Anda memulai sebuah campaign.

2. Pembayaran 

SEM, Anda bayarkan setiap kali seseorang mengklik (ada variasi dalam hal ini, tetapi pada dasarnya tentang pembayaran untuk satu kali tayang atau klik). Dengan SEO, Anda tak perlu membayar setiap postingan yang diklik oleh user. 

3. Memilih Audiens

Iklan berbayar dapat menargetkan audiens yang sangat spesifik. Mungkin saja untuk menargetkan niche dengan SEO, tetapi Anda tidak dapat memilih siapa yang mendapatkan hasil itu dengan cara yang sama seperti yang dibayar.

 

SEO atau Search Marketing, yang mana?

Meskipun teknik yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda, Anda harus hadir di kedua area tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik. SEM (Search Marketing) adalah untuk menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia. Anda mendapatkan peringkat pencarian yang lebih tinggi dan langsung memikirkan orang-orang yang secara aktif mencari layanan Anda.

Search Marketing merupakan beberapa cara berbayar yang mempengaruhi Organic Search. Seorang marketer yang berpengalaman dapat memahami hubungan antara berbayar dan organik dan bagaimana pembayaran dapat mempengaruhi klik organik. Misalnya, orang yang melihat iklan berbayar dan iklan organik lebih cenderung untuk mengklik iklan organik (dilihat dari Google ‘Incremental Clicks Impact of Search Advertising') atau user yang telah menelusuri dan melihat atau mengklik iklan suatu bisnis lebih cenderung mengklik hasil organik. Ini juga menjelaskan mengapa Anda membutuhkan SEO dan S(E)M, dan tidak hanya mengandalkan pemasaran online berbayar.

 

Manfaat

Paid search atau organik sama-sama membawa manfaatnya sendiri. Paid Search misalnya dapat mengenalkan brand Anda dengan cepat ke audience yang baru. Ini dapat menghasilkan pendapatan dengan cepat juga dan menjangkau orang-orang sesuai keinginan mereka - di waktu yang tepat.  

Sebagian besar lalu lintas situs web berasal dari SEO dan tidak ada yang membangun kepercayaan pada merek seperti halaman SEO yang dibuat dengan baik. Ini juga lebih murah daripada berbayar.

Jika brand Anda masih belum masuk dalam daftar pencarian terpenting di halaman mesin pencari. Maka kami, IDEOWORKS.ID sebagai advertising agency Indonesia siap menjadi partner Anda untuk meningkatkan awareness brand Anda sekaligus meningkatkan peringkat bisnis Anda dalam search engine machine.

Category

Featured Articles

Related Articles

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top