Seperti Inilah Cara Kerja SEO On-Page dan Off-Page

Seperti Inilah Cara Kerja SEO On-Page dan Off-Page

Key Points:

  • Cara kerja SEO pada umumnya mengandalkan proses crawling, indexing, dan ranking.
  • SEO onpage adalah strategi mengoptimalkan halaman web dengan fokus pada elemen-elemen internal website. Beberapa contohnya adalah internal linking, pembagian konten situs, serta penggunaan title tag dan meta description.
  • SEO off-page fokus membangun kredibilitas dan popularitas website di luar website itu sendiri. Caranya bisa dengan link building, membuat konten bersifat E-A-T, listing bisnis, dan engagement di media sosial.

Salah satu kunci utama untuk menjangkau semakin banyak calon pelanggan adalah memiliki website yang mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Di sinilah Anda perlu memahami cara kerja SEO.

SEO atau search engine optimization adalah strategi untuk mengoptimalkan website agar muncul di peringkat atas hasil pencarian dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

SEO terdiri dari berbagai jenis dengan cara kerja yang berbeda. Dengan memahami bagaimana cara kerja SEO, Anda dapat menentukan strategi yang paling efektif bagi bisnis. 

Seperti Inilah Cara Kerja SEO On-Page dan Off-Page

Bagaimana Cara Kerja SEO Pada Umumnya?

SEO bekerja dengan menjalankan tiga proses utama pada mesin pencari. Proses ini meliputi tahap crawling, indexing, dan ranking.

Mesin pencari melakukan crawling untuk menemukan konten terbaru di web. Caranya dengan menggunakan web crawler atau spiderbot untuk mengindeks berbagai halaman web.

Setelah menemukan konten atau informasi baru, web crawler akan menginput halaman web tersebut ke indeks pencarian. Proses inilah yang dinamakan indexing. Jadi, saat pengguna mencari informasi, mesin pencari akan mengambilnya dari halaman web yang sudah terindeks.

Kemudian, halaman web dalam indeks pencarian akan ditampilkan pada search engine result page (SERP) atau hasil pencarian. Proses ranking ini akan mengurutkan konten mulai dari yang paling relevan.

Nah, cara kerja SEO tersebut berlaku secara umum. Secara lebih spesifik, cara kerjanya akan bergantung pada jenis-jenis SEO. Terdapat dua kategori utama yang perlu Anda ketahui, yaitu onpage dan offpage

Mengenal Cara Kerja SEO Onpage

SEO onpage adalah strategi mengoptimalkan halaman web dengan fokus pada elemen-elemen internal website. Berikut beberapa cara utama yang bisa Anda terapkan:

  • Internal linking

Internal linking adalah strategi memberikan tautan internal pada konten-konten website Anda. Tampilannya berupa hyperlink yang, ketika diklik, akan mengarahkan Anda ke halaman lain di website yang sama.

Strategi ini dapat membangun struktur website Anda, sehingga mesin pencari bisa memahami hubungan antara halaman web yang ada di website. Selain itu, internal linking juga membantu pengunjung untuk menavigasi website Anda.

  • Pembagian konten situs

Cara kerja SEO onpage akan lebih optimal jika Anda membagi konten web menjadi beberapa bagian. Gunakan headings dan poin-poin untuk mengatur isi konten agar tidak terlihat “penuh”. Dengan begitu, pengunjung pun bisa lebih nyaman saat membaca konten Anda.

Tak hanya itu, strategi ini juga dapat memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi yang dicari. Hal ini bisa meningkatkan peluang halaman web untuk muncul pada peringkat atas hasil pencarian online.

  • Penggunaan title tag dan meta description

Jangan lupa cantumkan title tag dan meta description pada setiap halaman web. Title tag adalah kode HTML yang menunjukkan judul halaman web. Judul inilah yang akan ditampilkan pada mesin pencari, tab browser, hingga postingan media sosial.

Sementara itu, meta description adalah elemen HTML yang menyediakan ringkasan singkat tentang halaman web. Pada hasil pencarian, ia biasanya ditampilkan di bawah judul. Dengan adanya meta description, pengguna bisa mengetahui gambaran isi konten web sebelum mengkliknya.

Mengenal Cara Kerja SEO Off-page

Di samping SEO onpage, ada pula SEO off-page yang fokus membangun kredibilitas dan popularitas website di luar website itu sendiri. Bagaimana caranya?

  • Link building

Link building adalah strategi mendapatkan backlinks dari website lain yang relevan. Semakin banyak backlinks yang didapatkan, website Anda akan terlihat semakin kredibel di mata mesin pencari. Terlebih jika backlinks tersebut berasal dari website berdomain resmi yang tak kalah kredibel.

  • Fokus pada E-A-T

Mesin pencari seperti Google menerapkan kerangka expertise, authoritativeness, dan trustworthiness (E-A-T) dalam menilai kualitas website. Karena itu, buatlah konten web yang mampu menonjolkan ketiga hal tersebut. Selalu lakukan riset yang matang sebelum Anda membuat konten.

  • Listing bisnis

Perkuat cara kerja SEO off-page dengan menambahkan informasi bisnis Anda ke direktori online dan website review. Strategi ini disebut dengan listing bisnis. Dengan cara ini, Anda juga bisa meningkatkan visibilitas website pada hasil pencarian.

  • Engagement di media sosial

Buatlah konten-konten yang relevan dan menarik perhatian. Hal ini dapat meningkatkan peluang konten Anda dibagikan di media sosial. Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda, akan semakin tinggi pula traffic yang masuk ke website Anda.

 

Meskipun berbeda, SEO onpage dan offpage sebaiknya dijalankan secara beriringan agar bisnis Anda semakin mudah ditemukan. Tak perlu bingung harus mulai dari mana, Anda bisa menerapkan cara kerja SEO dengan bantuan tim ahli dari IDEOWORKS.

Dengan tim profesional dan berpengalaman, IDEOWORKS akan membantu Anda merancang, mengeksekusi, dan mengoptimalkan strategi SEO onpage maupun offpage. Anda pun bisa menjangkau pelanggan potensial untuk mengembangkan bisnis. Segera hubungi kontak IDEOWORKS untuk mulai berkonsultasi!

Further Reading:

Let’s talk about your brand