Bukan hanya sekadar bikin konten, kegiatan pemasaran yang tim creative agency lakukan, mencakup perencanaan dan strategi yang matang. Tapi sepenting apa sih perannya bagi sebuah brand? Yuk, intip serba-serbinya berikut ini. Pertama, Anda harus mengetahui dulu definisi apa itu creative agency. Selanjutnya Anda bisa memahami lebih dalam apa saja tugas dan bagiannya, perbedaan dengan jenis agency lainnya, fungsi, hingga tips mencari yang tepat.
Definisi Creative Agency?
Agensi kreatif merupakan jasa yang menawarkan berbagai layanan di bawah payung pemasaran dan juga periklanan. Mereka lebih berfokus pada sisi kreatif sebuah pemasaran brand produk atau jasa agar terlihat lebih menarik secara visual. Mulai dari membuat logo, desain kemasan, kartu nama, pemilihan warna, font, hingga seluruh konsep branding secara komprehensif. Jika melihat strukturnya, creative agency lebih berfokus pada tim kreatif daripada tim pemasaran atau periklanannya.
Sederhananya, jika Anda memiliki brand produk dan memerlukan segala jenis strategi kreatif, pekerjaan, atau promosi untuk meningkatkan branding, maka mereka dapat membantu Anda menyelesaikannya. Ada banyak layanan pemasaran yang ditawarkan, meski tidak semua agency memiliki layanan tersebut, beberapa agensi kreatif memiliki spesialisasi khusus yang mungkin tidak dimiliki agensi yang lain.
Berikut daftar layanan spesialisasi khusus atau creative agency service list yang disediakan beberapa agensi:
- Strategi Konten
- Layanan Strategi
- Strategi periklanan, merek, pemasaran dan media sosial
- Pengukuran dan Analisis
- Pembuatan Konten (AKA “Kreatif”)
- Video Animasi
- Fotografi
- Grafik Gerak
- Presentasi
- Buku Putih
- Video
- Motion Graphics (atau Video Animasi)
- Konten mikro
- Ebook
- Blog dan Artikel
- merek
- Copywriting
- Video Penjelasan
- Desain grafis
- Infografis
- Laporan Tahunan
- Studi kasus
- Desain dan Pengembangan Web
- Layanan Komunikasi
- Visualisasi data
- Interaktif
- Pembelian Media
- Penempatan Berbayar
- Konten Bersponsor
- Perencanaan dan Penerbitan Konten
- Pemasaran Influencer
- PR
Struktur Posisi Secara Umum di Dalam Creative Agency
Masih dalam kelompok digital agency, creative agency merupakan tim ahli di bidang kreatif, yang dapat mendukung strategi pemasaran brand Anda. Adapun, jika melihat struktur timnya secara umum, di dalamnya mencakup berbagai posisi campuran sebagai berikut:
- Account executive: Melakukan pemasaran agar perusahaan agency mereka memiliki banyak klien.
- Desain kreatif: Berfokus dalam membuat, merancang, mendesain, apapun mengenai produk, mulai dari konsepnya, pilihan warna, font, dan lainnya, di berbagai media yang diinginkan oleh klien.
- Area Produksi: tak kalah kreatif, bagian ini menangani eksekusi atau produksi sebuah konten pemasaran yang ingin dibuat. Mulai dari syuting atau pengambilan gambar, editing gambar atau video, dan lainnya sampai jadi.
- Media: Setelah konten dan bahan pemasaran sudah siap, tim media siap untuk menangani semua hal tentang media iklan yang dipilih klien. Misalnya klien pilih pemasaran di media sosial, maka mulai dari jadwal tampilan, menentukan ukuran gambar atau video, dan lainnya.
Tidak hanya itu, beberapa creative agency juga bekerjasama dengan mitra ahli lainnya, seperti rumah produksi video.
Perbedaan Creative Digital Agency dengan Agency Lain
Jangan sampai salah memilih dan menggunakan layanan, ketahui juga apa bedanya dengan agency pemasaran lain. Anda harus paham digital creative agency service secara rinci, karena hal tersebut bisa mempengaruhi tujuan pemasaran Anda. Loh memangnya beda? Nyatanya creative agency dan agency periklanan lainnya ternyata berbeda, dan masih banyak orang yang menganggapnya sama. Intinya, creative agency merupakan layanan jasa pemasaran, yang lebih berfokus pada rancangan hingga produksi konsep dan strategi dengan cara yang kreatif, dalam berbagai bentuk sesuai dengan media pemasaran yang dipilih klien.
Biar nggak tambah bingung, yuk simak beberapa daftar layanan jasa agency di bidang pemasaran, agar Anda bisa tahu apa perbedaannya.
- Creative Agency: Seperti namanya, jenis agency ini memiliki fokus kerja pada strategi pemasaran digital, yang dilakukan oleh tim kreatif untuk membuat konsep dari awal agar terlihat menarik dan unik pada sebuah brand.
- Agensi Desain: Layanan yang diberikan agensi desain tentunya hanyalah pembuatan desain, seperti desain banner, billboard, brosur, dan lainnya. Intinya semua yang berhubungan dengan berbagai media visual dengan tujuan untuk menawarkan tampilan yang lebih estetik.
- Advertising Agency: Untuk agensi yang satu ini hanya berfokus pada layanan periklanan baik di media konvensional maupun digital.
- Agensi PR: Agensi PR melayani jasa dan bekerja sebagai public relations sebuah perusahaan, dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan klien.
- Agensi SEO: Layanan ini hanya berfokus pada pemasaran digital atau media online, di mana tujuannya untuk membantu meningkatkan traffic pencarian mesin pencari, seperti Google.
- Social Media Agency: Masih satu atap dengan agency pemasaran, social media agency menjadi salah satu layanan yang populer dan banyak digunakan saat ini. Mereka berfokus pada pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter, dan lainnya. Mereka juga bisa membantu layanan lainnya yang masih mencakup media sosial, seperti social media monitoring, listening, dan analyst.
Fungsi Creative Agency Bagi Perusahaan:
- Membantu melakukan promosi produk dan jasa Anda, sesuai dengan permintaan atau keinginan, dengan strategi dan cara yang profesional.
- Membantu meningkatkan keuntungan, penjualan, hingga omset perusahaan Anda.
- Proses pemasaran akan berjalan lebih efektif dan efisien, karena tim profesiona yang mengerjakannya.
- Jasa dan layanan bisa menyesuaikan dengan budget anggaran perusahaan Anda.
Tips Memilih Perusahaan Creative Agency yang Tepat
Ada banyak pilihan creative agency terbaik di Indonesia khususnya di Jakarta, dan untuk memilih jasa yang tepat memang tidak mudah. Karena Anda harus bisa melihat apakah agency tersebut cocok dan memiliki layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Nah, agar lebih mudah dalam menemukan creative agency, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:
- Pilih agency yang memiliki dan mencantumkan alamat kantor yang jelas. Bila perlu telah terdaftar di Google Maps, sehingga Anda merasa aman dan percaya bahwa tidak ada unsur penipuan
- Pilih jasa agency dari review dari klien yang pernah menggunakan jasa creative agency. Jika reviewnya bagus dan positif, maka Anda bisa melanjutkan kerjasama.
- Melihat dari portofolio perusahaan creative agency, pada website juga portofolio, Anda bisa merasa yakin bahwa jasa tersebut sudah banyak menghandle brand-brand dari banyak perusahaan besar.
- Cek digital creative agency service atau layanan apa saja yang beserta harganya. Apakah sudah sesuai, masuk akal, dan cocok dengan anggaran Anda?
- Cek garansi jangka waktu pengerjaan proyek
Butuh Strategi Pemasaran Kreatif untuk Brand Anda? IDEOWORKS Solusinya!
Nah, bagaimana? Kira-kira perusahaan atau brand Anda lebih butuh jenis agency apa nih? Jika Anda memang butuh jasa atau layanan dari creative agency, maka artinya Anda memang butuh bantuan yang lebih berfokus pada pembuatan konsep dan strategi yang kreatif. Jika seperti itu, kira-kira agency mana yang tepat dan memiliki layanan kreatif seperti itu? Tidak perlu bingung, Anda bisa gunakan jasa digital agency Indonesia yang juga bisa merangkap sebagai creative agency, seperti IDEOWORKS!
Sebagai salah satu digital agency sekaligus creative agency terbaik di Jakarta, IDEOWORKS mampu memberikan layanan-layanan pemasaran, oleh dengan tim yang profesional. Yuk, jadikan brand Anda lebih dikenal masyarakat, dengan bantuan tim agency dari IDEOWORKS!
Reference: