Preloader
thumbnail-NOVO-Indonesia

Simak Bagaimana Novo Nordisk, Perusahaan Farmasi dari Denmark Tingkatkan Awareness Kesehatan Jantung Lewat Campaign #JaJanBareng di Hari Jantung Sedunia

Di Indonesia, healthy lifestyle sudah menjadi salah satu tren positif yang digandrungi masyarakat dari berbagai kalangan. Hal ini merupakan langkah awal yang baik dalam membangun Indonesia sehat, yang tentunya juga akan berdampak positif pada produktivitas masyarakat. Salah satu aspek penting dalam healthy lifestyle adalah menjaga kesehatan jantung.

Sebagai organ vital, jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Jantung memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Namun, sering kali orang abai dengan kesehatan organ ini dan baru mulai peduli setelah mengalami gangguan kardiovaskular atau penyakit jantung. Fakta ini menunjukkan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan jantung, yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit serius di kemudian hari.

Menurut World Health Organization (WHO), penyakit jantung atau kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, terutama bagi mereka yang berusia antara 30 hingga 60 tahun, yakni Generasi Milenial dan Generasi X. Hal ini tentunya menjadi perhatian serius, mengingat banyak dari populasi produktif yang berada dalam rentang usia tersebut dan terkena dampak penyakit ini. Berangkat dari realitas ini, Novo Nordisk, perusahaan farmasi dari Denmark, ingin masyarakat aware tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung. Pesan ini disampaikan tepat saat memperingati Hari Jantung Sedunia yaitu tanggal 27 september 2024.

Lalu, bagaimana strategi yang dilakukan oleh Novo Nordisk agar pesan tersampaikan ke audiens yang luas dan efektif meningkatkan awareness audiens dalam menjaga kesehatan jantung?  SImak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui bagaimana strateginya dan dapatkan insight yang bermanfaat untuk pengembangan bisnis Anda maupun karier profesional.

Sekilas Tentang Novo Nordisk

Novo Nordisk merupakan perusahaan farmasi yang berasal dari Denmark. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1923 ini fokus pada penanganan penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular. Sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia, Novo Nordisk berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara global melalui berbagai inovasi medis dan teknologi kesehatan. Selain itu, Novo Nordisk juga memberikan edukasi melalui social media campaign ataupun aksi nyata di masyarakat.

Latar Belakang Campaign

Dalam rangka memeringati hari jantung sedunia, ini adalah momen yang tepat bagi Novo Nordisk untuk mengedukasi audiens tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung. Melalui campaign ini, Novo Nordisk berharap masyarakat Indonesia bisa lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Agar Campaign ini menjangkau audiens yang tepat dan mendapatkan respons positif dari masyarakat, Novo Nordisk memilih IDEOWORKS, top marketing agency di Indonesia, untuk membantu merancang strategi dan eksekusi campaign yang efektif.

What We Do

Untuk membuat strategi dan campaign yang efektif untuk mencapai target Novo Nordisk, berikut yang IDEOWORKS lakukan.

Analisis Target Audiens

Salah satu aspek utama dalam keberhasilan kampanye adalah penentuan target audiens yang tepat. Dalam campaign ini, Novo Nordisk berfokus pada generasi Milenial dan generasi X, yaitu usia 30 hingga 60 tahun. 

Berdasarkan data dari databoks, di kalangan Milenial sudah cukup familiar dengan alat atau teknologi pemantauan detak jantung, seperti smartwatch

Agar target audiens ini lebih spesifik, Novo Nordisk ingin fokus pada audiens yang memiliki interest pada kesehatan, healthy lifestyle dan mengikuti health trend and innovation dan aktif di social media serta mengikuti influencer yang membahas isu kesehatan.

Selain itu, IDEOWORK juga menganalisis behavior target audiens, yaitu yang kerap terpapar makanan tinggi kolesterol/gorengan, alkohol, polusi, dan gula. Ini merupakan makanan yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti obesitas, hipertensi, bahkan penyakit jantung.

Analisis strategi komunikasi 

Isu kesehatan jantung sering kali dijelaskan menggunakan istilah-istilah medis yang sulit dipahami oleh masyarakat awam. Mengingat hal ini, IDEOWORKS melakukan riset dan analisis bagaimana teknik komunikasi yang tepat agar pesan tersampaikan dengan efektif dan memberikan dampak yang signifikan. 

IDEOWORKS menganalisis berbagai platform serta influencer yang membahas kesehatan jantung. Dari hasil analisis ini, IDEOWORKS menyimpulkan bahwa teknik komunikasi yang santai dengan bahasa yang mudah dipahami lebih disukai audiens. Selain itu, analogi sehari-hari dapat dengan signifikan menarik perhatian audiens. Karenanya, campaign ini akan diluncurkan dengan menggunakan teknik komunikasi sesuai preferensi target audiens. 

Campaign Idea

Berangkat dari data hasil analisis di atas, IDEOWORKS membuat campaign #JaJanBareng singkatan dari Jaga Jantung Bareng. Campaign ini menggunakan bahasa yang familiar dan mudah dipahami serta berisi ajakan atau call to action langsung untuk menjaga jantung bersama sesuai dengan tujuan campaign ini. 

Eksekusi Campaign

Agar pesan dari campaign ini tersampaikan ke audiens yang luas, maka berikut strategi yang dilakukan oleh IDEOWORKS :

1.Membuat Konten Sosial Media & Promosikan Dengan Iklan

Data Statista menunjukkan bahwa 67.1% dari populasi dunia telah menggunakan media sosial. Ini berarti bahwa optimasi media sosial menjadi salah satu strategi yang berpeluang besar menjangkau audiens yang luas.

Dalam campaign ini, konten yang di-deliver fokus pada edukasi tentang aksi nyata yang bisa dilakukan audiens untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk menambah kredibilitas, Novo Nordisk juga menghadirkan dokter spesialis kardiovaskular yang memberikan saran-saran medis, disampaikan dalam bahasa yang mudah dipahami. 

Selain itu, Novo Nordisk mengedukasi audiens bahwa sekitar 80% penyakit jantung dapat dicegah dengan healthy lifestyle, termasuk menjaga pola makan dan mengontrol berat badan.

Untuk memperkuat jangkauan campaign, IDEOWORKS juga menggunakan ads yang ditargetkan pada audiens spesifik sesuai yang telah dianalisis. Ads ini membantu meningkatkan exposure dan memastikan pesan dapat tersampaikan ke audiens yang relevan.

2. Kolaborasi dengan KOL dan Influencer

Untuk memperluas jangkauan, Novo Nordisk juga berkolaborasi dengan KOL yang tepat. Pemilihan KOL disesuaikan dengan target audiens yang dituju. Berdasarkan hasil riset, Ardo Sebastian dan Bapak2id merupakan dua media yang memiliki similar audiens dengan Novo Nordisk. Keduanya Juga memiliki gaya komunikasi yang santai namun tetap edukatif. Melalui kolaborasi ini, Novo Nordisk dapat menjangkau segmen audiens yang lebih luas dan membangun koneksi emosional dengan audiens.

Result 

Setelah mengoptimalkan eksekusi campaign #JaJanBareng, berikut result yang diperoleh : 

  • Dengan optimasi media sosial serta boost konten dengan ads, yang dipadukan dengan kolaborasi dengan KOL. Novo Nordisk berhasil memperoleh total 7.6 juta  impression dan 444 ribu engagement.

Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa campaign ini berhasil menjangkau 6.4 juta audiens dan berhasil meningkatkan awareness tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung. 

Ingin Ekspansi Bisnis ke Pasar Indonesia? IDEOWORKS Siap Membantu!

Peluang bisnis di Indonesia besar, tapi tanpa strategi yang tepat, ekspansi bisa jadi tantangan. 

Jangan khawatir! IDEOWORKS siap membantumu dengan strategi yang tepat. Konsultasikan bisnis Anda sekarang!

Ingin Ekspansi Bisnis ke Pasar Indonesia? IDEOWORKS Siap Membantu!

Sebagai marketing agency terdepan di Indonesia, IDEOWORKS punya pengalaman luas dan pemahaman mendalam tentang branding serta strategi pemasaran di pasar lokal. Dengan profesionalisme dan komitmen tinggi, kami telah membantu banyak perusahaan nasional & multinasional mencapai target bisnis mereka di Indonesia.

Jangan lewatkan kesempatan ini!  IDEOWORKS siap membantu bisnis Anda. Isi detail Anda di bawah untuk konsultasi langsung dengan kami 

Tags

Further Reading: